close

Imbas Letak Geologis Indonesia Beserta Laba Dan Kesudahannya

Pengaruh letak geologis Indonesia – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung api. Selain itu Indonesia juga tergolong negara yang riskan gempa, seperti gempa bumi, gunung berapi atau tsunami. Kenapa bisa demikian? Ternyata hal tersebut ialah dampak letak geologis Indonesia.

Jika ketimbang letak Indonesia secara geografis atau astronomis, letak Indonesia secara geologis lebih memikirkan struktur batuan di kawasan Indonesia. Selain itu, letak geologis ini memikirkan aspek vulkanik dan tektonik.

Tentunya letak Indonesia secara geologis juga banyak menjadikan pengaruh dan efek tertentu bagi beberapa faktor. Selain mengenai jumlah gunung api dan musibah yang sudah dibahas di atas, pengaruh letak geologis Indonesia yang lain berpengaruh pada hal-hal yang lain juga.

Beberapa pengaruh letak geologis Indonesia antara lain tingkat kesuburan tanah, keanekaragaman hayati sampai kesempatansumber daya alam tambang yang ada di daerah Indonesia. Terdapat pengaruh nyata atau pengaruh negatif yang ditimbulkan akhir letak geologis Indonesia tersebut.

Tentunya dapat dibilang bahwa letak sebuah negara mempunyai efek besar bagi sumber daya dan faktor yang lain yang ada di sebuah negara, termasuk juga di Indonesia. Di bawah ini yaitu klarifikasi letak Indonesia secara geologis lengkap beserta laba dan pengaruhnya.

(baca juga gunung tertinggi di Indonesia)

pengaruh letak geologis indonesia

Letak Geologis Indonesia

Letak geologis suatu negara ialah letak suatu wilayah menurut susunan batuan yang menyusun kawasan tersebut. Artinya pengertian letak geologis yaitu letak sebuah negara dilihat dari keadaan watu-batuan yang terdapat dalam badan bumi wilayah tersebut.

Secara geologis, Indonesia berada di antara rangkaian pegunungan besar, berada di antara beberapa kawasan dangkalan serta menjadi titik pertemuan beberapa lempeng litosfer di dunia.

  Mengapa Manusia Disebut Selaku Makhluk Sosial?

Berikut merupakan pembahasan letak geologis Indonesia secara lebih jelas dan rincian.

  • Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar di dunia ialah rangkaian Sirkum Meditrania dan Sirkum Pasifik.
  • Indonesia terletak pada konferensi tiga lempeng lithosfer ialah lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik.
  • Indonesia terletak pada tiga kawasan dangkalan yakni dangkalan Sunda, dangkalan Sahul dan daerah maritim pertengahan Australia Asiatis.

Kondisi geologis Indonesia yang memiliki banyak gunung api ini memiliki pengaruh konkret maupun negatif. Selain menjadikan tanah di Indonesia mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi, hal ini juga mengakibatkan sering terjadi petaka yang disebakan kejadian vulkanik.

Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Wilayah Indonesia yang berada di antara rangkaian pegunungan besar, berada di antara beberapa kawasan dangkalan serta menjadi titik pertemuan beberapa lempeng litosfer di dunia ini menjadikan beberapa pengaruh.

Tentu dampak yang ditimbulkan bisa berupa laba atau kerugian. Berikut merupakan klarifikasi tentang efek dan efek letak geologis Indonesia selengkapnya.

1. Indonesia Memiliki Banyak Gunung Api

Wilayah Indonesia mempunyai banyak gunung api yang aktif terutama di daerah Indonesia bab barat. Hal ini disebabkan alasannya wilayah Indonesia bab barat dilalui oleh rangkaian sirkum pegunungan mediterania.

2. Indonesia Rawan Bencana Alam

Indonesia menjadi negara yang beresiko terkenak petaka mirip gempa bumi, tsunami dan gunung berapi. Hal ini diakibatkan letak tektonik kawasan Indonesia di antara pertemuan tiga lempeng lithosfer.

3. Indonesia Memiliki Tanah yang Subur

Indonesia memiliki kesuburan tanah yang bagus untuk pertanian dan perkebunan. Hal ini dikarenakan adanya kegiatan gunung merapi yang menciptakan tanah vulkanik dan berdampak pada tanah yang subur.

4. Indonesia Memiliki Sumber Daya Tambang dan Mineral

Terdapat banyak sumber daya alam berupa tambang dan mineral yang ada di kawasan Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya cekungan sedimen akhir aktifitas tektonik di daerah Indonesia.

5. Indonesia Memiliki Kedalaman Laut yang Beragam

Laut di Indonesia bab barat mempunyai kedalaman bahari yang dalam, sedangkan daerah Indonesia tengah dan timur berisikan lautan dengan kedalaman yang dangkal. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi geologis Indonesia yang dilalui oleh dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.

6. Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati yang Beragam

Indonesia mempunyai keragaman hayati (tanaman dan fauna) yang sungguh bermacam-macam dari satu tempat ke daerah yang lainnya. Beragamnya persebaran tumbuhan dan fauna di Indonesia dikarenakan wilayah Indonesia terletak di antara tiga kawasan dangkalan.

7. Indonesia Dilalui Jalur Pegunungan

Indonesia juga turut dilalui oleh beberapa jalur pegunungan internasional. Pegunungan yang ada di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan muda dari sirkum Mediterania dan rangkaian sirkum Pasifik.

8. Indonesia Memiliki Banyak Gunung Api di Tengah Laut

Dampak geologis lainnya yakni Indonesia memiliki beberapa gunung api yang ada di tengah-tengah bahari. Sering timbul gunung api di tengah-tengah maritim utamanya di wilayah Indonesia bab barat yang dilalui oleh rangkaian sirkum Mediterania.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa letak suatu kawasan berpengaruh terhadap sumber daya yang didapat di negara tersebut. Letak geologis Indonesia menyebabkan banyaknya sumber daya alam yang ada di Indonesia mulai dari mineral ragam flora fauna. Meski begitu kerugian letak geologis Indonesia yaitu negara ini menjadi rawan peristiwa, baik gempa bumi atau tsunami.