close

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup – Pertumbuhan dan pertumbuhan selalu dikaitkan, padahal keduanya mempunyai arti yang berbeda. Pertumbuhan pada tumbuhan mampu dilihat dari bertambah besar dan tingginya pohon. Sedangkan pertumbuhan pada tumbuhan dapat dilihat dari adanya pergeseran-pergeseran pada bentuk batang, daun, akar, munculnya bunga, dan buah.

Adapun pertumbuhan pada hewan dapat dilihat dari makin besarnya badan binatang tersebut, sedangkan perkembangan pada binatang mampu tampakdari pergeseran badan dan kelakuan hewan tersebut.

Begitu pula pada manusia, perkembangan pada insan dapat dilihat dari bertambah besar dan tingginya tubuh. Sedangkan perkembangan pada manusia dapat dilihat baik secara fisik maupun psikis. Secara fisiknya misalnya, terjadi pergantian bentuk badan dari anak-anak menuju cukup umur.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Secara psikis bawah umur lazimnya agak manja, memerlukan santunan dari orang-orang sampaumur, tetapi sesudah menginjak dewasa dan akil balig cukup akal maka beliau akan lebih mampu berdiri diatas kaki sendiri. Perubahan makhluk hidup dari muda menjadi renta juga merupakan salah satu bentuk perkembangan. Lalu apa sih pengertian perkembangan dan pertumbuhan itu sendiri? yuk kita simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Adapun pengertian keduanya yakni:

Pertumbuhan menurut Kartono yaitu pergeseran ‎secara fisiologis sebagai suatu hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik, yang ‎berlangsung wajar pada diri makhluk yang sehat dalam peredaran waktu tertentu.

Menurut Crow and Crow perkembangan yakni terjadinya pergeseran-pergantian fungsional & struktural dalam pembentukan seseorang ‎secara jasmaniah dari dikala masih terbentuk konsepsional (janin) lewat era ‎prenatal (dalam kandungan), postnatal (lahir) hingga pada kedewasaannya.

  Daur Biogeokimia

Pertumbuhan yaitu bertambah besar, volume dan jumlah sel tubuh yang bersifat irrevesible (tidak kembali lagi ke ukuran semula).

Perkembangan yakni sebuah proses menuju kedewasaan ialah pemasakan sel kelamin sehingga dapat melangsungkan terjadinya reproduksi.

Pengertian Pertumbuhan & Perkembangan Pada Makhluk Hidup

Perkembangan menurut Syamsul Yusuf yakni sebuah pergantian-pergeseran yang terjadi oleh seseorang individu ataupun organisme menuju kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan, baik secara fisik maupun psikis.

Nah itulah pembahasan singkat kita kali ini mengenai Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, semoga berfaedah. Sekian terimakasih 🙂