close

Pengertian Ekologi Serta Organisme dan Komunitasnya (Lengkap)

Pengertian Ekologi Serta Organisme dan Komunitasnya (Lengkap) – Makhluk hidup di bumi ini memiliki banyak sekali jenis dan macamnya. Hewan, insan dan flora ialah makhluk hidup yang menempati bumi ini.

Hewan dan tanaman memiliki jenis yang sungguh banyak dan beragam dan memiliki tempat hidup atau lingkungan yang bermacam-macam pula. Ada yang hidup di air, ada yang hidup di darat bahkan ada yang dapat hidup di kedua lingkungan tersebut.

Pengertian Ekologi Serta Organisme dan Komunitasnya (Lengkap)

Dalam suatu lingkungan hidupnya, organisme ini di bagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan tempat tinggal dan kondisinya. Cabang ilmu yang mempelajari ihwal makhluk hidup dan lingkungannya di namakan dengan ekologi. Untuk mampu mengenal wacana ekologi akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Ekologi

Pengertian ekologi ialah sebuah cabang ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme yang ada dengan lingkungan sekitarnya. Contoh ekologi adalah ada ekologi air tawar, asin atau laut, ekologi pertanian dan sebagainya.

Ekologi ini mempunyai berbagai jenis dan macamnya alasannya dari setiap lingkungan yang ada memiliki ekologinya masing-masing. Dari ekologi tersebut bahkan ada hewan atau flora tertentu yang cuma mampu menempati lingkungan tersebut.

Organisasi Ekologi

Organisme ekologi adalah saat melihat bagaiman cara individu atau organisme berinteraksi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Organisasi ekologi terdiri dari unsur berupa biotik atau hidup dan abiotik atau tidak hidup.

  Badan Mikro

Di tingkat organisme, ekologi di lihat cara organisme dapat menyesuaikan antara unsur abiotik atau hidup dan abiotik atau tidak hidup mereka dengan lingkungannya. Seperti misalnya adalah pada binatang buaya yang mempunyai darah masbodoh di tubuhnya maka beliau perlu mengoptimalkan kehidupannya di siang hari dengan menyerap panas cahaya matahari, sehingga mampu di lihat ketika berada di tepi rawa meraka menyerap cahaya matahari dengan berjemur (adaptasi prilaku).

Ketika akan melaksanakan perburuan, buaya akan menahan nafasnya dan berada di dalam air hingga satu jam untuk menunggu mangsanya lengah kemudian memangsanya (penyesuaian fisiologis). Pada mata dan hidung buaya berada di kepala bab atas biar dapat dengan mudah menyaksikan adanya mangsa dan mempermudah dalam pengambilan nafas di udara (adaptasi morfologi).

Populasi Ekologi

Populasi ekologi yaitu sebuah asosiasi individu yang berasal dari jenis dan spesies yang sama dan menempati lingkungan geografis yang serupa dan pada waktu tertentu. Sumber daya alam yang mereka gunakan atau pakai sama dan dampak dari lingkungan yang sama pula. Populasi ekologi meneliti tentang faktor-aspek mampu mempengaruhi jumlah kepadatan masyarakatberbentukjumlah individu dalam sebuah daerah serta distribusi atau bagaimana individu keluar dan menyebar. Contohnya yaitu dikala buaya pada rawa tertentu popolasinya terganggu atau tidak dikala makanan yang berada di daerahnya berkurang sebab sakit atau habis, atau saat ada tentangan lain yang mengkonsumsi kuliner serupa.

Dengan memperhatikan tingkah dan kepadatan jumlahnya dengan menyaksikan kelahiran dan akhir hayat dari populasi yang ada, ekologi dapat menentukan santunan pada habitat yang mendukung. Hal ini dapat membantu dalam hal memilih apakah spesies di daerah tersebut akan berkembang atau malah akan musnah. Jika jumlahnya mulai menyusut maka akan di kontrol dan sumber daya alamnya akan di tingkatkan kembali biar spesies tersebut mampu pulih.

  Fungsi Mikrofilamen

Pengertian Ekologi Serta Organisme Dan Komunitasnya Lengkap

Komunitas Ekologi

Komunitas ekologi secara biologis terbagi menjadi dua atau lebih tergantung dari jumlah spesies yang berlawanan pada sebuah kawasan geografis tertentu. Ekologi komunitas dapat menyaksikan interaksi yang terjadi antara populasi mirip contohnya kompetisi dan predasi. Sebagai pola adalah dengan menyaksikan lewat jaringan kuliner yang di tunjukkan oleh predator dan mangsanya.

Sekianlah klarifikasi tentang Pengertian Ekologi Serta Organisme dan Komunitasnya (Lengkap) yang telah di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Organisai pada setiap daerah berbeda dan bermacam-macam jenisnya. Seperti pada perkotaan beda dengan pedesaan dan yang lainnya. Semoga berfaedah 🙂

Baca juga: