close

Bolehkan Kita Iseng Membaca Zodiak ?

 Ilmu astrologi, yang menghubungkan rasi bintang dengan huruf manusia dinamakan ilmu nujum. Rasulullah Shallallahu’alaihi wasalam menggolongkan selaku cabang ilmu sihir alasannya menebak-nebak hal ghaib yang Allah rahasiakan.

‘’Siapa yang mempelajari ilmu nujum,memiliki arti ia sudah mempelajari sepotong bab ilmu sihir. Semakin ia dalami, bertambah banyak ilmu sihir pelajari.’’ ( HR. Ahmad, Abu Daud,Ibnu Majah ).

Mereka menggunakannya untuk meramal, tidak beda dengan dukun peramal. Sehingga yang mendatanginya dihukumi sebagaimana yang mendatangi dukun.

BAHAYA MEMBACA ZODIAK

Para ulama mengharamkan keras zodiak. Sampaipun cuma sebatas membaca untuk iseng, hukumnya terlarang dan terancam tidak diterima shalatnya. Nabi Shallallhu’alaihi wa sallam pernah berpesan, ‘’ Barangsiapa yang MENDATANGI tukang ramal, maka shalatnya selama 40 hari tidak diterima’’. (HR. Muslim 2230 ).

Syaik Sholih Alu Syaikh –hafizhohullah- menyampaikan,’’ Jika seseorang membaca halaman suatu Koran yang berisi zodiak yang tepat dengan tanggal kelahirannya atau zodiak yang dia anggap cocok, maka ini layaknya mirip mengunjungi dukun, akhirnya Cuma sekedar membaca semacam ini yakni tidak diterimanya shalatnya selama 40 hari sedangkan jika seseorang hingga membenarkan zodiak tersebut,maka ia bermakna sudah kufur kepada Al-Qur’an yang sudah diturunkan terhadap Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam . ( Lihat At Tahmid Lisyarh Kitabid Tauhid oleh Syaikh Sholih Alu Syaikh pada Bab ‘’Maa Jaa-a fii Tanjim’’, hal 349 )

Syaikh berdalil dengan sabda Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam . ‘’ Barangsiapa yang mengunjungi dukun atau tukang ramal, kemudian ia MEMBENARKANNYA , maka ia bermakna telah kufur pada Al-Qur’an yang sudah diturunkan pada Muhammad.’’ ( HR. Ahmad no 9532,hasan )

Menyadari bahaya yang telah disampaikan, dan potensinya jatuh kepada dosa terbesar yakni syirik, yuk ita jauhi ruplik zodiak ataupun tayangan sejenisnya di media cetak dan elektro,sekalipun niat kita HANYA SEKEDAR ISENG.
Allahu’alam.

  Tahukah Kamu Keunggulan Masing-Masing Nabi Allah Ta'ala ??

Sumber :
via@alhikmahjkt/ konsultasisyariah.com
Berdakwah @LINE