close

Exploring The Dimensions Of A Volleyball Court: A Detailed Guide With Illustrations

Gambar lapangan bola voli beserta ukuranya​ - Brainly.co


  • Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya
  • Bola voli adalah salah satu olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Lapangan bola voli merupakan tempat di mana pertandingan atau latihan berlangsung. Ukuran lapangan bola voli sangat penting untuk memastikan bahwa permainan berjalan lancar.

    Menggambar lapangan bola voli beserta ukurannya

  • Ukuran Lapangan Bola Voli
  • Lapangan bola voli memiliki ukuran standar yang telah ditetapkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB). Ukuran lapangan bola voli adalah 18 meter panjang dan 9 meter lebar. Garis tengah di tengah lapangan membagi lapangan menjadi dua bagian yang simetris.

    Cara menggambar lapangan bola voli beserta ukurannya mudah  Abah

    Pada bagian belakang lapangan, terdapat zona serang yang memiliki panjang 3 meter. Zona ini merupakan tempat para pemain menyerang bola untuk mencetak point. Di depan zona serang, terdapat zona bertahan yang memiliki panjang 6 meter. Zona ini merupakan tempat para pemain bertahan dari serangan lawan.

  • Lingkaran Penalti dan Net Bola Voli
  • Di tengah-tengah lapangan, terdapat net bola voli yang tingginya 2,43 meter untuk putra dan 2,24 meter untuk putri. Net ini memiliki panjang 9,5 meter dan lebar 1 meter. Di setiap sisi net, terdapat tiang penyangga yang terbuat dari logam atau bahan lain yang kuat.

    Di depan net, terdapat lingkaran penalti yang memiliki diameter 6 meter. Lingkaran ini digunakan untuk menentukan posisi pemain saat melakukan servis. Pemain harus berada di luar lingkaran penalti saat melakukan servis.

  • Penanda Garis Lapangan Bola Voli
  • Garis lapangan bola voli biasanya dibuat dengan warna kontras agar mudah terlihat oleh pemain. Garis tengah lapangan biasanya berwarna merah atau biru, sementara garis sisi lapangan biasanya berwarna putih.

      Petunjuk Lengkap: Cara Mengisi Dan Mengedit SKCK Kosong Secara Online

    Garis luar lapangan juga harus jelas dan terlihat dengan baik. Garis luar lapangan digunakan untuk menentukan apakah bola masih dalam permainan atau sudah keluar dari lapangan.

  • Kesimpulan
  • Ukuran lapangan bola voli sangat penting untuk memastikan bahwa permainan berjalan dengan adil dan lancar. Dengan mengikuti standar ukuran yang telah ditetapkan, para pemain dapat bermain dengan nyaman dan aman.

  • FAQs
  • 1. Apa saja ukuran standar lapangan bola voli?
    – Lapangan bola voli memiliki ukuran 18 meter panjang dan 9 meter lebar.

    2. Berapa tinggi net bola voli untuk putra dan putri?
    – Tinggi net bola voli untuk putra adalah 2,43 meter dan untuk putri adalah 2,24 meter.

    3. Mengapa lingkaran penalti digunakan dalam bola voli?
    – Lingkaran penalti digunakan untuk menentukan posisi pemain saat melakukan servis.

    4. Apa fungsi zona serang dan zona bertahan dalam lapangan bola voli?
    – Zona serang digunakan untuk menyerang bola untuk mencetak point, sedangkan zona bertahan digunakan untuk bertahan dari serangan lawan.

    5. Mengapa penting untuk memiliki garis lapangan yang jelas dan terlihat?
    – Garis lapangan yang jelas dan terlihat membantu para pemain menentukan apakah bola masih dalam permainan atau sudah keluar dari lapangan.

    https://wargamasyarakat.org/