close

Letak Geografis Benua Afrika Beserta Kondisi Dan Pengaruhnya

Letak geografis benua Afrika – Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia dan juga benua dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia. Letak benua Afrika secara geografis berada di sebelah selatan benua Eropa dan memiliki batas dengan benua Asia. Kali ini akan dijelaskan mengenai letak geografis benua Afrika lengkap beserta batas kawasan Afrika, kondisi dan pengaruhnya.

Afrika memang sering disebut sebagai benua paling lambat berkembang sebab tidak ada negara maju di benua Afrika. Meski begitu terdapat beberapa negara di benua Afrika yang terus berkembang sebut saja mirip Mesir, Aljazair, Nigeria, Afrika Selatan, Maroko dan Kenya. Letak geografis benua Afrika pun cukup unik alasannya adalah daerahnya dilalui oleh tiga garis lintang utama adalah garis khatulistiwa (0°), garis balik Utara (23½°LU), dan garis balik Selatan (23½°LS).

letak geografis benua afrika

Letak Geografis Benua Afrika

Letak astronomis benua Afrika yaitu 35° LU – 33° LS dan ± 18° BT – 53° BT. Lantas bagaimanakah letak geografis benua Afrika ditinjau dari faktor geografisnya? Berikut merupakan penjelasan tentang letak benua Afrika secara geografis beserta keadaan, efek dan batas wilayah benua Afrika selengkapnya.

1. Letak Benua Afrika Secara Geografis

Benua Afrika terletak di belahan bumi bab timur dan membentang dari bab utara sampai selatan. Letak geografis benua Afrika diapit oleh dua samudera yakni Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Kedua benua ini mengapit dataran utama Afrika, dimana Samudera Atlantik berada di bagian barat benua Afrika sedangkan Samudera Hindia berada di bagian timur benua Afrika.

  Lapisan-Lapisan Penyusun Bumi

Benua Afrika dipisahkan dari benua Eropa oleh Laut Tengah. Sedangkan dataran benua Afrika menyatu dengan benua Asia di ujung timur lautnya melalui Terusan Suez. Semenanjung Sinai yang dimiliki oleh Mesir sering dianggap secara geopolitis sebagai bab dari benua Afrika.

2. Kondisi Geografis Benua Afrika

Benua Afrika ialah benua paling luas kedua di dunia sesudah benua Asia (dengan perkiraan Amerika Utara dan Amerika Selatan terpisah). Luas kawasan benua Afrika yakni 30.370.000 km persegi. Afrika berisikan dataran utama Afrika serta beberapa pulau tergolong pulau Madagaskar dan sejumlah kepulauan kecil lainnya di sekitar benua Afrika.

Wilayah benua Afrika bagian utara banyak terdiri dari wilayah gurun tergolong adanya Gurun Sahara yang menjadi salah satu gurun terbesar di dunia. Total terdapat 54 negara di benua Afrika yang diakui oleh dunia internasional serta 2 negara lain dengan akreditasi terbatas dan diperdebatkan.

3. Batas Wilayah Benua Afrika

Benua Afrika memiliki batas batas di berbagai penjuru (utara, barat, timur, selatan). Batas batas Afrika ini mencakup batas daratan benua Afrika dan batas laut benua Afrika. Inilah batas daerah benua Afrika selengkapnya.

  • Batas kawasan benua Afrika bab Utara : Laut Tengah, Benua Eropa
  • Batas daerah benua Afrika bagian Timur : Laut Merah, Samudera Hindia
  • Batas wilayah benua Afrika bagian Selatan : Samudera Atlantik
  • Batas daerah benua Afrika bab Barat : Samudera Atlantik

4. Pengaruh Letak Benua Afrika

Letak geografis benua Afrika pasti menunjukkan banyak pengaruh bagi negara negara di benua Afrika. Yang paling dipengaruhi ialah kondisi iklim di benua Afrika yang beragam antara negara satu dengan lainnya, tergantung pada letak geografis masing-masing negara di benua Afrika.

  • Afrika bab Selatan : Iklim sedang/subtropis
  • Afrika bab Tengah dan Barat : Iklim tropis dengan curah hujan terencana
  • Afrika bagian Utara dan Barat Daya : Iklim dan mengalami kering sepanjang tahun.
  • Afrika bab paling Utara : Iklim mediterania
  • Daerah pegunungan dan dataran tinggi Afrika : Iklim pegunungan

Nah itulah sekilas informasi tentang letak benua Afrika secara geografis lengkap beserta isu kondisi geografis benua Afrika, luas daerah benua Afrika, imbas letak benua Afrika, batas batas kawasan benua Afrika, letak astronomis benua Afrika dan letak geologis benua Afrika. Sekian info kali ini, semoga mampu menjadi komplemen acuan wawasan umum.