close

Pengaruh Konkret Dan Negatif Globalisasi

Globalisasi atau yang sering diartikan orang dengan kemajuan zaman terpengaruh oleh budaya dimana penduduk pada saat itu menggunakan banyak sekali perlengkapan teknologi dan perangkat perangkat gres yang dibuatnya. Globalisasi ini menyentuh semua faktor dalam kehidupan manusia, baik itu ekonomi, sosial, politik atau bahkan pendidikan. Dampaknya untuk penduduk utamanya kaum muda atau remaja, kadang kala menciptakan mereka tidak sadar bahwa itulah namanya globalisasi.

Ditinjau dari faktor kemanfaatannya, globalisasi terbelah menjadi dua ; Globalisasi postif dan Globalisasi Negatif

Globalisasi yang mempunyai pengaruh Positif

  1. Perubahan Tata Nilai dan Sikap. Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional.
  2. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.
  3. Tingkat Kehidupan yang lebih Baik. Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang mutakhir ialah salah satu perjuangan mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup penduduk .

Dampak Negatif Dampak negatif modernisasi dan globalisasi yaitu sebagai berikut.

  1. Pola Hidup Konsumtif. Perkembangan industri yang pesat menciptakan penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu penduduk gampang kepincut untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada.
  2. Sikap Individualistik. Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju menciptakan mereka merasa tidak lagi memerlukan orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka yaitu makhluk sosial.
  3. Gaya Hidup Kebarat-baratan. Tidak semua budaya Barat baik dan cocok dipraktekkan di Indonesia.budaya negatif yang mulai memindah budaya asli ialah anak tidak lagi hormat terhadap orang renta, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.
  4. Kesenjangan Sosial. Apabila dalam suatu komunitas masyarakat cuma ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Hal ini mengakibatkan kesenjangan sosial.
  Pengertian Dan Faedah Bump Mapping Pada Obyek Quadric

Demikian imbas postif dan negatif dampak dari globalisasi modernisasi pertumbuhan zaman. Semoga enjadi perhiasan ilmu bagi para pembaca.