close

Ciri Kebahagiaan Dan Kebinasaan Seseorang

Ciri Kebahagiaan dan Kebinasaaan Seseorang

 

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan:

Diantara ciri kebahagiaan dan keberuntungan yakni kalau seorang hamba semakin bertambah ilmunya kian bertambah pula tawadhu’ dan sifat kasih sayangnya. Semakin bertambah amalnya, kian berkembangpula rasa takut dan kehati-hatian dirinya.

Semakin bertambah umurnya kian berkuranglah ambisinya. Semakin bertambah hartanya makin bertambah pula kedermawanan dan kegemarannya untuk membantu. Semakin bertambah kedudukannya kian dekatlah beliau dengan orang-orang dan makin suka menunaikan keperluan-keperluan mereka serta rendah hati terhadap mereka.

Dan Diantara ciri kebinasaan ialah bahwa semakin bertambah ilmunya kian bertambah pula arogansi dan kecongkakan dirinya. Semakin bertambah amalnya semakin bertambah pula arogansi dan suka meremehkan orang lain, sementara dia senantiasa bersangka baik kepada dirinya sendiri.

Semakin berkembangkedudukan dan statusnya kian bertambah pula arogansi dan kecongkakan dirinya.

Perkara-masalah ini semua yakni ujian dan cobaan dari Allah untuk menguji hamba-hamba-Nya; sehingga akan ada sebagian orang yang berbahagia dan sebagian yang lain menjadi binasa karenanya.

(Al-Fawa’id tahqiq Basyir Muhammad ‘Uyun, hal. 277)

SUMBER TERTERA :

Oleh: Pusat Buku Sunnah

Share yuk mudah2an teman anda mendapat manfaat ilmu dari status yg anda bagikan dan menjadi pembuka pintu amal kebaikan bagi anda.. aamiin

—-
✏ Gabung Yuk bareng Grup Untaian Penuh Hikmah PBS di :

Web : PusatBukuSunnah.com
FB : Pusat Buku Sunnah
IG : pusatbukusunnah
Line Id : hikmahpbs
Channel Telegram : hikmahsunnah
BB : 5E02C278 (Pin Bb ke Delapan)
WA : 089695566880 ketik [Gabung PBS29

  Pelukis Thomas Kinkade Bikin Dunia Disney Terlihat Lebih Indah Dibandingkan Dengan Filmnya