close

Jelaskan Yang Dimaksud Langkah-Langkah, Motif, Dan Prinsip Ekonomi!

Jelaskan yang dimaksud langkah-langkah, motif, dan prinsip ekonomi!

Jawab

Setiap manusia pasti ingin sesuatu hal terbaik dalam hidupnya, begitu pun dalam keputusan dalam memilih langkah-langkah ekonomi. 

  • Tindakan ekonomi adalah istilah yang mengacu pada setiap perjuangan manusia yang didasarkan pada opsi terbaik dan yang paling menguntungkan.

  • Motif ekonomi adalah alasan atau tujuan seseorang bahwa seseorang melaksanakan tindakan ekonomi.

  • Prinsip ekonomi yakni pengobatan pengorbanan terkecil untuk menerima hasil tertentu dengan pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Pembahasan

Setiap insan menghendaki hal terbaik dalam hidupnya tergolong dalam tindakan ekonomi. Sebagai misalnya, seseorang lebih menentukan bepergian menggunakan transportasi biasa karena lebih hemat biaya dibanding dengan memakai transportasi pribadi. 

Macam-macam tindakan ekonomi

Tindakan ekonomi terbagi menjadi dua, yakni tindakan ekonomi rasional dan langkah-langkah rasional ekonomi.

Tindakan ekonomi rasional yaitu setiap perjuangan yang dilaksanakan oleh manusia yang didasarkan pada opsi yang paling menguntungkan.

Tindakan rasional ekonomi ialah setiap usaha insan yang didasarkan pada pilihan yang paling menguntungkan.

Motif ekonomi

Motif ekonomi terbagi menjadi dua faktor adalah sebagai berikut.

  • Motif intrinsik: motif intrinsik ekonomi ialah sebuah harapan untuk mengambil suatu langkah-langkah pada ekonomi mereka sendiri.

  • Motif ekstrinsik: ialah suatu cita-cita untuk mengambil tindakan atas dorongan ekonomi lain yang bukan berasal dari diri sendiri.

  Amati Pernyataan Berikut Ini! Ekonomis Dalam Menggunakan Kertas