SALAM PENDIDIKAN
Kesenian merupakan salah satu wahana bagi insan untuk mengekspresikan diri. Kesenian juga mempunyai posisi yang strategis dalam dunia pendidikan. Sebagai upaya memberikan ruang untuk berbagi kreativitas dalam penguatan pendidikan huruf dan kesempatanseni peserta asuh SMP, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengadakan kegiatan yang mampu mewadahi bakat dan minat seni penerima bimbing, yaitu Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).
Kegiatan FLS2N tidak cuma berorientasi pada kompetisi peserta bimbing, namun esensinya terletak pada nilai pendidikannya, yakni mengakibatkan FLS2N selaku pengalaman belajar (learning experience). FLS2N dibangun untuk menjadi ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati, dan olah rasa. Selain itu FLS2N dibutuhkan juga dapat mengembangkan perilaku dan kepribadian, mirip perilaku saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi. Keberadaan FLS2N sungguh
Tujuan
- Memotivasi sekolah semoga berperan aktif memfasilitasi siswa berbakat dan berminat pada seni budaya untuk mampu berbagi kemampuannya pada FLS2N;
- Menggali dan melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia yang tersebar di 34 provinsi di seluruh daerah NKRI;
- Membina dan meningatkan kepedulian peserta latih terhadap nilai-nilai seni dan budaya dalam upaya peregenerasian pecinta seni dan budaya yang berakar padabudaya bangsa; dan
- Mengembangkan perilaku kompetitif, koordinasi dan sportivitas dalam diri siswa yang berwawasan global dan menjalin persahabatan dalam proses melestarikan seni budaya Indonesia.
Persyaratan Peserta
- Persyaratan penerima FLS2N yaitu siswa SMP, MTs negeri dan swasta atau yang sederajat dengan ketentuan selaku berikut:
- Bukan juara I, II, III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, dan Penyaji Terbaik FLS2N SMP Tingkat Nasional tahun sebelumnya;
- Siswa kelas VII atau VIII yang masih berstatus sebagai siswa Sekolah Menengah Pertama dan masih aktif dikala mengikuti lomba dengan dibuktikan surat informasi dari Kepala Sekolah yang bersangkutan;
- Siswa yang terpilih sebagai peserta terbaik dari setiap jenis/cabang lomba yang dilombakan di Tingkat Provinsi;
- Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di data pokok akseptor bimbing yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
Cabang yang dilombakan
Cabang yang dilombakan pada FLS2N 2020 terdiri atas 5 (lima) jenis cabang seni selaku berikut:
- Festival Kreativitas Tari;
- Festival Kreativitas Musik Tradisional;
- Lomba Gitar Duet
- Lomba Menyanyi Solo; dan
- Lomba Desain Poster
A. FESTIVAL KREATIVITAS MUSIK TRADISIONAL
Tema
“Gita Legenda” dalam EKPLORASI BUDAYA NUSANTARA. Gita Legenda: nyanyian yang mengusung idiom cerita/kisah rakyat yang diyakiini secara turun temurun dan sudah lekat menjadi budaya setempat/lokal.
Materi Festival
Materi pameran yaitu garapan, kemasan, kreativitas baru/terkini berupa komposisi musik yang berpijak pada legenda tempat setempat yang belum pernah dipentaskan atau ditampilkan pada event manapun. Konsep garapan merupakan sajian musik bernuansa tempat setempat (mengusung kearifan setempat) yang menggambarkan suasana dan alur dongeng dari legenda kawasan yang diusung. Sajian dimaksud menitikberatkan pada permainan musik, baik instrumental maupun vokal dan bukan dalam bentuk opera musikal atau drama musikal yang memakai komponen dialog ekspresi. Harmoni dan dinamika garapan dibutuhkan selaras dengan isi dan makna dongeng legenda yang ditampilkan.
B. FESTIVAL KREATIVITAS SENI TARI
Tujuan
Festival Kreatifitas Tari FLS2N tahun 2020 bermaksud untuk:
- Menggali dan mengangkat kembali jenis-jenis permainan tradisional nusantara supaya menjadi terkenal ;
- Meningkatkan rasa cinta tanah air;
- Mendorong guru dan siswa untuk bersusah payah dan selalu berpikir kreatif;
- Meningkatkan solidaritas, kerjasama, disiplin, dan tanggung jawab;
Tema
Tema Pokok : Eksplorasi Budaya Nusantara
Tema Tari : Permainan Tradisional (dalam hal ini permainan tradisional cuma digunakan selaku sumber pandangan baru untuk mewujudkan sebuah karya tari yang inovatif dan kreatif)
Materi lomba
Materi yang ditampilkan ialah sebuah garapan tari kelompok, dan bukan suatu permainan tradisional sebagaimana bentuk aslinya.
C. LOMBA GITAR DUET
Sub Tema Lomba
“Gitar di Tangan Generasi Milenial”
Sub tema diatas merupakan jalan mewujudkan “interaksi sosial berbasis nilai-nilai kearifan setempat, nasional dan global dalam membentuk abjad positif, produktif dan kreatif siswa supaya memiliki perilaku peduli sesama dan menjadi generasi milenial yang pembelajar di periode digital sepanjang periode”
Materi Lomba
Materi lomba duet gitar terdiri dari tiga lagu yang kesemuanya dalam format duet gitar.
4.1. Lagu Klasik (Duet):
a) Babak Pertama (Penyisihan) : “Andante in G Op. 27 – F Carulli” (lamp 1)
b) Babak Kedua (Final) : “Allegro in D Minor – F Carulli” (lamp 2)
4.2. Lagu Populer (Duet):
a) “Kulari Ke Pantai” – RAN, arr untuk duet gitar oleh: hery budiawan (lamp 3)
b) “Ibuku Cantik” – Mhala Nurmala, Tantra Numata dinyayikan oleh Maisha Kanna,
D. LOMBA MENYANYI SOLO
Tema
Tema Umum : Eksplorasi Budaya Nusantara
Sub Tema Menyanyi : “Mengeksplorasi diri lewat seni untuk mengasah empati terhadap sesama”.
Materi Lomba
Berdasarkan rapat penyusunan Juknis 2020, ditetapkan bahwa bahan kontes diubah dengan mempertimbangkan perkembangan dunia musik dan teknologi yang sudah sangat terbaru dikala ini. Untuk itu terhadap instruktur dan pembimbing dari tiap perwakilan daerah dapat berbagi diri dengan mencari referensi dari aneka macam sumber mengenai materi kontes Nyanyi Solo dibawah ini.
E. LOMBA DESAIN POSTER
Tema
FLS2N cabang Desain Poster mampu menumbuhkan, menyayangi, dan ikut memiliki melalui “Eksplorasi Budaya Nusantara”. Tema utama tersebut secara simultan dan berkelanjutan yang diperlukan mampu memacu penerima kontes serta lazimnya masyarakat Indonesia supaya lebih menghargai, menghormati, menerapkan, serta bisa mengapresiasi hasil budaya Nusantara dalam Desain Poster.
Sub Tema
Adapun sub tema kontes yang bisa dijadikan opsi ialah:
a. Upacara Adat selaku Sumber Ide dalam Pengembangan Talenta, dan Kreativitas desain industri inovatif.
b. Potensi Kesenian Daerah selaku Sumber Ide dalam upaya Promosi Pariwisata lewat inovasi media berupa Desain Poster.
c. Eksplorasi Seni Kerajinan untuk Mendukung Pariwisata Daerah sebagai Jati Diri Bangsa yang diwujudkan ke dalam bentuk desain.
3. Materi Lomba
Kecintaan jati diri seseorang kepada budaya Nusantara dalam wadah Indonesia akan mempererat kesatuan bangsa. Adanya kecintaan pada negara yang dapat diekspresikan secara visual dan mulut dalam bentuk Desain Poster selaku tanggung jawab generasi muda. Guna mendukung terciptanya Desain Poster yang bagus perlu dikerjakan observasi atau pengamatan pada objek tertentu yang berhubungan dengan Budaya Nusantara. Selain itu, dalam lomba kali ini seluruhnya memakai teknologi digital, mulai dari pengambilan gambar memakai teknik fotografi lalu ditransfer dan diolah melalui rekayasa teknologi komputer untuk menciptakan Desain Poster yang maksimal.
Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti tautan berikut