close

Hidup Secara Sederhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Sebelum materi kuiah tujuh menit kami sampaikan, marilah kita apalagi dahulu memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt. Atas limpahan rahmat-Nya, sehingga samapai detik ini kita masih dipertemukan oleh Allah dalam keadaan sehat wal afiyat tanpa ada halangan suatu apapun.

Shalawat serta salam biar tetap tercurakan terhadap nabi besar Muhammad saw., alasannya dengan ajarannya kita mampu membedakan yang hak dan yang bathil berkat hidayah Allah swt.

Dalam kehidupan sehari-hari orang islam hendaknya hidup secara sederhana, jangan hingga berhambur-hamburan, berlebih-lebihan, dan jangan pula bermegah-megahan. Karena dengan sikap tersebut, termasuk perbuatan setan. Untuk hidup sederhana perlu sekali untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Agama islam sama sekali tidak mengajarkan hidup mewah dan berlebih-lebihan, tetapi islam mengajarkan biar kita tetap hidup sederhana. Dan hidup sederhana, mirip halnya makan tidak terlalu berlebih-lebihan, minum tidak berlebih-lebihan, pakaian juga tidak glamor, demikian juga membelanjakan harta atau berinfak tiadak boros.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka Nabi saw. Bersabda:

Artinya: makanlah, minumlah, pakailah dan bersedekahlah janagan berlebihan, jangan untuk bermegah-megahan.

Kebahagiaan hidup dalam persepsi Islam tidak berkutat pada sisi bahan. Walaupun Islam mengakui jikalau bahan menjadi bab dari bagian kebahagiaan.

Islam intinya menatap dilema materi selaku fasilitas bukan tujuan. Oleh balasannya, Islam memberikan perhatian sungguh besar pada komponen ma’nawi seperti memiliki akal pekerti yang luhur sebagai cara mendapatkan kebahagiaan hidup.

Sesungguhnya keridlaan hamba tergantung pada dzat tempat bergantung. Dan Allah Dzat yang paling menciptakan hati hamba tentram dan dada menjadi lapang dengan mengenang-Nya. Karena kepadaNya seorang mukmin meminta perlindungan untuk mendapatkan kebutuhan dan menghindarkan dari mara bahaya. Karena itulah, syariat mengajarkan beberapa dzikir yang mengikat antara seorang mukmin dengan Allah Ta’ala sesuai kawasan dan waktu, yaitu saat ada sesuatu yang diperlukan atau ada sesuatu yang menghawatirkannya. Dzikir-dzikir tadi mengikat seorang hamba dengan penciptanya sehingga dia akan mengembalikan semua akibat kepada yang mentakdirkannya.

  3. Kultum Tentang Sabar dan Syukur Singkat

Berikut ini beberapa nash yang menawarkan relasi dzikir dengan kebahagiaan seorang hamba.

Hidup sederhana mempunyai arti membebaskan segala ikatan yang tidak di butuhkan. Berbeda dengan kemiskinan, kesederhanaan merupakan sebuah pilahan, keputusan untuk menjalani hidup yang berfokus pada apa yang benar-benar berarti. Memahami pengertian hidup sederhana tidak mampu di maknai secara sederhana, artinya hidup sederhana ini mempunyai pemahaman yang luas. Jika seseorang memaknai pemahaman hidup sederhana secara simple maka terkesan bahwa hidup sederhana itu hidup yang apa adanya. Padahal maksud dari hidup sederhana bukan semacam itu. Hidup sederhana bukan memiliki arti hidup miskin atau kikir. Namun hidup sederhana adalah hidup yang di sesuaikan dengan kebutuhan dan tidak berlebihan dalam menggunakan harta yang ada. Sederhana lebih menekankan pada aspek pola hidup bukan pada usaha yang di lakukan seseorang. Artinya usaha untuk meraih keberhasilan tidak bolah sederhaha, tapi harus semaksimal mungkin di lakukan. Hal ini mengisyaratkan bahwa hidup sederhana adalah menggunakan hasil yang sudah di upayakan secara optimal dengan sederhanasesai dengan kebuthan yang ada.

Demikian sekilas yang mampu kami sampaikan, gampang-mudahan menjinjing manfaat. Semoga kita menjadi orang yang kuat menahan akan ke indahan dunia yang sesaat, Amin

Kurang lebihnya saya minta maaf, dan terimakasih atas perhatiannya..

Wssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.