Allah ta’ala dalam firman-Nya:
يَاأََيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا لاَ تَدْخُـلُوْا بُيُـوْتَ النَّبِي ِّإِلاَّ أَنْ يُؤْذَنَ لَكُمْ إِلَى طَـعَامٍ غَيْرَ نَاظِـرِيْنَ إِنهُ وَلِكنْ إِذَا دُعِيْتُمْ فَادْخُلُوْا فَإِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِـرُوْا وَلاَ مُسْتَئْنِسِيْنَ لِحَدِيْثٍ إَنَّ ذلِكُمْ كَانَ يُؤْذِى النَّبِيَّ فَيَسْتَحِي مِنْكُمْ وَاللهُ لاَ يَسْتَحِي مِنَ اْلحَقِّ
“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali kalau kamu diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nunggu waktu masak makanannya! Namun, jika kamu diundang, masuklah! Dan jikalau kamu simpulan makan, keluarlah kau tanpa memperpanjang percakapan! Sesungguhnya yang demikian itu akan mengusik Nabi. Lalu, Nabi aib kepadamu untuk menyuruh kamu keluar. Dan Allah tidak aib menerangkan yang benar.” (Qs. Al Azab: 53)
Jika seorang tamu tiba bareng orang yang tidak diundang, beliau mesti meminta izin terhadap tuan rumah dahulu, sebagaimana hadits riwayat Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu:
كَانَ مِنَ اْلأَنْصَارِ رَجـُلٌ يُقَالُ لُهُ أَبُوْ شُعَيْبُ وَكَانَ لَهُ غُلاَمٌ لِحَامٌ فَقَالَ اِصْنَعْ لِي طَعَامًا اُدْعُ رَسُوْلَ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَامِسَ خَمْسَةٍ فَدَعَا رَسُوْلَ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَامِسَ خَمْسَةٍ فَتَبِعَهُمْ رَجُلٌ فَقَالَ رَسُوْلَ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّكَ دَعَوْتَنَا خَامِسَ خَمْسَةٍ وَهذَا رَجُلٌ قَدْ تَبِعَنَا فَإِنْ شِئْتَ اْذَنْ لَهُ وَإِنْ شِئْتَ تَرَكْتُهُ قَالَ بَلْ أَذْنْتُ لَهُ
“Ada seorang pria di kelompok Anshor yang umum dipanggil Abu Syuaib. Ia mempunyai seorang anak tukang daging. Kemudian, dia berkata kepadanya, “Buatkan aku makanan yang dengannya aku bisa memanggil lima orang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengundang empat orang yang orang kelimanya yakni dia. Kemudian, ada seseorang yang mengikutinya. Maka, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Engkau memanggil kami lima orang dan orang ini mengikuti kami. Bilamana engkau ridho, izinkanlah dia! Bilamana tidak, aku akan meninggalkannya.” Kemudian, Abu Suaib berkata, “Aku sudah mengizinkannya.”” (HR. Bukhari)
Keutamaan menghormati tamu dan saling mendatangi
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلاَ يُؤْذِ جَارَهُ، وَ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ، وَ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا اَوْ لِيَصْمُتْ. البخارى 7: 78
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang beriman terhadap Allah dan hari simpulan, janganlah beliau menyakiti tetangganya. Barangsiapa yang beriman terhadap Allah dan hari selesai, hendaklah iamemuliakan tamunya. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari selesai, hendaklah dia berkata yang baik atau membisu”. [HR. Bukhari juz 7, hal. 78]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ اْلعَاصِ رض قَالَ: قَالَ لِى رَسُوْلُ اللهِ ص يَا عَبْدَ اللهِ: اَلَمْ أُخْبَرْ اَنَّكَ تَصُوْمُ النَّهَارَ وَ تَقُوْمُ اللَّيْلَ؟ قُلْتُ: بَلَى يَا رَسُوْلَ اللهِ. قَالَ: فَلاَ تَفْعَلْ. صُمْ وَ اَفْطِرْ وَ قُمْ وَ نَمْ، فَاِنَّ لِجَسَدِكَ عَلَيْكَ حَقًّا، وَ اِنَّ لِعَيْنِكَ عَلَيْكَ حَقًّا، وَ اِنَّ لِزَوْجِكَ عَلَيْكَ حَقًّا، وَ اِنَّ لِزَوْرِكَ عَلَيْكَ حَقًّا. البخارى 2: 245
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Aash RA, iaberkata : Rasulullah SAW pernah bersabda kepadaku, “Hai ‘Abdullah, apakah (kau kira) saya belum diberitahu bahwa kau puasa di siang hari dan shalat di malam hari ?”. Aku menjawab, “Sudah ya Rasulullah”. Beliau bersabda, “Jangan kamu kerjakan ! Puasalah dan berbukalah, shalatlah dan tidurlah, karena bahwasanya jasadmu memiliki haq yang mesti kamu tunaikan, matamu mempunyai haq yang harus kau tunaikan, istrimu juga memiliki haq yang harus kamu tunaikan, dan orang yang berkunjung kepadamu memiliki haq yang mesti kau tunaikan”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 245]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اَلضّيَافَةُ ثَلاَثَةُ اَيَّامٍ، فَمَا سِوَى ذلِكَ فَهُوَ صَدَقَةٌ. ابو داود 3: 342
Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, “Haknya tamu itu selama tiga hari, maka yang lebih dari itu menjadi sedeqah”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 342]
عَنْ حُمَيْدٍ الطَّوِيْلِ عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رض قَالَ: دَخَلَ عَلَيْهِ قَوْمٌ يَعُوْدُوْنَهُ فِى مَرَضٍ لَهُ فَقَالَ: يَا جَارِيَةُ هَلُمّى ِلأَصْحَابِنَا وَ لَوْ كِسَرًا، فَاِنّى سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَكَارِمُ اْلاَخْلاَقِ مِنْ اَعْمَالِ اْلجَنَّةِ. الطبرانى فى الاوسط باسناد جيد، فى الترغيب و الترهيب 3: 373
Dari Humaid Ath-Thawil dari Anas bin Malik RA, ia berkata : Ada suatu kaum datang kepadanya untuk menjenguk sakitnya, kemudian (Anas) mengundang pembantunya, “Hai anak perempuan, bawalah kesini untuk sobat-teman kita walaupun sedikit (kuliner), alasannya adalah saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Kemulyaan akhlaq tergolong amalan-amalan surga”. [HR. Thabrani dalam Al-Ausath dengan sanad jayyid, dalam Targhib wat Tarhib juz 3, hal. 373]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَ: اِنّى مَجْهُوْدٌ، فَاَرْسَلَ اِلَى بَعْضِ نِسَائِهِ، فَقَالَتْ: وَ الَّذِى بَعَثَكَ بِاْلحَقّ مَا عِنْدِى اِلاَّ مَاءٌ. ثُمَّ اَرْسَلَ اِلَى أُخْرَى فَقَالَتْ مِثْلَ ذلِكَ حَتَّى قُلْنَ كُلُّهُنَّ مِثْلَ ذلِكَ: لاَ وَ الَّذِى بَعَثَكَ بِاْلحَقّ مَا عِنْدِى اِلاَّ مَاءٌ. فَقَالَ: مَنْ يُضِيْفُ هذَا اللَّيْلَةَ رَحِمَهُ اللهُ، فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ اْلاَنْصَارِ فَقَالَ: اَنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ، فَانْطَلَقَ بِهِ اِلَى رَحْلِهِ فَقَالَ ِلامْرَأَتِهِ: هَلْ عِنْدَكِ شَيْءٌ؟ قَالَتْ: لاَ، اِلاَّ قُوْتُ صِبْيَانِى. قَالَ: فَعَلّلِيْهِمْ بِشَيْءٍ، فَاِذَا دَخَلَ ضَيْفُنَا فَاَطْفِئِى السّرَاجَ وَ اَرِيْهِ اَنَّا نَأْكُلُ. فَاِذَا أَهْوَى لِيَأْكُلَ فَقُوْمِى اِلَى السّرَاجِ حَتَّى تُطْفِئِيْهِ. قَالَ: فَقَعَدُوْا وَ اَكَلَ الضَّيْفُ، فَلَمَّا اَصْبَحَ غَدَا عَلَى النَّبِيّ ص فَقَالَ: قَدْ عَجِبَ اللهُ مِنْ صَنِيْعِكُمَا بِضَيْفِكُمَا. مسلم 3: 1624
Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Ada seorang pria tiba terhadap Rasulullah SAW dan berkata, “Sesungguhnya saya ini orang yang sedang kesusahan”. Lalu Rasulullah SAW mewakilkan kepada sebagian istri beliau, lalu istri Nabi itu menjawab, “Demi Tuhan yang mengutusmu dengan benar, aku tidak memiliki apa-apa kecuali air”. Lalu ia menyuruh terhadap istri dia lainnya, lalu istri ia inipun menjawab seperti itu pula, sehingga para istri dia semuanya mengatakan mirip itu, yakni “Demi Tuhan yang mengutusmu dengan benar, saya tidak memiliki apa-apa kecuali air.Kemudian dia bersabda (kepada para shahabat), “Siapa yang mampu menjamu tamu ini pada malam ini, biar Allah memberi rahmat kepadanya”. Lalu ada seorang laki-laki Anshar bangun dan berkata, “Saya ya Rasulullah”.Kemudian orang tersebut berangkat dengan menjinjing tamu itu ke rumahnya. Lalu orang Anshar itu bertanya terhadap istrinya, “Apakah kau punya makanan ?”. Istri itu menjawab, “Tidak, kecuali sedikit masakan untuk bawah umur aku”. Orang Anshar itu berkata, “Hiburlah belum dewasa dengan sesuatu. Dan kalau tamu kita sudah masuk, padamkanlah lampunya dan perlihatkanlah kepadanya seakan-akan kita juga sedang makan”. Maka apabila tamu itu akanmakan, berdirilah kau menuju kawasan lampu dan matikanlah. (Rawi) berkata, “Lalu mereka sama duduk sedangkan tamu itu makan (sendirian). Setelah pagi hari, orang Anshar tersebut tiba kepada Rasulullah SAW mengumumkan hal itu, kemudian ia bersabda, “Sungguh Allah kagum (ridla dan memberi pahala) atas perbuatanmu berdua kepada tamumu tadi malam”. [HR. Muslim juz 3, hal. 1624]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ يَقُوْلُ: قَالَ اَبُو طَلْحَةَ ِلاُمّ سُلَيْمٍ: لَقَدْ سَمِعْتُ صَوْتَ رَسُوْلِ اللهِ ص ضَعِيْفًا اَعْرِفُ فِيْهِ اْلجُوْعَ، فَهَلْ عِنْدَكِ مِنْ شَيْءٍ؟ قَالَتْ: نَعَمْ. فَاَخْرَجَتْ اَقْرَاصًا مِنْ شَعِيْرٍ ثُمَّ اَخْرَجَتْ خِمَارًا لَهَا فَلَفَّتِ اْلخُبْزَ بِبَعْضِهِ ثُمَّ دَسَّتْهُ تَحْتَ يَدِى وَ لاَثَتْنِى بِبَعْضِهِ ثُمَّ اَرْسَلَتْنِى اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص قَالَ: فَذَهَبْتُ بِهِ فَوَجَدْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص فِى اْلمَسْجِدِ وَ مَعَهُ النَّاسُ فَقُمْتُ عَلَيْهِمْ. فَقَالَ لِى رَسُوْلُ اللهِ ص: أَ اَرْسَلَكَ اَبُو طَلْحَةَ؟ فَقُلْتُ: نَعَمْ. قَالَ: بِطَعَامٍ؟ فَقُلْتُ: نَعَمْ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص لِمَنْ مَعَهُ قُوْمُوْا، فَانْطَلَقَ وَ انْطَلَقْتُ بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ حَتَّى جِئْتُ اَبَا طَلْحَةَ فَاَخْبَرْتُهُ. فَقَالَ اَبُو طَلْحَةَ: يَا اُمَّ سُلَيْمٍ، قَدْ جَاءَ رَسُوْلُ اللهِ ص بِالنَّاسِ وَ لَيْسَ عِنْدَنَا مَا نُطْعِمُهُمْ. فَقَالَتْ: اَللهُ وَ رَسُوْلُهُ اَعْلَمُ. فَانْطَلَقَ اَبُو طَلْحَةَ حَتَّى لَقِيَ رَسُوْلَ اللهِ ص فَاَقْبَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص وَ اَبُوْ طَلْحَةَ مَعَهُ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: هَلُمَّ يَا اُمَّ سُلَيْمٍ، مَا عِنْدَكِ؟ فَاَتَتْ بِذلِكَ اْلخُبْزِ، فَاَمَرَ بِهِ رَسُوْلُ اللهِ ص فَفُتَّ وَ عَصَرَتْ اُمُّ سُلَيْمٍ عُكَّةً فَاَدَمَتْهُ. ثُمَّ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص فِيْهِ مَا شَاءَ اللهُ اَنْ يَقُوْلَ. ثُمَّ قَالَ: اِئْذَنْ لِعَشْرَةٍ فَاَذِنَ لَهُمْ فَاَكَلُوْا حَتَّى شَبِعُوْا ثُمَّ خَرَجُوْا، ثُمَّ قَالَ: اِئْذَنْ لِعَشْرَةٍ فَاَذِنَ لَهُمْ فَاَكَلُوْا حَتَّى شَبِعُوْا ثُمَّ خَرَجُوْا، ثُمَّ قَالَ: اِئْذَنْ لِعَشْرَةٍ فَاَذِنَ لَهُمْ فَاَكَلُوْا حَتَّى شَبِعُوْا ثُمَّ خَرَجُوْا، ثُمَّ قَالَ: اِئْذَنْ لِعَشْرَةٍ فَاَكَلَ اْلقَوْمُ كُلُّهُمْ وَ شَبِعُوْا وَ اْلقَوْمُ سَبْعُوْنَ اَوْ ثَمَانُوْنَ رَجُلاً. البخارى 4: 171
Dari Anas bin Malik, beliau berkata : Abu Thalhah berkata terhadap Ummu Sulaim, “Sungguh saya mendengar bunyi Rasulullah SAW yang lemah, aku mengetahuinya alasannya lapar. Apakah kamu mempunyai sesuatu ?”. Ummu Sulaim (istri Abu Thalhah) menjawab, “Ya”. Ummu Sulaim kemudian mengeluarkan beberapa keping roti, kemudian ia mengeluarkan kerudungnya, kemudian dibungkusnya roti itu dengan sebagian kerudung tersebut, lalu menyembunyikannya di bawah tangan (ketiak)ku dan beliau melilitkan sebagian kerudungnya pada kepalaku, kemudian beliau menyuruh aku (Anas, putra Ummu Sulaim) terhadap Rasulullah SAW.
Anas berkata, “Lalu aku berangkat dengan menenteng roti itu, dan aku mendapatkan Rasulullah SAW di masjid bareng orang-orang (para shahabat). Aku bangkit, sedang mereka duduk. Lalu Rasulullah SAW bersabda kepadaku, “Kamu diutus oleh Abu Thalhah ?”.Aku menjawab, “Ya”. Beliau mengajukan pertanyaan, “Jamuanmakan ?”. Aku menjawab, “Ya”. Lalu Rasulullah SAW bersabda kepada orang-orang yang bareng beliau, “Bangkitlah”. Beliau berangkat (bersama shahabat) dan saya berjalan di depanmereka sehingga hingga terhadap Abu Thalhah dan aku menceritakan (kedatangan mereka) kepadanya.
Abu Thalhah berkata, “Hai Ummu Sulaim, sungguh Rasulullah SAW tiba dengan orang-orang, sedang kita tidak mempunyai kuliner (yang cukup) untuk menjamu mereka”.
Ummu Sulaim berkata, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu”. Lalu Abu Thalhah keluar menemui Rasulullah SAW, kemudian Rasulullah SAW masuk, dan Abu Thalhah bareng ia. Lalu Rasulullah bersabda, “Kemarilah, hai Ummu Sulaim. Apa yang kau miliki ?”. Lalu Ummu Sulaim menyuguhkan roti tersebut, kemudian Rasulullah SAW menyuruh supaya roti itu diremuk, kemudian roti itupun diremuk, lalu Ummu Sulaim memeras (minyak samin yang tersisa) di wadah dan membuatnya sebagai lauk. Kemudian Rasulullah SAW berdoa padanya menurut yang diinginkan Allah, kemudian ia bersabda, “Suruhlah masuk sepuluh orang”. Lalu Abu Thalhah memerintahkan masuk sepuluh orang, lalu mereka makan hingga kenyang, lalu mereka keluar. Kemudian dia bersabda, “Suruhlah masuk sepuluh orang”. Lalu Abu Thalhah menyuruh masuk sepuluh orang, kemudian mereka makan sampai kenyang, lalu mereka keluar. Kemudian beliau bersabda, “Suruhlah masuk sepuluh orang”. Abu Thalhah menyuruh masuk sepuluh orang, kemudian mereka makan hingga kenyang, kemudian keluar. Kemudian dia bersabda lagi, “Suruhlah masuk sepuluh orang”. Maka kaum itu makan seluruhnya hingga kenyang, dan jumlah mereka ialah tujuh puluh atau delapan puluh orang. [HR. Bukhari juz 4, hal. 171]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ عَادَ مَرِيْضًا اَوْ زَارَ اَخًا لَهُ فِى اللهِ نَادَاهُ مُنَادٍ بِاَنْ طِبْتَ وَ طَابَ مَمْشَاكَ وَ تَبَوَّأْتَ مِنَ اْلجَنَّةِ مَنْزِلاً. الترمذى 3: 246
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menjenguk orang sakit atau mendatangi saudaranya karena Allah, maka ada seorang penyeru yang menyatakan, “Perbuatanmu sangat bagus, begitu juga langkahmu, dan kamu akan menempati rumah di surga”. [HR. Tirmidzi juz 3, hal. 246]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص اَنَّ رَجُلاً زَارَ أَخًا لَهُ فِى قَرْيَةٍ فَاَرْصَدَ اللهُ لَهُ عَلَى مَدْرَجَتِهِ مَلَكًا. فَلَمَّا اَتَى عَلَيْهِ قَالَ: اَيْنَ تُرِيْدُ؟ قَالَ: اُرِيْدُ اَخًا لِى فِى هذِهِ اْلقَرْيَةِ. قَالَ: هَلْ لَكَ عَلَيْهِ مِنْ نِعْمَةٍ تَرُبُّهَا؟ قَالَ: لاَ، غَيْرَ اَنّى اَحْبَبْتُهُ فِى اللهِ. قَالَ: فَاِنّى رَسُوْلُ اللهِ اِلَيْكَ بِاَنَّ اللهَ قَدْ اَحَبَّكَ كَمَا اَحْبَبْتَهُ فِيْهِ. مسلم 4: 1988
Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW, dia bersabda, “Bahwasanya ada seorang pria yang mendatangi saudaranya di sebuah desa, maka Allah menyuruh seorang malaikat (dengan rupa manusia) menghadang di tengah jalan. Setelah berjumpa dengannya, malaikat itu mengajukan pertanyaan, “Hendak kemanakah kamu ?”.Jawabnya, “Saya akan mengunjungi saudaraku di desa ini”. Malaikat bertanya, “Apakah kau berhutang budi padanya sehingga kau akanmembalasnya ?”. Jawabnya, “Tidak.Hanyasanya saya mencintainya sebab Allah”.Lalu malaikat itu berkata, “Sesungguhnya saya yakni delegasi Allah kepadamu (memberikan), bergotong-royong Allah mencintaimu sebagaimana kau mengasihi saudaramu alasannya adalah Allah”. [HR. Muslim juz 4, hal. 1988]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ اَتَى اَخًا لَهُ يَزُوْرُهُ فِى اللهِ اِلاَّ نَادَاهُ مُنَادٍ مِنَ السَّمَاءِ اَنْ طِبْتَ وَ طَابَتْ لَكَ اْلجَنَّةُ، وَ اِلاَّ قَالَ اللهُ فِى مَلَكُوْتِ عَرْشِهِ: عَبْدِى زَارَ فِيَّ، وَ عَلَيَّ قِرَاهُ فَلَمْ اَرْضَ لَهُ بِقِرًى دُوْنَ اْلجَنَّةِ. ابو يعلى 3: 408، رقم: 4126
Dari Anas, dari Nabi SAW, ia bersabda, “Tidaklah seorang muslim yang mendatangi saudaranya yakni mengunjunginya karena Allah, kecuali ada malaikat yang menyerunya dari langit dengan menyampaikan, “Sangat baik perbuatanmu dan surga yang bagus untukmu. Dan kalau tidak demikian, Allah berfirman di kerajaan ‘Arsy-Nya, “Hamba-Ku berkunjung alasannya adalah Aku, dan niscaya Aku akan memulyakannya”. Maka Aku tidak ridla memberi balasan baginya kecuali surga”. [HR. Abu Ya’la juz 3, hal. 408, no. 4126]
عَنْ مُعَاذٍ بْنِ جَبَلٍ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: قَالَ اللهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالَى: وَجَبَتْ مَحَبَّتِى لِلْمُتَحَابّيْنَ فِيَّ، وَ لِلْمُتَجَالِسِيْنَ فِيَّ وَ لِلْمُتَزَاوِرِيْنَ فِيَّ وَ لِلْمُتَبَاذِلِيْنَ فِيَّ. مالك باسناد صحيح، فى الموطأ 2: 954
Dari Mu’adz bin Jabal RA, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Allah yang Maha Suci dan Maha Tinggi berfirman : Kecintaan-Ku niscaya mencakup terhadap orang yang saling mencintai alasannya adalah Aku, saling berteman alasannya adalah Aku, saling mengunjungi sebab Aku, dan saling memberi alasannya adalah Aku”. [HR. Malik dengan sanad Shahih, dalam Al-Muwaththa’ juz 2, hal. 954]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ اِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ فَقَالَ إِنِّى مَجْهُوْدٌ، فَاَرْسَلَ اِلَى بَعْضِ نِسَائِهِ فَقَالَتْ وَالَّذِى بَعَثَكَ بِالْحَقِّ مَا عِنْدِى اِلاَّ مَاءٌ ثُمَّ اَرْسَلَ اِلىَ اُخْرَى فَقَالَتَ مِثْلَ ذَلِكَ حَتَّى قُلْنَ كُلُّهُنَّ مِثْلَ ذَلِكَ لاَ وَالَّذِى بَعَثَكَ بِالْحَقِّ مَا عِنْدِى اِلاَّ مَاءٌ فَقَالَ مَنْ يُضِيْفُ هَذَا اللَّيْلَةَ رَحِمَهُ اللهُ ؟ فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ اْلاَنْصَارِ فَقَالَ : اَنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ فَانْطَلَقَ بِهِ اِلىَ رَحْلِهِ فَقَالَ ِلإِ مْرَأَتِهِ هَلْ عِنْدَكِ شَىْءٌ قَالَتْ : لاَ اِلاَّ قُوْتَ صِبْيَانىِ قَالَ فَعَلِّلِيْهِمْ بِشَىْءٍ فَاِذَا دَخَلَ ضَيْفُنَا فَأَطْفِئِ السِّرَاجَ وَاَرِيْهِ اَنَا نَأْكُلُ فَأِذَا اَهْوَى لِيَأْكُلَ فَقُوْمِىْ اِلَى السِّرَاجِ حَتَّى تُطْفِئِيْهِ قَالَ فَقَعَدُوا وَاَكَلَ الضَّيْفُ فَلَمَّا اَصْبَحَ غَذًا عَلَى الَّنبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : قَدْ عَجِبَ اللهُ مِنْ صَنِيْعِكُمَا بِضَيْفِكُمَا اللَّيْلَةَ.
Dari abu Hurairah ra katanya: seorang laki-laki tiba terhadap Rasulullah saw. Lalu dia berkata. “saya dalam kesusahan (susah hidup dan lapar).” Maka dia bawa orang itu kerumah istri ia satu persatu, menanyakan jika-kalau mereka ada sedia kuliner. Para istri ia menjawab “demi Allah yang mengutus Anda dengan yang haq, aku tidak sedia apa-apa selain air.”begitulah tanggapan mereka masing-masing. Lalu bersabda ia terhadap para teman. “siapa besedia mendapatkan tamu malam ini niscaya ia diberi rahmat oleh Allah ta’ala. Maka berdirilah seorang pria Anshor seraya berkata: Aku ya Rasulullah!” maka dibawalah orang itu kerumahnya.diabertanya kepada istrinya, “adakah engkau sedia makanan? “jawab istrinya, tidak ada kecuali makanan belum dewasa.” Katanya “bujuklah mereka dengan apa saja. Bila tamu kita sudah masuk. Tunjukkan kepadanya bahwa kita makan bersamanya, bila dia telah mulai makan, berdirilah kedekat lampu kemudian padamkan. Maka duduklah mereka, dan sang tamupun makanlah. Setelah subuh. Sahabat tersebut bertemu nabi saw. Lalu kata ia. “Allah takjub dengan cara kau berdua melayani tamu kalian tadi malam. HR. Bukhori 1966.
مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيْرَنَا وَيُجِلُّ كَبِيْرَنَا فَلَيْسَ مِنَّا
“Barang siapa yang tidak mencintai yang lebih kecil dari kami serta tidak menghormati yang lebih bau tanah dari kami bukanlah golongan kami.” (HR Bukhari dalam kitab Adabul Mufrad).
Ibnu Abas radhiyallahu ‘anhuma menyampaikan bahwasannya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda :
“Jika ada tamu masuk ke dalam rumah seorang mukmin, maka akan masuk bersama tamu itu seribu berkah dan seribu rahmat. Allah akan menulis untuk pemilik rumah itu pada setiap kali suap kuliner yang disantap tamu seperti pahala haji dan umrah.”
“Satu dirham yang disedekahkan oleh seorang laki-laki terhadap tamunya, (nilainya) lebih baik dibanding seribu dinar yang didermakan di fisabilillah. Barang siapa memuliakan tamu dengan nrimo karena Allah, maka Allah Ta’alla akan memuliakannya di hari kiamat nanti dengan seribu kemuliaan. Allah membebaskan dia dari neraka dan memasukannya ke dalam surga.”
Tamu yaitu anugerah sebab tamu menenteng berkah tersendiri, sehingga dalam islam ditegaskan lewat Al-Alquran maupun Al-Hadist secara panjang lebar, entah tamu tersebut bertujuan baik maupun jelek, maka menurut ekonomis kami hormatilah semua tamu yang tiba kerumahmu, alasannya adalah itu, kita mesti selalu Menghormati tamu dan menyediakan hidangan untuk tamu tersebut untuk memperlihatkan kuliner semampunya saja. Akan namun, tetap berupaya sebaik-baiknya untuk menyediakan kuliner yang terbaik. Allah ta’ala berfirman yang mengisahkan Nabi Ibrahim ‘alaihis salam bersama tamu-tamunya yang diterangkan dalam Al-Quran: “Dan Ibrahim tiba pada keluarganya dengan membawa daging anak sapi gemuk kemudian ia mendekatkan masakan tersebut pada mereka (tamu-tamu Ibrahim-pen) sambil berkata: ‘Tidakkah kalian makan?’” (Qs. Adz-Dzariyat: 26-27), maka posisi tamu disini sangat penting untuk diamati, di hormati dan di layani sebaik-baik mungkin.
Wallohu A’lam Bishshowab