Kehidupan Sosial, Para Suku Batak Di Pontianak 1990An – 2021

Perubahan sosial suatu perkampungan terlihat dari kehidupan masyarakatnya, serta planning pembangunan kota, dan manusia  yang ditetapkan semenjak kelahiran tidak lepas dari tata cara ekonomi politik dan birokrasi yang ada di Pontianak.

Tidak lepas dari kepentingan politik, serta loby birokrasi dari tingkat RT berlanjut dengan kebiadaban orang Batak Silaban, sehabis faktor kesehatan dan pendidikan di Indonesia, masuk dalam konflik yang dibentuk guna mendapatkan simpati diberbagai kelompok.

Sejarah kala kemudian mereka, tampak dengan apik eksistensi mereka selama di Kalimantan Barat, hal ini tidak lepas dari kebiadaban mereka selaku orang bau tanah Silaban, Siregar dan Jawa (marpaung) Batak. Setelah aneka macam kebiadaban mereka, untuk mengacau dan merusak sumber daya manusia, dan hidup dengan keinginan dari upah yang rendah.

Hal ini terang, bagaimana mereka meraih kelas sosial, dengan rasa tiada malu selama berkehidupan sosial di masyarakat Kalimantan Barat. Tampak begitu memprihatinkan, sehabis agama Islam pastinya mengerti eksistensi mereka, dan Protestan tentunya yang menampungnya, untuk hidup berlanjut di Kalimantan.

Kedatangan mereka lalu memiliki dampak pada babtisan dan sebagai jalan untuk mendekati anak-anak kelas sosial tinggi, dan mempunyai peran kepada kepentingan seksualitas, pendidikan dan kesehatan. Hal ini dipakai dalam setiap kitab Protestan dan Nasrani, tanpa menyadari bagaimana mereka hidup selaku jalan agama untuk menyakini bahwa adanya Tuhan dalam keluarga mereka.

Suatu pengertian yang mempesona dan sarat drama dalam kehidupan para suku Batak di Indonesia, Batak yang terperinci dengan status perompak kapal, dosen (pelanggaran kebijakan), dan seorang dokter dan guru. Hal ini tentunya menjadi pola terhadap adanya simpati dalam pembangunan ekonomi politik, di penduduk , serta berbagai hal terkait dengan drama klasik yang dibuat sangat apik.

  Kajian Kepustakaan

Pembangunan nasional dan manusia telah dibuat dengan pantas, adanya tugas serta dari manusia yang memiliki kehidupan sosial budaya mereka yang memiliki masalah pada agama pastinya. 1970a-2021. Rasa malu tentunya muncul adanya kontribusi Orang Jawa marpaung untuk membangkitkan pekerjaan seksualitas dari nafsu orang Batak itu, alat perang pada abad Reformasi, Mental, dan Industri.

Batak memiliki kesan adab yang buruk dimata masayarakat, tentunya diberbagai Negara dimana mereka berurbanisasi. Hal ini terang dengan kesan yang begitu baik, tetapi ingin diterima di masyarakat dengan keadaan kehidupan sosial budaya yang buruk pada abad itu.

Konflik juga dibuat pada tanggal yang memang direncanakan pada tingkat RT misalnya 003, Pontianak, terperinci bagaimana mereka hidup dengan adanya kepentingan ekonomi pada masyarakat Tionghoa (Protestan), hal ini dengan perjuangan yang mereka tekuni.

Baiknya dalam hal ini menjadi catatan akan berbagai keadaan sosial budaya di penduduk , pada faktor suku (menurut kitab suci). Dengan banyak sekali adanya relasi sosial budaya, telah mengembangkan pengetahuan dan teknologi untuk mereka hidup dengan sarat kesadaran terhadap lingkungan mereka, Para suku Batak Sihombing di Pontianak, dengan cara yang kotor, Polresta.

Konsep pembangunan gereja katolik Gereja Katederal, dan menjadi MRPD Pancasila catatan untuk menjadi syarat dikala vaksin telah disuntik para penerima bila ingin misa dibarengi daftar itu. 

Pelajari berapa banyak planning dari kehidupan budaya Orang Dayak, dan Batak Sihombing di Pontianak, Kalimantan Barat dan DKI Jakarta. 

Apakah karena wawasan dan teknologi yang tidak mampu berkompetisi dengan kelas sosial, Global ingin masuk pada sistem itu, ketidakmampuan berinteraksi, seperti kucing  (Para Dokter, Pontianak Indonesia).

Apakah ini sistem bertarung para suku Batak dan Dayak, serta melayu dari partai PDI Perjuangan dapil Kalbar, untuk menutupi kebiadaban mereka selama hidup mereka saat ini pada abad modern. Hal ini mampu diterangkan pada penerapan politik seksualitas, dan kebijakan yang dibuat dalam faktor ekonomi politik mereka, guna membatasi banyak sekali pendidikan dan akademi tinggi, Kementrian RI 2020-2021.