Contoh RKH Sentra Balok PAUD – RKH Tema Binatang. Download RKH sentra Balok tema Binatang format doc yg dapat di edit disini.
Pengertian Rencana Kegiatan Harian (RKH) ialah ialah unit perencanaan terkecil dibentuk untuk digunakan & memandu acara dlm satu hari.
RKH pula disebut dgn RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) yg disusun berdasarkan RKM yg berisi kegiatan–kegiatan yg diseleksi dr indikator yg direncanakan untuk satu hari sesuai dgn tema dan sub tema.
Penulisan RKH diadaptasi dgn versi atau pendekatan pembelajaran yg telah ditentukan atau dipilih serta disesuaikan dgn jenis Kegiatan atau Metode/Strategi, pada dikala pembuatan planning kegiatan mingguan.
Perlu dikenali bahwa model pembelajaran PAUD Inovatif ada 4 yaitu pendekatan golongan, sudut, area, & sentra. Contoh RKM RKH PAUD yg banyak beredar yaitu pola untuk pendekatan kalangan sebab versi pembelajaran ini banyak digunakan di PAUD.
Daftar Isi
Contoh RKH Sentra Balok PAUD – RKH Tema Binatang
Download RKH Sentra Balok Tema Binatang lewat link tautan yg diberikan di akhir goresan pena ini. Untuk preview atau tampilan dokumen bisa dilihat disini
Hari/tanggal : …………., ……… 200…
Kelompok Usia : 4 -5 tahun Tema : Binatang
Jumlah Anak : 10 anak Sub Tema : Binatang buas
WAKTU KEGIATAN
07.00 – 07.10 Berbaris & masuk kelas
07.10 – 07.30 Berdoa & bercerita wacana binatang buas perlu daerah tinggal.
Kegiatan jasmani :
bermain “berjalan-jalan di hutan” sambil bergerak menirukan gerakan binatang.
Lagu : Kita berjalan-jalan di dlm hutan
Dan menyaksikan seekor binatang jalan.
Binatang apakah itu -2x
Binatang ……(harimau, ular, singa) yg berjalan
Beginilah jalannya-6x (menirukan gerakan binatang)
07.30 – 09.20 KEGIATAN INTI
* Pijakan lingkungan
– Bangunan yg ditawarkan : kebun binatang, hutan, kandang hewan buas, klinik binatang.
– Kelompok main :
- Kelompok I 2 anak (kebun binatang)
- Kelompok II 2 anak (kandang harimau)
- Kelompok III 3 anak (sangkar ular)
- Kelompok IV 3 anak (klinik binatang)
* Pijakan sebelum bermain
- Bercerita perihal : binatang buas
- Kosakata : hutan, sangkar, klinik binatang.
- Gagasan memakai bahan : menginspirasi wacana bangunan yg akan dibuat.
- Mendiskusikan pembagian kelompok.
- Aturan main :
- 1. Membangun di atas ganjal
- 2. Membangun jauh dr rak balok
- 3. Mengucapkan permisi bila melalui bangunan sahabat
- Merancang transisi urutan main 2 variabel : kalangan yg terdiri dr ….. anak yg akan membangun …. boleh bermain apalagi dahulu.
* Pijakan ketika main :
- Mengobservasi & mendokumentasikan perilaku bermain anak
- Memperluas bahasa anak dgn menanyakan beberapa hal ihwal aktivitas main yg sedang dilaksanakan
- Mendukung & mempertinggi kemampuan anak dengan-cara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dr bangunan anak.
- Memberi motivasi / dorongan khususnya pada anak yg condong pasif.
* Pijakan sehabis main
- Mempersilakan anak mengembalikan balok & asesoris ke daerah semula
- Mengulas kembali aktivitas main & membuatkan cerita.
- Memperkuat perilaku anak yg kasatmata
09.20 – 09.45 Makan bekal & pulang
Pesan-pesan untuk acara esok hari.