close

Pemahaman Tanggung Jawab Menurut Para Mahir Dan Secara Lazim

Pengertian tanggung jawab – Kali ini akan kita diskusikan tentang definisi tanggung jawab yang benar. Jika kita mencari apa arti tanggung jawab, mungkin akan ditemui beberapa usulan dan klarifikasi yang berlawanan beda diantara para spesialis. Maka dari itulah di postingan ini akan diulas apa pemahaman tanggung jawab menurut model beberapa mahir.

Kita pasti tidak aneh dengan kata tanggung jawab, yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Secara lazim, tanggung jawab bersifat kodrati yang berarti telah ialah bab dati kehidupan insan, bahwa setiap insan pasti dibebani dengan tanggung jawab.

Jika seseorang tak maubertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu. Dengan demikian, maka tanggung jawab dapat dilihat dari dua segi, ialah dari sisi pihak yang berbuat dan dari segi kepentingan pihak lain.

Tanggung jawab juga menjadi ciri manusia yang beradab atau berbudaya. Manusia akan merasa bertanggung jawab alasannya adalah beliau menyadari akhir baik atau jelek dari perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan dedikasi atau pengorbanannya.

Ada beberapa cara yang mampu ditempuh untuk memajukan rasa tanggung jawab diantaranya adalah melalui takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pendidikan dan keteladanan. Contoh tanggung jawab pun mampu kita temui di sekitar kita di lingkungan keluarga, sekolah atau masyarakat.

(baca juga pemahaman budpekerti)

Pengertian Tanggung Jawab Menurut Para Ahli dan KBBI

Pengertian Tanggung Jawab

Berikut akan diterangkan apa pengertian tanggung jawab secara umum, secara harfiah, berdasarkan KBBI dan menurut pendapat para andal selengkapnya.

  Gaya Hidup, Fashion Di Balik Keindahan

Pengertian Tanggung Jawab Secara Umum

Pengertian tanggung jawab secara lazim yaitu kesadaran manusia akan tingkah laris atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga mempunyai arti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan keharusan.

Adapun definisi tanggung jawab secara harfiah dapat diartikan sebagai kondisi wajib menanggung segala sesuatunya jikalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan atau juga mempunyai arti hak yang berfungsi menerima pembebanan selaku akibat sikapnya oleh pihak lain.

Jadi, tanggung jawab ialah sebuah perbuatan yang dijalankan oleh setiap individu yang menurut atas keharusan maupun panggilan hati seseorang, ialah sikap yang memberikan bahwa seseorang tersebut mempunyai sifat kepedulian dan kejujuran yang sungguh tinggi.

Pengertian Tanggung Jawab Menurut Para Ahli

Dan untuk lebih jelasnya dalam mengetahui arti tanggung jawab, simak pemahaman tanggung jawab menurut para ahli dan pakar di bawah ini.

Menurut KBBI (Kamus Umum Bahasa Besar Indonesia)

Pengertian tanggung jawab menurut KBBI adalah suatu keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau menawarkan jawab dan menanggung kesudahannya.

Menurut Friedrich August von Hayek

Menurut von Hayek, pada hakikatnya hanya masing-masing individu yang dapat bertanggungjawab adalah mereka yang memikul akibat dari tindakan mereka. Suatu masyarakat yang tidak mengakui bahwa setiap individu mempunyai nilainya sendiri yang berhak diikutinya tidak bisa menghargai martabat individu tersebut dan tidak bisa mengetahui hakikat keleluasaan.

Menurut George Bernard Shaw

Menurut George Bernard Shaw, orang yang mampu bertanggungjawab terhadap tindakannya dan mempertanggungjawabkan perbuatannya hanyalah orang yang mengambil keputusan dan bertindak tanpa tekanan dari pihak manapun atau secara bebas.

  √ 11 Contoh Lembaga Sosial dalam Masyarakat

Menurut Carl Horber

Orang yang terlibat dalam organisasi-organisasi seperti ini adalah mereka yang melakukan tanggung jawab pribadi untuk diri sendiri dan orang lain. Semboyan umum semua birokrat ialah bantuan selaku ganti tanggung jawab.

Menurut Sugeng Istanto

Pertanggungjawaban berarti sebuah keharusan menawarkan jawaban yang merupakan perkiraan atas semua hal yang terjadi dan kewajiban untuk menawarkan pemulihan atas kerugian yang mungkin ditimbulkannya.

Jenis-Jenis Tanggung Jawab

Tanggung jawab mampu dibedakan menurut keadaan insan atau hubungan yang dibuatnya. Atas dasar ini, ada berbagai macam-jenis tanggung jawab di antaranya yakni selaku berikut.

  • Tanggung jawab terhadap Tuhan
  • Tanggung jawab kepada diri sendiri
  • Tanggung jawab terhadap keluarga
  • Tanggung jawab kepada lingkungan penduduk
  • Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara

Demikianlah tumpuan tentang pemahaman tanggung jawab menurut para ahli dan secara biasa lengkap. Semoga berguna dan mampu menjadi acuan memahami arti tanggung jawab yang benar.