Definisi Komunikasi – Kata ataupun ungkapan komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis ataupun usulan dari asal katanya merupakan dari bahasa Latin communicatus, serta perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini mempunyai makna ‘menyebarkan’ ataupun ‘menjadi milik bersama’ ialah suatu bisnis yng memiliki tujuan bagi atau mampu juga dibilang untuk kebersamaan ataupun kesamaan makna. Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Makara dalam pengertian ini yng terlibat dalam komunikasi merupakan kita-kita. Karena itu merujuk pada pemahaman Ruben serta Steward(1998:16) perihal komunikasi kita-kita yakni:
Human communication is the process through which individuals –in relationships, group, organizations and societies—respond to and ahacreate messages to adapt to the environment and one another. Bahwa komunikasi kita-kita merupakan proses yng melibatkan individu-individu dalam sebuah korelasi, kalangan, organisasi serta masyarakat yng merespon serta menciptakan pesan bagi atau mampu juga dibilang untuk mengikuti keadaan yang dengannya lingkungan satu percis lain. Untuk mengetahui definisi komunikasi yang sudah di sebutkan mengakibatkan mampu dilancarkan secara efektif dalam Effendy(1994:10) bantu-membantu para peminat komunikasi Suka kali mengutip paradigma yng dikemukakan oleh Harold Lasswell dalam karyanya, The Structure and Function of Communication in Society. Lasswell menyampaikan sebenarnya cara yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk bagi atau mampu juga dikatakan untuk menerangkan komunikasi ialah yang dengannya menjawab pertanyaan menjdai berikut: Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect? Paradigma Lasswell di atas pertanda sesungguhnya komunikasi mencakup lima bagian menjdai tanggapan dari pertanyaan yng diajukan itu,yakni:
- Komunikator (siapa yng menyampaikan?)
- Pesan (mengatakan apa?)
- Media (lewat susukan/ channel/media apa?)
- Komunikan (terhadap siapa?)
- Efek (yang dengannya imbas/efek apa?).
Jadi didasari paradigma Lasswell yang telah di sebutkan, secara mudah proses komunikasi ialah pihak komunikator membentuk (encode) pesan serta menyampaikannya lewat sebuah jalan masuk tertentu terhadap pihak akseptor yng menyebabkan efek tertentu.
A. PROSES KOMUNIKASI Berangkat dari paradigma Lasswell, Effendy (1994:11-19) membedakan proses komunikasi menjadi dua tahap, adalah: 1. Proses komunikasi secara primer Proses komunikasi secara primer ialah proses penyampaian anggapan serta ataupun perasaan seseorang terhadap orang lain yang dengannya mempergunakan lambang (symbol) menjdai media. Lambang menjdai media primer dalam proses komunikasi merupakan pesan lisan (bahasa), serta pesan nonverbal (kial/gesture, aba-aba, gambar, warna, dan juga lain-lainya) yng secara langsung bisa/bisa menerjemahkan anggapan serta ataupun perasaan komunikator kepada komunikan. Seperti disinggung di tampang, komunikasi berjalan andaikan terealisasi kesamaan makna dalam pesan yng diterima oleh komunikan. Dengan kata lain , komunikasi ialah proses membuat pesan yng setala bagi komunikator serta komunikan. Prosesnya menjdai berikut, pertama-tama komunikator menyandi (encode) pesan yng akan disampaikan disampaikan terhadap komunikan. Ini berkhasiat komunikator memformulasikan asumsi serta ataupun perasaannya ke dalam lambang (bahasa) yng diperkirakan akan dimengerti oleh komunikan. Kemudian giliran komunikan bagi atau bisa juga dibilang untuk menterjemahkan (decode) pesan dari komunikator. Ini berguna dia menafsirkan lambang yng memiliki kandungan fikiran serta ataupun perasaan komunikator tadi dalam konteks pengertian. Yang penting dalam proses penyandian (coding) merupakan komunikator bisa menyandi serta komunikan bisa menerjemahkan sandi yang sudah di sebutkan (terdapat kesamaan makna). Wilbur Schramm (dalam Effendy, 1994) menyatakan bantu-membantu komunikasi akan sukses (terdapat kesamaan makna) andaikan pesan yng disampaikan oleh komunikator cocok yang dengannya kerangka teladan (frame of reference) , yaitu paduan pengalaman serta pemahaman (collection of experiences and meanings) yng diperoleh oleh komunikan. Schramm menambahkan, bahu-membahu bidang (field of experience) ialah aspek penting pun dalam komunikasi. Jika bidang pengalaman komunikator percis yang dengannya bidang pengalaman komunikan, komunikasi akan berlangsung tanpa gangguan. Sebaliknya, bila bidang pengalaman komunikan tak percis yang dengannya bidang pengalaman komunikator, akan muncul kesukaran bagi atau mampu juga dibilang untuk mengerti satu percis lain. Sebagai semisal semisal yng diungkapkan oleh Sendjaja(1994:33)yaitu : Si A seorang mahasiswa ingin berbincang-bincang mengenai kemajuan valuta abnormal dalam kaitannya yang dengannya kemajuan ekonomi. Bagi si A tentunya akan lebih gampang serta lancar andaikan pembicaraan tentang hal yang telah di sebutkan di kerjakan yang dengannya si B yng pun sama-sama mahasiswa. Seandainya si A yang telah di sebutkan membahas hal yang telah di sebutkan yang dengannya si C, sorang perjaka desa tamatan Sekolah Dasar tentunya proses komunikaasi tak akan berlangsung sebagaimana mestinya semisal yng diharapkan si A. Karena antara si A serta si C terdapat perbedaan yng menyangkut tingkat pengetahuan, pengalaman, budaya, orientasi serta mungkin pun kepentingannya. Contoh yang telah di sebutkan mampu memperlihatkan gambaran bantu-membantu proses komunikasiakan berjalan baik ataupun gampang andaikan di antara pelaku (sumber serta akseptor) relatif percis. Artinya andaikan kita ingin berkomunikasi yang dengannya baik yang dengannya seseorang, maka kita harsu mengolah serta memberikan pesan dalam bahasa serta cara-cara yng sesuai yang dengannya tingkat wawasan, pengalaman, orientasi serta latar belakang budayanya. Dengan kata lain komunikator butuh mengetahui karakteristik perorangan, sosial serta budaya dari komunikan. 2. Proses komunikasi sekunder Proses komunikasi secara sekunder ialah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan yang dengannya mempergunakan alat ataupun fasilitas menjdai media kedua setelah menggunakan lambang menjdai media pertama. Seorang komunikator mempergunakan media ke dua dalam menunjukkan komunikasike karena komunikan menjdai sasaran berada di kawasan yng relatif jauh ataupun jumlahnya tidak sedikit. Surat, telepon, teleks, surat kabar, majalah, radio, televisi, film, dsb merupakan media kedua yng Suka digunakan dalam komunikasi. Proses komunikasi secara sekunder itu memanfaatkan media yng mampu diklasifikasikan menjdai media massa (surat kabar, televisi, radio, dsb.) serta media nirmassa (telepon, surat, megapon, dsb.).
B. KONSEPTUAL KOMUNIKASI Deddy Mulyana (2005:61-69) mengkategorikan definisi-definisi ihwal komunikasi dalam tiga konseptual ialah: 1. Komunikasi menjdai langkah-langkah satu arah. Suatu pemahaman komunikasi menjdai penyampaian pesan searah dari seseorang (ataupun lembaga) terhadap seseorang (sekelompok orang) lain-lainnya, baik secara langsung (tatap muka) maupun melalui media, semisal surat (brosur), surat kabar, majalah, radio, ataupun televisi. Pemahaman komunikasi menjdai proses searah sesungguhnya tidak lebih sesuai kalau diterapkan pada komunikasi tatapmuka, akan namun tak terlalu keliru bila dipraktekkan pada komunikasi publik (pidato) yng tak melibatkan tanya jawab. Pemahaman komunikasi dalam konsep ini, menjdai definisi berorientasi-sumber. Definisi semisal ini mengisyaratkan komunikasi seluruh aktivitas yng secara sengaja di kerjakan seseorang bagi atau mampu juga dibilang untuk memberikan rangsangan bagi atau mampu juga dikatakan untuk menghidupkan tanggapanorang lain. Dalam konteks ini, komunikasi dianggap sebuah langkah-langkah yng disengaja bagi atau mampu juga dibilang untuk memberikan pesan demi memenuhi keperluan komunikator, semisal menjelaskan sesuatu sesuatu terhadap orang lain ataupun membujuk bagi atau mampu juga dikatakan untuk melakukan sesuatu. Beberapa definisi komunikasi dalam konseptual langkah-langkah satu arah: a. Everet M. Rogers: komunikasi ialah proses dimana sebuah inspirasi dialihkan dari sumber terhadap suatu peserta ataupun lebih, yang dengannya maksud bagi atau mampu juga dikatakan untuk merubah tingkah laris. b. Gerald R. Miller: komunikasi terealisasi disaat suatu sumber menunjukkan suatu pesan kepada penerima yang dengannya niat yng disadari bagi atau mampu juga dikatakan untuk memberi efek sikap penerima. c. Carld R. Miller: komunikasi merupakan proses yng memungkinkan seseorang (komunikator) menunjukkan rangsangan (lazimnya lambang-lambang lisan) bagi atau bisa juga dibilang untuk merubah sikap orang lain (komunkate). d. Theodore M. Newcomb: Setiap langkah-langkah komunikasi dipandang menjdai sebuah transmisi isu terdiri dari rangsangan yng diskriminatif, dari sumber terhadap peserta.
- Komunikasi menjdai interaksi.
Pandangan ini menyetarakan komunikasi yang dengannya sebuah proses alasannya-balasan ataupun agresi-reaksi, yng arahnya bergantian. Seseorang memberikan pesan, baik mulut ataupun nonverbal, seorang peserta bereaksi yang dengannya menunjukkan tanggapan verbal ataupun nonverbal, lantas orang pertama bereaksi lagi sehabis menerima respon ataupun umpan balik dari orang kedua, serta begitu seterusnya. Contoh definisi komunikasi dalam konsep ini, Shanon serta Weaver (dalam Wiryanto, 2004), komunikasi ialah bentuk interaksi kita-kita yng saling memberi dampak satu percis lain, sengaja ataupun tak sengaja serta tak dibatasi pada bentuk pada bentuk komunikasi ekspresi, akan tetapi pun dalam hal verbal tampang, lukisan, seni , serta teknologi.
- Komunikasi menjdai transaksi.
Pandangan ini menyatakan sebetulnya komunikasi merupakan proses yng dinamis yng secara sinambungan merubah phak-pihak yng berkomunikasi. Berdasrkan pandang-an ini, maka orang-orang yng berkomunikasi dianggap menjdai komunikator yng secara aktif mengirimkan serta menafsirkan pesan. Setiap kurun orang-orang bertukar pesan mulut serta ataupun pesan nonverbal. Beberapa definisi yng sesuai yang dengannya desain transaksi: a. Stewart L. Tubbs serta Sylvia Moss: Komunikasi ialah proses pembentukan makna di antara dua orang ataupun lebih. b. Judy C. Pearson serta Paul E. Nelson: Komunikasi merupakan proses mengerti danberbagi makna. c. William I. Gordon : Komunikasi merupakan sebuah transaksi dinamis yng melibatkan gagasan serta perasaan. d. Donald Byker serta Loren J. Anderson: Komunikasi merupakan membagikan gosip antara dua orang ataupun lebih.
C. FUNGSI KOMUNIKASI William I. Gorden (dalam Deddy Mulyana, 2005:5-30) mengkategorikan fungsi komunikasi menjadi empat, ialah:
1. Sebagai komunikasi sosial Fungsi komunikasi menjdai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwasanya komunikasi itu penting bagi atau bisa juga dibilang untuk membangun desain diri kita, aktualisasi diri, bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelangsungan hidup, bagi atau bisa juga dibilang untuk menerima kebahagiaan, terhindar dari tekanan serta ketegangan, antara lain melalui komunikasi yng bersifat menghibur, serta memupuk kekerabatan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita melakukan pekerjaan percis yang dengannya anggota masyarakat (keluarga, golongan mencar ilmu, sekolah tinggi tinggi, RT, desa, …, negara secara keseluruhan) bagi atau mampu juga dibilang untuk mencapai tujuan bareng .
- Pembentukan konsep diri. Konsep diri ialah pandang-an kita mengenai diri kita, serta itu cuma bisa kita dapatkan lewat informasi yng diberikan orang lain kepada kita. Melalui komunikasi yang dengannya orang lain kita mencar ilmu bukan saja perihal siapa kita, akan namun pun bagaimana kita mencicipi siapa kita. Anda mengasihi diri kamu kalau kamu telah dicintai; kamu berpikir kau pandai jikalau orang-orang sekitar kau menilai kau pandai; kamu terasa tampan ataupun bagus kalau orang-orang sekitar kau pun mengatakan demikian. George Herbert Mead (dalam Jalaluddin Rakhmat, 1994) mengistilahkan significant others (orang lain yng Amat penting) bagi atau mampu juga dibilang untuk orang-orang disekitar kita yng memiliki peranan penting dalam membentuk konsep diri kita. Ketika kita masih kecil, orang-orang merupakan orang renta kita, kerabat-kerabat kita, serta orang yng tinggal satu rumah yang dengannya kita. Richard Dewey serta W.J. Humber (1966) menamai affective others, bagi atau mampu juga dibilang untuk orang lain yng yang dengannya orang-orang kita mempunyai ikatan emosional. Dari merekalah, secara perlahan-lahan kita membentuk desain diri kita. Selain itu, terdapat apa yng disebut yang dengannya reference group (kelompok rujukan) ialah kelompok yng secara emosional mengikat kita, serta berpengaruh terhadap pembentukan konsep diri kita. Dengan melihat ini, orang mengarahkan perilakunya serta menyesuaikan dirinya yang dengannya ciri-ciri kelompoknya. Kalau kamu memilih kalangan rujukan kau Ikatan Dokter Indonesia, kau menjadikan norma-norma dalam Ikatan ini menjdai ukuran perilaku kau. Anda pun meras diri menjdai bagian dari golongan ini, lengkap yang dengannya sifat-sifat doketer pertimbangan dari pandangan kau.
- Pernyataan eksistensi diri. Orang berkomunikasi bagi atau bisa juga dibilang untuk membuktikan dirinya eksis. Inilah yng disebut aktualisasi diri ataupun lebih sempurna lagi pernyataan eksistensi diri. Fungsi komunikasi menjdai eksistensi diri terlihat terperinci contohnya pada penanya dalam suatu seminar. Meskipun orang-orang sudah diperingatkan moderator bagi atau mampu juga dikatakan untuk mengatakan singkat serta langsung ke pokok dilema, penanya ataupun komentator itu Suka berbicara panjang lebarm mengkuliahi hadirin, yang dengannya argumen-argumen yng seringkali tak relevan.
- Untuk kelangsungan hidup, memupuk korelasi, serta menerima kebahagiaan. Sejak lahir, kita tak bisa hidup sendiri bagi atau mampu juga dibilang untuk menjaga hidup. Kita butuh serta Perlu berkomunikasi yang dengannya orang lain, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyanggupi keperluan biologis kita semisal makan serta minum, serta memnuhi keperluan psikologis kita semisal berhasil serta kebahagiaan. Para psikolog berpendapat, keperluan utama kita menjdai kita-kita, serta bagi atau mampu juga dikatakan untuk menjadi kita-kita yng sehat secara rohaniah, merupakan keperluan akan korelasi sosial yng ramah, yng hanya mampu tercukupi yang dengannya membina hubungan yng baik yang dengannya orang lain. Abraham Moslow menyebutkan bergotong-royong kita-kita punya lima kebutuhan dasar: kebutuhan fisiologis, keselamatan, kebutuhan sosial, penghargaan diri, serta aktualisasi diri. Kebutuhan yng lebih dasar Perlu dipenuhi berlebi dahulu sebelum kebuthan yng lebih tinggi diupayakan. Kita mungkin sudah mampu kebuthan fisiologis serta keselamatan bagi atau bisa juga dibilang untuk bertahan hidup. Kini kita ingin menyanggupi keperluan sosial, penghargaan diri, serta aktualisasi diri. Kebutuhan ketiga serta keempat terutama mencakup keinginan bagi atau bisa juga dibilang untuk menerima rasa lewat rasa mempunyai serta dimiliki, pergaulan, rasa diterima, menunjukkan serta mendapatkan persahabatan. Komunikasi akan Amat diperlukan bagi atau mampu juga dibilang untuk menerima serta menunjukkan berita yng diperlukan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk membujuk ataupun memberi efek orang lain, mempertimbangkan solusi pengganti atas problem lantas mengambil keputusan, serta tujuan-tujuan sosial dan hiburan.
2. Sebagai komunikasi ekspresif Komunikasi berfungsi bagi atau mampu juga dibilang untuk memberikan perasaan-perasaan (emosi) kita. Perasaan-perasaan yang telah di sebutkan lebih-lebih dikomunikasikan melalui pesan-pesan nonverbal. Perasaan sayang, peduli, rindu, simpati, bangga, sedih, takut, prihatin, murka serta benci mampu disampaikan lewat kata-kata, akan tetapi bisa disampaikan secara lebih ekpresif lewat perilaku nonverbal. Seorang ibu menerangkan beri di sayangkan yang dengannya membelai kepala anaknya. Orang mampu menyalurkan kemarahannya yang dengannya mengumpat, mengepalkan tangan seraya melototkan matanya, mahasiswa memprotes kebijakan penguasa negara ataupun penguasa kampus yang dengannya melakukan demontrasi.
3. Sebagai komunikasi ritual Suatu komunitas Suka melaksanakan upacara-upacara berlainan sepanjang tahun serta sepanjang hidup, yng disebut para antropolog sebaga rites of passage, mulai dari upacara kelahiran, sunatan, ulang tahun, pertunangan, siraman, pernikahan, serta lain-lain. Dalam acara-program itu orang mengucapkan kata-kata ataupun sikap-perilaku tertentu yng bersifat simbolik. Ritus-ritus lain semisal berdoa (salat, sembahyang, misa), membaca kitab suci, naik haji, upacara bendera (salah satunya menyanyikan lagu kebangsaan), upacara wisuda, perayaan lebaran (Idul Fitri) ataupun Natal, pun ialah komunikasi ritual. Mereka yng berpartisipasi dalam bentuk komunikasi ritual yang telah di sebutkan menegaskan kembali kesepakatan orang-orang terhadap tradisi keluarga, suku, bangsa. Negara, ideologi, ataupun agama orang-orang.
4. Sebagai komunikasi instrumental Komunikasi instrumental mempunyai beberapa tujuan lazim, yaitu: menginformasikan, mengajar, mendorong, merubah sikap, menggerakkan langkah-langkah, serta pun menghibur. Sebagai instrumen, komunikasi tak saja kita genakan bagi atau mampu juga dibilang untuk menciptakan serta membangun korelasi, akan tetapi pun bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghancurkan relasi yang telah di sebutkan. Studi komunika menciptakan kita peka kepada banyak sekali taktik yng mampu kita genakan dalam komunikasi kita bagi atau bisa juga dibilang untuk melakukan pekerjaan lebih baik yang dengannya orang lain demi laba bareng . Komunikasi berfungsi sebagi instrumen bagi atau bisa juga dibilang untuk mencapai tujuan-tujuan pribadi serta pekerjaan, baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek misalnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan pujian, menumbuhkan kesan yng baik, menerima simpati, empati, laba material, ekonomi, serta politik, yng antara lain mampu diraih yang dengannya pengelolaan kesan (impression management), ialah seni manajemen-taktik mulut serta nonverbal, semisal mengatakan sopan, mengobral kesepakatan, mengenakankan pakaian necis, serta sebagainya yng pada dasarnya bagi atau mampu juga dibilang untuk menandakan terhadap orang lain siapa diri kita semisal yng kita harapkan. Sementara itu, tujuan jangka panjang mampu dicapai lewat kemampuan komunikasi, contohnya keahlian berpidato, berunding, berbahasa ajaib maupun kemampuan menulis. Kedua tujuan itu (jangka pendek serta panjang) pastinya saling berhubungan dalam arti sesungguhnya pengelolaan kesan itu secara kumulatif mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk meraih tujuan jangka panjang berupa keberhasilan dalam karier, contohnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan jabatan, kekuasaan, penghormatan sosial, serta kekayaan. Berkenaan yang dengannya fungsi komunikasi ini, terdapat beberapa berdasarkan para ilmuwan yng kalau dicermati saling melengkapi.[1] Misal pendapat Onong Effendy (1994), beliau beropini fungsi komunikasi merupakan memperlihatkan gosip, mendidik, menghibur, serta memberi efek. Sedangkan Harold D Lasswell (dalam Nurudin, 2004 serta Effendy, 1994:27) memaparkan fungsi komunikasi menjdai berikut: 1. Penjajagan/pengawasan lingkungan (surveillance of the information) ialah penyingkapan bahaya serta potensi yng memberi imbas nilai penduduk . 2. Menghubungkan bagian-bagian yng terpisahkan dari penduduk bagi atau mampu juga dibilang untuk merespon lingkungannya . 3. Menurunkan warisan sosial dari generasi ke generasi berikutnya.
D. RAGAM TINGKATAN KOMUNIKASI ATAU KONTEKS-KONTEKS KOMUNIKASI Secara lazim ragam tingkatan komunikasi ialah menjdai berikut:
- Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) ialah komunikasi yng terlaksana dalam diri seseorang yng berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera serta system syaraf kita-kita.
- Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu acara komunikasi yng di lakukan seseorang yang dengannya orang lain yang dengannya corak komunikasinya lebih bersifat langsung serta hingga pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yng memandang pribadi menjdai unik. Dalam komunikasi ini jumlah sikap yng terlibat dasarnya memang mampu lebih dari dua orang selama pesan ataupun informasi yng disampaikan bersifat pribadi.
- Komunikasi kelompok (group communication) yakni komunikasi yng berlangsung di antara anggota sebuah kalangan. Menurut Michael Burgoon serta Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) menawarkan batasan komunikasi kelompok menjdai interaksi tatap muka dari tiga ataupun lebih individu guna menerima maksud ataupun tujuan yng dikehendaki semisal membagikan info, pemeliharaan diri ataupun pemecahan masalah menyebabkan seluruh anggota bisa menumbuhkan karakteristik langsung anggota lain-yang lain yang dengannya akurat.
- Komunikasi organisasi (organization communication) adalah pengiriman serta penerimaan aneka macam pesan organisasi di dalam kalangan formal maupun informal dari sebuah organisasi (Wiryanto, 2005:52).
- Komunikasi massa (mass communication). Komunikasi massa mampu didefinisikan menjdai suatu jenis komunikasi yng ditujukan terhadap sejumlah audien yng tersebar, heterogen, serta anonim melalui media massa cetak ataupun elektrolik menimbulkan pesan yng percis mampu diterima secara bersama-sama serta beberapa ketika. Kemudian Mulyana (2005:74) pun menambahkan konteks komunikasi publik. Pengertian komunikasi publik merupakan komunikasi antara seorang pembicara yang dengannya sejumlah besar orang (khalayak). Yang tak mampu diketahui satu persatu. Komunikasi demikian Suka pun disebut pidato, ceramah ataupun kuliah (biasa ). Beberapa pakar komunikasi memanfaatkan perumpamaan komunikasi golongan besar (large group communication) bagi atau mampu juga dibilang untuk komunikasi ini.
E. KEGUNAAN BELAJAR ILMU KOMUNIKASI Mengapa kita mengkaji ilmu komunikasi ?Ruben&Steward, (2005:1-8) menyatakan bergotong-royong
- Komunikasi merupakan mendasar dalam ke hidup-an kita.
Dalam ke hidup-an kita sehari-hari komunikasi memegang peranan yng Amat penting. Kita tak mampu tak berkomunikasi.tak ada aktifitas yng di kerjakan tanpa komunikasi, dikarenakan kita bisa menciptakan beberapa perbedaan yng esensial manakala kita berkomunikasi yang dengannya orang lain.Demikian juga sebaliknya, orang lain akan berkomunikasi yang dengannya kita ,baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Cara kita bekerjasama satu yang dengannya lain-yang lain, bagimana sebuah relasi kita bentuk, bagaimana cara kita memberikan donasi menjdai anggota keluarga, golongan, komunitas, organisasi serta penduduk secara luas butuh sebuah komunikasi.Sehingga menimbulkan komunikasi yang telah di sebutkan menjadi hal yng Amat fundamental dalam ke hidup-an kita.
- Komunikasi merupakan yaitu sebuah aktifitas komplek.
Komunikasi merupakan suatu aktifitas yng komplek serta menantang. Dalam hal ini sebetulnya aktifitas komunikasi bukanlah suatu aktifitas yng mudah. Untuk meraih kompetensi komunikasi memerlukan understanding serta suatu ketrampilan menjadikan komunikasi yng kita kerjakan menjadi efektif. Ellen langer dalam Ruben&Stewat( 2005:3) menyebut desain mindfulness akan terlaksana disaat kita menunjukkan perhatian pada situasi serta konteks, kita terbuka yang dengannya gosip baru serta kita menyadari sebetulnya ada tak sedikit perspektif tak hanya satu persepektif di ke hidup-an kita-kita.
- Komunikasi merupakan vital bagi atau bisa juga dikatakan untuk suatu kedudukan/posisi yng efektif.
Karir dalam perjuangan, pemerintah, ataupun pendidikan memerlukan kemampuan dalam mengetahui suasana komunikasi, mengembangkan taktik komunikasi efektif, memerlukan koordinasi antara satu yang dengannya yng lain, serta mampu menerima atas kehadiran ilham-inspirasi yng efektif melalui susukan jalan masuk komunikasi. Untuk meraih kesuksesan dari suatu kedudukan/ posisi tertentu dalam mencapai kompetensi komunikasi antara lain melalui kemampuan secara personal serta perilaku, kemampuan interpersonal, kesanggupan dalam melaksanakan komunikasi oral serta gesekan pena dan juga lain-lainya.
- Suatu pendidikan yng tinggi tak memberi jaminan kompetensi komunikasi yng baik.
Kadang-kadang kita menganggap bahu-membahu komunikasi itu hanyalah sebuah yng bersifat common sense serta setiap orang niscaya mengetahui bagaimana berkomunikasi. Padahal bahu-membahu tidak sedikit yng tak memilki ketrampilan berkomunikasi yng baik lantaran bahwasanya tak sedikit pesan-pesan dalam komunikasi kita-kita itu yng disampaikan tak hanya dalam bentuk ekspresi akan namun pun nonverbal, ada ketrampilan komunikasi dalam bentuk ukiran pena serta oral, ada ketrampilan berkomunikasi secara interpersonal, maupun secara golongan menjadikan kita mampu berkolaborasi menjdai anggota yang dengannya baik, serta lain-lain. Kadang-kadang kita pun mengalami kegagalan dalam berkomunikasi. Banyak yng berpendidikan tinggi akan namun tak memilki ketrampilan berkomunikasi secara baik serta memadai mengakibatkan menciptakan kegagalan dalam berinteraksi yang dengannya kita-kita lain-yang lain. Sehingga komunikasi itu butuh kita pelajari.
- Komunikasi ialah ternama.
Komunikasi ialah suatu bidang yng dibilang menjdai popular. Banyak bidang-bidang komunikasi modern saat ini ini yng memfokuskan pada studi tentang pesan, ada pun perihal korelasi antara komunikasi yang dengannya bidang profesiponal lain-lainnya salah satunya aturan, perjuangan, isu, pendidikan, ilmu komputer, serta lain-lain. Sehingga saat ini ini komunikasi menjdai ilmu social/perileku serta sebuah seni yng diaplikasikan. Disiplin ini bersifat multidisiplin, yng berkaitan yang dengannya ilmu-ilmu lain semisal psikologi, sosiologi, antroplogi, politik, dan juga lain-lainya
SUMBER:
- Effendy, Onong Uchjana, Komunikasi Teori serta Praktek, Bandung: Remaja Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:Grasindo.Rosdakarya
- Cangara, Hafidz,2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada
- Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publishing.
- Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.
- Ruben, Brent D,Stewart, Lea P, 2005, Communication and Human Behaviour,USA:Alyn and Bacon
- Sendjaja,Sasa Djuarsa,1994,Pengantar Komunikasi,Jakarta:Universitas Terbuka.
- Wiryanto, 2005,
Source Article and Picture :