Apakah langkah-langkah Udin & sobat-sobat sudah benar?
Jawaban:
Tindakan Udin & teman-sahabat sudah benar alasannya kawasan kotor & tergenang air harus dibersihkan & dikeringkan.
Ayo Membaca
Bacalah kutipan percakapan Udin & teman-sahabat berikut dgn benar!
1. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?
2. Bagaimana bila kita gunakan alat pel karet untuk mengalirkan airnya?
3. Di mana kita mendapatkan alat pel karet?
4. Siapa yg punya?
Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya. Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu. Di setiap final kalimat tanya, senantiasa dibubuhkan tanda tanya (?).
Kita dapat menggunakan kata siapa, di mana, & bagaimana pada kalimat tanya.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 37 & 38
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dgn temanmu isi gambar dgn mengikuti petunjuk berikut!
• Duduklah berpasangan dgn temanmu!
• Amati gambar berikut dgn teliti!
• Tuliskan pertanyaan-pertanyaan yg sesuai dgn isi gambar tersebut!
• Tuliskan dgn memakai kata: apa, mengapa, kapan, siapa, di mana, & bagaimana!
• Tuliskan pertanyaanmu pada kolom berikut!
Jawaban:
1. Apa yg sedang mereka lalukan?
2. Mengapa anak lali-laki itu terjatuh?
3. Kapan peristiwa itu terjadi?
4. Siapa nama anak laki-laki yg terjatuh tersebut?
5. Di mana kejadian itu terjadi?
6. Bagaimana insiden itu bisa terjadi?
• Sekarang, coba bacakan pertanyaan yg ananda tulis dgn lafal & intonasi yg sempurna!
Ayo Mengamati
Udin & sahabat-sahabat bermain gerakan menekuk. Gerakan menekuk banyak bentuknya.
Gerak Dasar Menekuk Lutut
Gerakan menekuk lutut bertujuan untuk melatih kekuatan otot paha. Selain itu, berkhasiat pula untuk kelenturan kaki.
Berikut beberapa gerak dasar menekuk lutut.
1. Gerak Setengah Jongkok
Gerak Dasar Menekuk Lutut Setengah Jongkok
2. Gerak Jongkok Penuh
Gerak Dasar Menekuk Lutut Jongkok Penuh
Gerakan menekuk lutut mampu pula dibentuk dlm kegiatan bermain. Kita mampu bermain kucing jongkok. Bermain kucing jongkok mampu di di air atau di darat.
Perhatikan gambar berikut dgn teliti!
Cara Bermain Kucing Jongkok di Darat
1. Tentukan area bermain, dgn membuat garis pembatas lokasi bermain.
2. Buatlah garis melingkar seakan-akan bulat itu merupakan genangan air.
3. Bagi temanmu menjadi beberapa kalangan!
4. Setiap kelompok menentukan seorang yg menjadi kucing.
5. Kucing mesti berada di tengah kalangan.
6. Siswa yg lain dikejar oleh sang kucing.
7. Apabila dikejar sang kucing, siswa mampu jongkok.
8. Apabila tak sempat melaksanakan jongkok, siswa yg diburumenjadi kucing.