Contoh RKH Sentra Seni & Kreativitas Tema Binatang. Download teladan RKH pusat seni format doc yg mampu di edit dgn gampang disini.
Pengertian Rencana Kegiatan Harian (RKH) yakni yaitu unit penyusunan rencana terkecil dibuat untuk digunakan & memandu acara dlm satu hari.
RKH pula disebut dgn RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) yg disusun berdasarkan RKM yg berisi acara–kegiatan yg dipilih dr indikator yg direncanakan untuk satu hari sesuai dgn tema dan sub tema.
Penulisan RKH disesuaikan dgn versi atau pendekatan pembelajaran yg telah ditentukan atau diseleksi serta diubahsuaikan dgn jenis Kegiatan atau Metode/Strategi, pada ketika pembuatan planning kegiatan mingguan.
Perlu dikenali bahwa model pembelajaran PAUD Inovatif ada 4 yakni pendekatan kalangan, sudut, area, & sentra. Contoh RKM RKH PAUD yg banyak beredar yaitu pola untuk pendekatan kalangan alasannya model pembelajaran ini banyak dipakai di PAUD.
Daftar Isi
Contoh RKH Sentra Seni & Kreativitas Tema Binatang
RKH Sentra Seni & kreativitas dapat dilihat berikut ini. Link tautan download ada di simpulan goresan pena ini. Untuk preview atau tampilan dokumen lihat disini.
Kelompok Usia : 4 -5 tahun Tema : Binatang
Jumlah Anak : 10 anak Sub Tema : Binatang buas
07.00 – 07.10
Berbaris & masuk kelas
07.10 – 07.30
Berdoa & bercerita perihal binatang buas ciptaan Tuhan.
Kegiatan jasmani : bermain “Buaya & Sungai”
Lagu : “Buaya Menyebrang Sungai”
07.30 – 09.20
KEGIATAN INTI
* Pijakan lingkungan
- Membuat kebun hewan (proyek ) 4 anak
- Membuat topeng kepala hewan buas 2 anak
- Menjahit bentuk buaya 3 anak
- Thumbprint (jejak kaki hewan) 2 anak
- Melukis gambar binatang dgn lilin 3 anak
- Mencocok kepala binatang buas 3 anak
- Meronce rantai warna 2 anak
- Bermain playdough 2 anak
- Menggambar di meja 4 anak
* Pijakan sebelum bermain
- Bercerita tentang : Kebun Binatang
- Kosakata : cakar, taring, mangsa.
- Gagasan memakai bahan : menjelaskan cara bermain dr materi yg ada.
- Mendiskusikan hukum main :
- 1. Tidak merebut mainan teman
- 2. Meminta ijin kalau akan bergabung dgn sahabat
- 3. Mengembalikan mainan ke kawasan semula sesudah bermain
- Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ wanita yg mampu menirukan bunyi-bunyi (misal : macan) dapat bermain apalagi dulu.
* Pijakan saat main :
- Mengobservasi & mendokumentasikan perilaku bermain anak
- Memperluas bahasa anak dgn menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yg sedang dilakukan
- Mendukung & mempertinggi kesanggupan anak dengan-cara individu lewat pertanyaan-pertanyaan dr pekerjaan anak.
- Memberi motivasi / dorongan utamanya pada anak yg condong pasif
* Pijakan setelah main
- Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke kawasan semula
- Mengulas kembali kegiatan main
- Berbagi cerita
- Memperkuat sikap anak yg nyata
09.20 – 09.45
- Makan bekal & pulang
- Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.