close

Pengertian ISP Dan Fungsinya Serta Jenis Layanan ISP

Pengertian ISP Dan Fungsinya Serta Jenis Layanan ISP –  Internet ketika ini telah tidak familiar lagi dikalangan penduduk . Hampir siapa saja memakai layanan ini untuk mengakses segala keperluan dan keperluan. Agar kita mampu mengakses internet, diperlukan jasa layanan ini, dengan cara berlangganan terhadap layanan penyuplaijasa ISP ini. Kita hanya membayar dengan pulsa lokal, dan ISP lah yang hendak mengelola secara rincian juga ongkos-ongkos koneksi internet. Dalam pembahasan ini, akan  kita diskusikan tentang fungsi ISP dan jenis layanan ISP.

Pengertian ISP Dan Fungsinya Serta Jenis Layanan ISP

Mari kita bahas pengertian ISP apalagi dahulu.

Pengertian ISP

ISP merupakan kependekan dari Internet Service Provider. ISP merupakan suatu wadah atau organisasi yang menawarkan layanan jasa dalam mengakses internet baik untuk eksklusif, perkantoran, sekolah-sekolah maupun untuk biasa .

Fungsi Isp

Adapun fungsinya yakni sebagai berikut:

  1. Sebagai fasilitas atau alat yang dapat memberikan akomodasi bagi user dalam mengakses internet
  2. ISP dapat dihubungkan dari konsumen atau user melalui gateway terdekat
  3. Menyediakan layanan yang berbentukjaringan internet sehingga mampu tersambung dan mampu membuka atau mengakses internet
  4. ISP selaku salah satu perantara dalam menyambungkan internet
  5. Menyediakan perangkat modem yang yang mampu melaksanakan sambungan dial-up
  6. Dapat menghubungkan pengguna pada layanan www (World Wide Web)
  7. Memberikan kawasan homepage.

Contoh ISP diantaranya: Telkomnet, 3GNet, Speedy, Asia Pasific Internet Company, Astinet dan lain-lain.

Jenis Layanan ISP

Jenis layanan ISP diantaranya:

Dial-Up Connection

Yakni lewat modem atau kabel telpon yang pada umumnya digunakan untuk kanal internet di rumah. Dial-Up ialah koneksi yang bersifat sementara. Adapun penggunaan saluran dial-up ini mirip: personal diap-up; corporate dial-up; night server acces; LAN dial-up ISDN.

Dedicated Connection

Yakni jenis koneksi yang menetap 24 jam dan umumnya banyak dipakai di perusahaan-perusahaan atau daerah-daerah yang banyak memakai keperluan koneksi internet dan dipakai oleh banyak komputer.

Pengertian ISP Dan Fungsinya Serta Jenis Layanan ISP

Hotspot

Yakni merupakan jenis layanan internet tanpa memakai kabel mirip dial-up. Hotspot umumnya dipakai di daerah-tempat tertentu mirip cafe, kantin, bandara, daerah-tempat nongkrong, dan tempat-tempat yang lain.

Wireless

Wireless juga ialah jenis layanan internet tanpa kabel. Layanan jalan masuk internet ini tidak dipungut ongkos telepon, tapi cuma dikenakan tarif atau biaya pemakaian internetnya saja.

Mobile Access

Sebuah layanan untuk mengakses internet yang mampu dilaksanakan dengan gampang kapan saja dan dimana saja melalui Handphone atau telepon seluler. Layanan ini sangat berfaedah bagi pengguna telepon seluler yang mendukung kecanggihan teknologi ini, baik GSM maupun CDMA.

Demikianlah pembahasan singkat kita ihwal Pengertian ISP Dan Fungsinya Serta Jenis Layanan ISP, agar artikel diatas bisa memperbesar pengetahuan dan berguna untuk kita semua. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

  Pengelolaan Bandwtih Menggunakan “Xxx” Bandwith Management Pada Isp Wan