Nasab dan Kelahiran dia, serta Perjalanan dia dalam Menuntut Ilmu
Beliau adalah Syaikhul Islam Taqiyuddin Ahmad bin Syaikhul Islam Al-Imam Syihabuddin Abdul Halim bin Al-Imam Al-‘Allamah Majduddin Abul Barakaat Abdus Salam bin Abu Muhammad Abdullah bin Abul Qasim Al-Khidhr bin Muhammad Al-Khidhr bin Ali bin Taimiyah Al-Harrani.
Taimiyah sendiri ada yang mnegatakan, bahwa beliau ialah ibu dari buyut perempuan dia, yang mana beliau yakni serorang pemberi pesan tersirat. Dan nasab keluarga ia populer disandarkan kepada Taimiyah ini. Dan ia pun juga risikonya masyhur dengan nama Ibnu Taimiyah.
Beliau dilahirkan di kota Harran, pada hari senin, tanggal 10 atau 12 Rabiul awal tahun 661 hijriyah.
Pada tahun 667 beliau beserta keluarga beliau hijrah ke Damaskus, akibat serangan kaum Tartar kenegeri kelahiran ia.
Keluarga beliau ialah keluarga yang penuh berkah, diliputi dengan ilmu As-Sunnah. Beliau terdidik sejak kecil dalam lingkungan ulama. Ayahanda dia seorang Imam dimasanya, seorang ahli pedoman kenamaan dan hakim di negerinya. Ayahanda ia juga seorang penulis, khatib, muhaqqiq, serta memiliki kesanggupan dalam bidang ilmu faraidh dan al-hisab. Beliau mempunyai daerah berupa dingklik kehormatan untuk mengajar dan memberi nasihat, dan ia menjadi syaikh di Daar Al-Hadist As-Sukkariyah.
Terlebih lagi kakek beliau Majduddin Ibnu Taimiyah. Beliau adalah seroang andal fiqh kenamaan mazhab Hanabilah dan termasuk ulama besar mazhab Hanabilah abad itu, diantara karya ilmiyah kakek ia, yakni kitab Al-Muntaqa min Ahaadits Al-Ahkam serta Al-Ahkam Al-Kubra.
Demikian juga saudara-saudara beliau, yang berjumlah tiga orang, kesemuanya yaitu ulama yang masyur dengan ibadah dan kezuhudan mereka, mereka adalah Syarfuddin Imam Abdullah spesialis fiqh kenamaan , Zainuddin Abdurrahman dan Badruddin Muhammad.
Allah Ta’ala sudah memberi rizki dan karunia kepada ia berupa ingatan yang tajam, akal yang hidup, dan pemahaman dan lurus.
Al-Bazzar menyampaikan, “Allah telah mengaruniai dia dengan kekuatan da kecepatan hafalan, dan lambat terlupa, tidaklah ia menelaah sesuatu ataukah mendengarkansesuatu kecuali akan tertanam didalam kenangan beliau, baik itu lafazhnya atau maknanya, sepertinya ilmu sudah menyatu dengan darah daging beliau.”
Diawal ia menggeluti ilmu syara’, ia mendalami ilmu fiqh dan bahasa Arab di majlis Asy-Sayikh Ibnu Abdil Qawi rahimahullah. Setelah dia memahaminya, beliau kemudian menggeluti kitab-kitab Sibawaih dalam ilmu Nahwu. Kemudian ia menekuni ilmu Tafsir, Ushul Fiqh dan ilmu-ilmu lainnya, saat itu usia beliau berulah beberapa belas tahun, namun ia sudah memenangkan ulama yang ada dizaman beliau.
Di usia akil balig cukup akal, sepeninggal ayahanda beliau, yang ialah salah seorang imam dan pemuka mazhab Hanabilah, beliau telah mengambil alih sejumlah pekerjaan ayahanda dia dan sejak itulah dia menjadi masyhur ditengah-tengah ulama di masa itu.
Keluasan Ilmu Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah telah mendulang nyaris –bahkan telah mendulang semua- hakikat dan kandungan ilmu-ilmu syara’. Seorang alim yang mahir dalam disiplin ilmu Fiqh dan Ushul, usulan-pendapat ia dalam bidang Fiqh dan Ushul telah menjadi tumpuan oleh ulama dizaman ia maupun setelahnya. Dalam ilmu Tafsir dan Ulumul Qur’an, dia ialah salah satu diantara ayat-ayat Allah yang telah memperlihatkan keajaiban ciptaan-Nya. Terlebih dalam ilmu Aqidah dan As-Suluk, dalam persoalan-dilema Tauhid, ia yakni Mujaddid, Syaikhul Islam, Murabbi, Mujahid bil-lisan dan goresan pena. Beliau yakni tumpuan utama dalam Aqidah dan Tauhid. Dan juga dalam ilmu Al-Lughah Al-‘Arabiyah, Balaghah, Adab dan Syair, kemahiran beliau tiada duanya.
Demikian juga dalam mengatakan tentang Al-Firaq dan Al-Adyaan (teologi dan kalangan-golongan keagaaman), tentang Sirah dan Tarikh (sejarah), ekspresi ia fasih mengalir menuju sumber yang tepat. Dalam Ilmu Hadist, dia yakni imam. Demikian pula ia menggeluti ilmu-ilmu falsafah, mantiq, ilmu kalan, hisab, aljabar, ilmu falak, kedokteran, kimia, geografi dan ilmu-ilmu yang lain.
Keluasan dan kematangan beliau dalam setiap bidang ilmu, sampai sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Adz-Dzahabi, “Beliau telah memenangkan setiap ulama, dalam mengenal ilmu fiqh dan ikhtilaf/perbedaan mazhab-mazhab serta fatawa ulama teman dan tabiin. Dimana beliau dalam ajaran ia, sama sekali tidak bergantung dengan mazhab tertentu, tetapi sesuai dengan dalil syara’.”
Juga beliau berkata, “Beliau sosok yang sangat mengagumkan dalam penguasaan ilmu hadits. Adapun dalam menghafal matan-matan kitab Ash-Shahih, dan sebagian besar matan-matan kitab As-Sunan dan Al-Musnad, tidaklah aku pernah menyaksikan seseorang yang hampir setara dengan ia.”
Beliau juga dalam disiplin ilmu menyeru terhadap ittiba’ (meneladani dan mengikuti sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan berlepas dari jerat-jerat taklid dan fanatisme.
Pujian Ulama terhadap beliau
Asy-Syaikh Al-Hafizh Kamaluddin Ibnu Az-Zamlakaani, menggubah suatu syair, yang didalamnya terdiri dari selaku berikut,
Apakah yang hendak di ucapkan oleh mereka yang menyifati beliau
Sementara sifat-sifat ia sangatlah agung tiada terhitung
Beliau yaitu hujjah Allah yang tegak
Beliau diantara kami yakni keajaiban zamannya
Beliau tiada lain yaitu ayat yang sangat terang bagi seluruh makhluk
Kemilau cahaya beliau melampaui kemilau fajar
Asy-Syaikh Al-Hafizh Al-‘Allamah Imam Al-Jarh wat-Ta’dil di era itu, salah seorang syaikh dan juga murid ia, Abul Hajjaj Al-Mizzi menyampaikan, “Tidaklah aku pernah melihat seorang semisal dengan beliau, dan diapun tidak meliaht seorangpun yang semisal dengannya. Tidak seorangpun yang saya ketahui lebih mengenali ihwal Kitabullah dan sunnah Rasul-Nya, dan lebih tunduk dalam mengikuti kedua sumber hukum itu selain beliau.”
Asy-Syaikh Al-‘Allamah Ibnu Daqiq Al-‘Ied, sudah ditanya tentang diri dia, sesudah ia berjumpa dengan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, “Saya telah menyaksikan seseorang yang mana ilmu-ilmu Islam mengalir di kedua pelupuk matanya, ia dapat mengambil yang dikehendakinya dan meninggalkan apa yang dikehendakinya …”
Al-Hafizh Ibnu Sayydinnas berkata, “Sungguh aku mendapatkan seseorang yang menguasai keseluruhan ilmu-ilmu syariat, nyaris-nyaris saja dia menguasai As-Sunnah dan atsar-atsar Salaf dengan hafalan dia, jika dia menguraikan tafsir ayat, dialah sang pakar dalam tafsir, bila dia berfatwa dalam persoalan fiqh, maka beliaulah yang telah meraih puncaknya. Dan jikalau beliau menyebutkan hadits, beliaulah yang ialah pemilik ilmu hadits yang mengerti riwayat hadits. Jika dia mengambarkan perihal kelompk-kelompok dan sekte-sekte keagaamaan, tiada seorangpun yang lebih luas jangkauannya dari ia dalam mengupas sekte-sekte keagaaman, dan tiada yang lebih tinggi dari dia dalam ulasan dan telaah ia.
Beliau sudah meraih kepiawaian pada setiap bidang keilmuan diatas orang-orang yang semisal beliau. Tidaklah mata semua orang yang menyaksikan dia pernah bertemudengan yang semisal beliau, dan pandangna mata beliau sendiri tidak pernah meihat yang semisal dengan beliau.”
Asy-Syaikh Kamaluddin Ibnu Az-Zamalkaani mengatakan, “Apabila beliau ditanya perihal sebuah ilmu, yang menyaksikan dan mendengar beliau akan menyangka bahwa ia tidaklah mengenali selain ilmu itu, dan akan mengklaim bahwa tiada seorangpun yang mengetahui ilmu tersebut setara dengan beliau. Dan para fuqaha’ dari setiap mazhab, kalau duduk di majlis beliau akan mengambil beberapa manfaat berkaitan dengan mazhab mereka. Tidaklah dia mengadakan perdebatan dengan seseorang lantas orang tersebut akan mengalahkan dia, dan tidaklah dia menguraikan salah satu dari ilmu-ilmu syariat ataukah selanya, kecuali dia akan mengungguli pakar dibidang ilmu tersebut. Pada diri dia sudah terkumpul syarat-syarat ijtihad yang sesuai..”
Asy-Syaikh Imaduddin Al-Wasithi mengatakan, “Demi Allah,, dan demi Allah, tidaklah terlihat di bahwa naungan langit semisal dengan syaikh kalian Ibnu Taimiyah, dari sisikeilmuan, amal, hal wacana dia, budbahasa dan dalam ittiba’/mengikuti as-sunnah.”
Asy-Syaikh Al-Muarrikh Ibnu Al-‘Imad berkata, “Beliau ialah seorang yang sudah menguasai ilmu ushul fiqh, faraidh, hisab, serta ilmu-ilmu yang lain. Dan beliau juga meneliti ilmu kalam dan filsafat dan ia memenangkan para spesialis kedua ilmu tersebut, dan ia menyanggah paa pembesa dan penghulu ilmu kalam dan filsafat.”
Al-Bazzar berkata, “Setiap karya beliau –alhamdulillah- sudah menampakkan kebenaran atas kebatilan bagi yang memiliki nurani, dan dengan taufik dari Allah ia membantah segala bid’ah dan akal sesat mereka, makar dan hawa nafsu mereka, disertai dengan dalil-dalil syara’ dengan tata cara akal yang sempurna. Hingga dia sudah menjawab setiap kerancuan mereka dengan banyak tanggapan yang sangat jelas dan terperinci. Jawaban yang mampu dianalisa oleh siapa pun yang memiliki akal yang sehat, dan ketepatan jawaban ia dipersaksikan oleh setiap yang akil baik.”
Lalu ia –Al-Bazzar- juga menyampaikan, “Beliau telah menguasai pendapat-pertimbangan para mahir kalam dan menyanggah mereka, serta memperingatkan akan kesalahan mereka dan dari merekan sendiri. Beliau telah membantu As-Sunnah dengan arguemntasi-alasan yang sungguh jelas dan dengan penjelasan-penjelasan yang menawan .”
Guru-guru beliau
Dalam perjalanan dia belajar, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah sudah bertemudan hadir dimajlis ulama-ulama besar di Damaskus. Guru-guru ia mencapai hampir dua ratus ulama dan imam dimasa itu, diantara mereka;
1. Zainuddin Ahmad bin Abdu Ad-da`im Al-Maqdisi
2. Al-Majd Muhammad bin Ismail bin Utsman bin Muzhaffar bin Hibatullah Ibnu ‘Asakir Ad-Dimasyqi
3. Abdurrahman bin Sulaiman bin Sa’id bin Sulaiman Al-Baghdadi
4. Muhammad bin Ali Ash-Shabuni
5. Taqiyuddin Ismail bin Ibrahi bin Abi al-Yusr
6. Kamaluddin bin Abdul Azis bin Abdul Mun’im bin Al-Khidhr bin Syibl
7. Saifuddin Yahya bin Abdurrahman bin Najm bin Abdul Wahhab Al-Hanbali
8. Al-Mu`ammil bin Muhammad Al-baalisi Ad-Dimasyqi
9. Yahya bin Abi Manshur Ash-Shairafi
10. Ahmad bin Abu Al-Khair Salamah bin Ibrahim Ad-Dimasyqi Al-Hanbali
11. Abu Bakar bn Umar bin Yunus Al-Mizzi Al-Hanafi
12. Abdurrahim bin Abdul Malik bin Yusuf bin Qudamah Al-Maqdisi
13. Al-Muslim bin Muhammad bin Al-Muslim bin Muslim bin Al-Khalaf Al-Qiisi
14. Al-Qasim bin Abu Bakar bin Al-Qasim bin Ghunaimah Al-Irbili
15. Ibrahim bin Ismail bin Ibrahim Ad-Darji Al-Qurasyi Al-Hanafi
16. Al-Miqdad bin Abu Al-Qasim Hibatullah Al-Qiisi.
17. Abdul Halim bin Abdus Salam bin Taimiyah, ayahanda dia
18. Muhammad bin Abu Bakar Al-‘Amiri Ad-Dimasyqi
19. Ismail bin Abu Abdillah Al-‘Asqalaani
20. Taqiyuddin Ismail bin Ibrahim bin Abu Al-Yusr At-Tannukhi
21. Syamsuddin Abdullah bin Muhammad bin Atha` Al-Hanafi
22. Syarfuddin Muhammad bin Abdul Mun’im Al-Qawwas
23. Muhammad bin Amir bin Abu Bakar Ash-Shalihi
24. Ahmad bin Syaiban bin Haidarah Asy-Syaibani Ash-Shalihi Al-‘Aththar
25. Jamaluddin Ahmad bin Abu Bakar Al-Hamawi
26. Yusuf bin Ya’qub Al-Mujaawir
27. Ummu Al-‘Arab Fathimah bintu Abil Qasim Ali bin Asakir
28. Ummu Al-Khair bintu Al-‘Arab bintu Hayyi bin Qaayamuz Ad-Dimasyqiyah Al-Kindiyah
29. Zainab binti Makki bin Ali bin Kamil Al-Harrani
30. Zainab binti Ahmad bin Umar bin Kamil Al-Maqdisiyah
Murid-murid dia
Kepribadian dan budbahasa keilmuan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, yang dimasa itu tiada seorangpun yang sebanding dengan beliau, telah menawan banyak para alim serta imam besar dizaman itu, dalam ragam disiplin keilmuan mereka untuk mendengarkanmajlis Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Diantara banyak murid-murid dia yang mengagumi dan menyayangi beliau, telah hadir pula dimajlis ia ulama, qadhi, serta wa’izh –penasihat/penceramah- yang masyhur yang merupakan ulama yang sezaman dengan dia.
Diantara murid-murid kenamaan dia,
1. Al-Imam Ar-Rabbani Al-‘Allamah Al-Hafizh Muhammad bin Abi Bakar Ibnul Qayyim Al-Jauziyah, murid terdekat syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
2. Al-Imam Syamsuddin Adz-Dzahabi, muarrikh Islam, seorang hadizh hadits, penulsi kitab Siyar A’laam An-Nubala, Tarikh Islam, Tadzkirah Al-Huffazh dan lain sebagainya.
3. Al-Hafizh Al-Kabiir Al-Mufassir ‘Imaduddin Abul Fida` Ismail bin Umar bin Katsir Al-Qurasyi Ad-Dimasyqi, penulis kitab Al-Bidayah wan-Nihaya dan Tafsir serta kitab-kitab lainnya. Beliau sudah mengalami siksa dalam pembelaan ia terhadao Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.
4. Al-Hafizh Muhammad bin Ahmad bin Abdil Hadi, penulis Al-‘Uqqud Ad-Durriyah min Manaaqib Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.
5. Imam Al-Huffazh Abul Hajaj Jamaluddin Al-Mizzi, Syaikh Al-Jami’ah Al-‘Uraiqah Daar Al-Hadist Al-Asyrafiyah, penulis kitab acuan dalam ilmu ar-Rijal (biografi perawi hadits), yaki Tahdzib Al-Kamaal.
6. ‘Imaduddin Ahmad bin Ibrahim Al-Hizaam
7. Al-Faqih Syarfuddin Muhammad bin Muhammad bin An-Nujaih Al-Harrani
8. Asy-Syaikh Syarfuddin Muhammad bin Al-Munjaa At-Tannukhi Al-Hanbali.
9. Al-Muhaddits Asy-Syaikh ‘Afifuddin Ishaq bin Yahyah Al-Aamidi Al-Hanafi, syaikh Daar Al-Hadist Azh-Zhahiriyah.
10. Asy-Syaikh Abdullah bin Musa Al-Jazari, salah seorang yang mulazamah lama terhadap dia.
11. Al-Hafizh Alamuddin Al-Barzali, muarrikh Syam, dia inilah yang menimbulkan Adz-Dzahabi mengasihi ilmu hadits.
12. Alim Baghdad Shafiuddin Abdul Mukmin bin Abdul Haq Al-Hanbali
13. Asy-Syaikh Abdullah bin Rasyiiq Al-Maghribi, penyalin karya-karya ilmiyah Syaikhul Islam
14. Al-Hafizh Abu Hafsh Umar bin Ali Al-Bazzar Al-Baghdadi, penulis kitab Al-A’laam Al-’Aliyah fii Manaaqib Syaikhil Islam Ibnu Taimiyah.
15. Asy-Syaikh Jamaluddin Abdullah bin Ya’qub bin Sayyidihim Al-Iskandari,yang masyhur dengan nama Ibnu Ardabiin, salah seorang yang paling banyak menyalin anutan-ajaran dan karya ilmiyah Syaikhul Islam.
16. Al-Hafizh Al-Qadhi Syamsuddin Muhammad bin Muflih Al-Hanbali, faqih mazhab Hanabilah.
17. Al-Mufti Zainuddin Ubadah bin Abdul Ghani Al-Maqdisi Ad-Dimasyqi
18. Al-Faqih Zainuddin Abdurrahman bin Mahmud Al-Ba’lii
19. Asy-Syaikh Al-Wa’izh ali bin Ahmad bin Al-Muharifii Al-Hilali
20. Dan banyak lagi murid-murid dia yang telah mengambil manfaat dan menjadi ulama besar sepeningal ia rahimahullah.
Beberapa perkataan dan kepribadian Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
– Keagungan eksklusif Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah sebagai seorang Mujahid dengan ekspresi dan goresan pena.
“Ulama yakni pewaris para Nabi”, demikian dalam suatu hadits yang shahih, dan syaikhul Islam Ibnu Taimiyah seorang Alim Rabbani sudah menunjukkan hal tersebut. Beliau sudah mewujudkan ilmu daalam amal dan dakwah serta keteguhan dia dalam setiap gangguan dan siksa serta makar dan tipu daya, layak dijadikan teladan dan contoh sesudah para Nabi serta sahabat radhiallahu ‘anhum.
Beliau sudah menegakkan amar makruf nahi munkar, jihad dengan mulut dan tulisan, tashfiyah dan tarbiyah di shaf-shaf kaum muslimin, jihad melawan munafiqin, para pengikut hawan nafsu danjuga ahli bid’ah serta jihad melawan kekufuran dan kesyirikan.
Ibnu Katsir mengisahkan, “Bahwa terkadang dia bersama murid-murid dan sobat ia keluar mengunjungi para pelaku kemungkaran mengunjungi para pencandu lubuk kejelekan yakni khamar, mereka merusak botol-botol danbejana khamar, mereka menghalau beberapa diantara mereka sampai kaum muslimin bergembira dengan amal mereka itu.”
Sementara kepada pelaku bid’ah, para penyeru terhadap penyelisihan terhadap As-Sunnah, dari kelompok-golongan Sufi, pengikut thariqat-thariqat Bathinyah, sekte Rafidhah, sekte-sekte jago kalam dan filsafat, … kitab-kitab beliau adalah saksi yang terus mengungkap perjuangan dan jihad dia menghadapi mereka.
Dengan argumentasi dalil yang mempesona, hujjah yang tertib dan kuat tak tergoyahkan, akal dan pandangan ia yang luas kedepan, … disertai keinginan ia untuk menasihati mereka serta menjadi kemurnian agama Islam serta kaum muslimin. Menjadikan mereka, para ahlul bid’ah dan kemunkaran ini panik dan bersembunyi dibalik penguasa masa itu, melaksanakan makar dan akal bulus mereka secara sembunyi-sembunyi, fitnah dan tuduhan keji dilontarkan kepada langsung agung Ahmad bin Abdil Halim Ibnu Taimiyah. Hingga makar dan akal bulus mereka berkembang menjadi kezhaliman yang konkret terhadap eksklusif Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, yang mana beliau lalu di penjarakan oleh penguasa di era itu.
Namun bukan memiliki arti jihad dan pesan tersirat beliau berhenti, Ibnu Abdil Hadi, salah seorang murid dia mengisahkan, “Dan ketika dia dimasukkan kedalam penjara, ia menjumpai para tahanan yang merepotkan diri dengan ragam permainan yang melupakan jiwa, mereka terbuai dengan permainan mereka tersebut, mirip permainan catur dan dadu dan permainan yang lain yang melewatkan seseorang dari ibadah shalat. Kemudian ia mengingkari mereka dengan pengingkaran yang sungguh tegas, dan menyuruh mereka untuk rajin mengerjakan shalat, menghadapkan diri kehadapan Allah dengan amal-amal shalih, tasbih, istigfar, berdoa, dan ia juga mengajarkan mereka kasus as-sunnah yang mereka butuhkan dan mendorong mereka untuk melakukan amal-amal kebaikan dan merekomendasikan mereka tindakan semacam itu.
Hingga penjara tersebut, yang dipenuhi dengan aktivitas pada ilmu syara’ dan mempelajari agama Islam lebih baik dari pada sudut-sudut masjid, daerah-kawasan peribadatan, tempat-tempat penempaan dan madrasah-madrasah daerah pembelajaran Islam. Bahkan sebagian besar tahanan, jikalau mereka telah menerima keleluasaan mereka, mereka lebih menentukan untuk menetap bersama dengan sang Guru Ibnu Taimiyah, serta sangat banyak yang keluar masuk menjenguk ia, hingga penjara tersebut penuh sesak dengan mereka …”
– Syaikhul Islam seorang Mujahid Islam dihadapan kaum Kafir dan Zindiq
Demikian pula dengan perilaku ia dihadapan kaum zindiq dari sekte Rafidhah dan sekte Nushairiyah serta sejumlah sekte-sekte Bathiniyah. Ibnu Katsir rahimahullah menyebutkan, bahwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah telah mendatangi kampung kediaman mereka bersama dengan teman beliau, dan meminta semoga mereka segera bertaubat dan mengharuskan mereka untuk kembali kepada syariat Islam.
Dan ketika mereka mengingkari persetujuanyang harus mereka jalani, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah keluar bersama dengan pasukan kaum muslimin di bawah pimpinan wakil sultan untuk memerangi dan membasmi mereka, sampai Allah menurunkan sumbangan-Nya kepada kaum muslimin. Dimana Syaikhul Islam sendiri sudah turut berperang dikala itu.
Demikian pula, diantara pola kepahlawanan ia rahimahullah, adalah disaat pembebasan kawasan Akkah dari tangan kaum Salibis. Saat itu usia Syaikhul Islam belumlah mencapai usia tiga puluh tahun. Beliau telah menjadi bahan omongan diantara pasukan kaum muslimin, dijadikan sebagai acuan keberanian dan keteguhan hati di medan perang, hingga seseorang akan menjadi lelah dan terbuai dengan sifat-sifat seorang mujahid pada diri Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.
Dan juga berkata amal dia, keikut sertaan ia dalam musyawarah dan persepsi jeli dia, kota Akkah berhasil direbut oleh kaum muslimin.
Sedangkan kisah ia menghadapi kaum Tartar, cerita yang masyhur sudah dicatat dengan tinta emas oleh sejarah Islam. Dipenghujung era ke tujuh hijriyah diawal kala ke delapan hijriyah, kaum Tartar telah melaksanakan beberapa invasi ke sejumlah daerah di Syam, dibawah pimpinan mereka Qazhan Khan. Mereka merampas harta benda, menahan kaum wanita, merusak ketenangan kaum muslimin, sementara mereka sendiri mendakwahkan diri mereka selaku kaum muslimin. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dengan beberapa ulama dan tokoh ternama lantas menjumpai Qazhan Khan di pintu masuk kota Syam.
Lantas dia berbicara dengan lantangnya dihadapan pemimpin Tartar tersebut dengan bunyi yang keras dan terperinci, menegur dan memperingatinya, diantara yang dia katakan, “Wahai anda yang menduga selaku seorang muslim, yang datang diserta qadhi, imam dan syaikh –sebagaimana yang hingga terhadap kami-, anda tiba memerangi kami, sementara ayah dan kakekmu yang keduanya dalam kekafiran, tidaklah melaksanakan apa yang engkau kerjakan. Mereka berdua berjanji dan menepati janjinya, tetapi engkau prospektif sesuatu lalu engkau mengingkarina, engkau berkata, tetapi engkau sama sekali tidak menepatinya dan melanggarnya …”
Hal inilah yang menimbulkan Qazhan Khan kesengsem dengan langsung beliau serta kesabaran perilaku dan hati dia, dan memberikan beliau kedudukan di Harran, namun Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menolaknya. Demikianlah beliau keluar menjumpau pemimpin Tartar dengan sarat kemuliaan dan keagungan dan Allah menjaga darah kaum muslimin berkat dia.
Akan namun kaum Tartar tetap saja berdiam di pintu Damaskus, dimana penjaga pintu Damaskus telah menyerahkanya kepada mereka. Selama seratur hari Qazhan Khan menyeru dalam khutbahnya kepada para prajuritnya. Orang-orang yang dalam hatinya terdapat penyakit yang berdiam didalam kota Damaskus, menyebar fitnah dan keragu-raguan ditengah-tengah kaum muslimin, hingga kaum muslimin berada dala ketakutan, mata dan hati mereka gelisa layaknya menanti akhir hayat, dugaan mereba menutupi hati-hati mereka, kaum muslimin betul-betul dalam kebimbangan dan ketakutan yang amat sangat, sampai banyak yang meninggalkan kota Damaskus.
Adalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah sama sekali tidak meninggalkan Damaskus. Beliau di masjid Jami’ Damaskus, duduk di majlis dia membangkitkan semangat kaum muslimin, melarang mereka untuk melarikan diri dan meninggalkan kota Damaskus, mendorong mereka untuk bersiap dengan jihad fi sabilillah dengan harta dan jiwa mereka. Beliau dimajlis-majlis ia mneyeru wajibnya memerangi kaum Tartar, setiap pelajaran bahkan khutbah ia, ia menyadarkan umat Islam dari keterpedayaan mereka akan dunia menuntun mereka menuju kampung darul baka yang baka dengan jihad fii sabilillah. Dan mengingatkan terhadap umat Islam bahwa perhentian terakhir yaitu alam baka.
Tidak itu siang, malampun dia berkeliling menyemangati kaum muslimin untuk bersiap berjihad dan memerangi kaum Tartar. Agar mereka juga bersabar dan mengingatkan akan keistimewaan selaku syahid disisi Allah.
Lalu dia juga, bersafar menuju Mesir, mengingatkan para pemimpin kaum muslimin, menegur sang Sultan, biar melihat ke Syam, membela kaum muslimin dan melindung kaum muslimah. Diantara ucapan ia terhadap para pemimpin kaum muslimin di Mesir, “Sesungguhnya bila kalian berpaling dari Syam, pasti akan kami dirikan suatu kesultanan di Syam, yang akan menjaga dan melindungin dan menghadirkan zaman yang tentaram… Sekiranya kalian bukanlah penguasa Syam dan bukan pula Raja yang mengayominya, kemudian masyarakatSyam meminta pertolongan terhadap kalian, wajib bagi kalian untuk membantu mereka. Bagaimana lagi, jika kalian yaitu pemimpin dan sultan penguasa Syam, dan mereka yaitu rakyat kalian dan kalian penanggung jawab mereka ?”
Pesona dan keagungan ucapan dan eksklusif Syaikhul Islam yang mengagumkan tersebut, melahirkan jihad yang amat besar untuk meghadapi kaum Tartar. Pada awal bulan Ramadhan, tahun 702 hijriyah, kedua pasukan tersebut sudah berhadap-hadapan di daerah berjulukan Syaqhab. Pasukan kaum muslimin dengan jumlah yang jauh lebih sedikit sudah dinanti dengan kedigdayaan dan pengalaman serta jumlah yang sungguh besar pasukan Tartar. Kiranya dikala itu, tiada tunjangan bagi kaum muslimin bagi mereka kecuali dari Allah Ta’ala. Dan inilah yang diyakini oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, bukankah Allah sudah menunjukkan tunjangan kepada Musa ‘alahis salam, kepada Daud ‘alaihis salam dan betapa banyak pasukan yang sedikit dapat mengalahkan pasukan yang jumlahnya berlipat-lipat ?
Tawakkal dan iman yang sungguh tinggi ditunjukkan oleh Syaikhul Islam dikala itu, dogma bahwa Allah akan menurunkan pertolongan-Nya terhadap kaum muslimin. Beliau dengan penuh kemuliaan dan wibawa berlangsung mengelilingi pasukan kaum muslimin, bersumpah atas nama pencipta beliau, memastikan berkali-kali dengan sumpah atas nama Allah bahwa dukungan akan bareng dengan kaum muslimin …disaat syaithan menanamkan keraguan pada sebagian mereka …Hingga, seorang pemimpin pasukan, mengatakan terhadap Syaikhul Islam, menyela perkataan dan sumpah dia, “Wahai Ibnu Taimiyah, ucapkanlah insya Allah !!”
Maka ia berbalik dan berkata dengan penuh doktrin, “Insya Allah … tahqiqan –sebagai suatu yang niscaya- bukanlah penggantungan cita-cita semata.”
Beliau juga memfatwakan wajibnya berbuka puasa bagi seluruh kaum muslimin. Dalam pertempuran itu, Syaikhul Islam memperlihatkan kepiawaian dia selaku seorang petarung yang merepotkan beroleh tandingan, dengan keteguhan hati dan tawakkal, serta keinginan besar lengan berkuasa menerima kemuliaan syahadah disisi Rabb dia, contoh yang menakjubkan telah ditunjukkan oleh ia, Syaikhul Islam Mujahid Mujaddid Ibnu Taimiyah.
Dan benarlah perkataan ia, kemenangan berhasil diraih dengan gemilang oleh kaum muslimin, kaum Tartar terpukul mundur dan tidak lagi mengunjungi negeri Syam setelah itu. Murid-murid dan teman dia menyambut kedatangan Syaikhul Islam dengan bangga, disaat ia memasuk Damaskus, demikian pula masyarakatDamaskus menyambut kemenangan dengan kegembiraan dan kekaguman mereka pada sosok Ibnu Taimiyah rahimahullah.
– Cobaan, fitnah serta makar kepada Beliau rahimahullah
Sebagaimana sosok ulama Rabbaniyyiin, diamna Allah Ta’ala akan memberi cobaan terhadap mereka, untuk menjadi saksi akan keimanan dan keikhlasan mereka di dalam menegakkan agama Allah, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah satu diantara mereka. Ujian berbentukfitnah, makar, muslihat dari orang-orang yang hasad, yang haus akan kekuasaan dan kedudukan, merasa iri akan keseriusan dia dalam menegakkan amar makruf nahi mungkar, alasannya banyaknya pengikut dan sahabat yang cinta kepada ia, serta keteguhan ia diatas kebenaran, tidak tidak yakin dalam menolak kebatilan dan bid’ah, terlebih usul beliau untuk berlepas dari taklid, fanatisme kalangan dan mazhab serta pemurnian pemikiran Islam yang beliau serukan dari hari ke hari pada tiap-tiap majlis ia.
Terbilang tujuh kali beliau mengalami ujian dan fitnah dari mereka yang hasad kepada dakwah dan langsung ia semenjak tahun 798 hijriyah sampai fitnah terakhir yang ditimpakan kepada ia di tahun 726 Hijriyah.
Tahun 798 hijriyah, beliau menerima ujian dari kitab (Fatawa Al-Hamawiyah) yang dia tulis, tetapi tidak berapa usang, kebenaran terungkap dari goresan pena ia itu sendiri.
Tahun 705 hijriyah, sejumlah dilema-duduk perkara aqidah yang ia susun dalam Aqidah Al-Wasithiyah, selang dengan perdebatan ia dengan beberapa ulama, hingga dia dipenjarakan untuk kali kedua. Namun kemudian beliau dengan sarat kemuliaan di lepaskan dan kitab tersebut beroleh pengakuan di periode itu.
Dan juga saat beliau menuju Mesir pada tahun yang serupa, dimana para ulama Mesir melaksanakan makar hingga dia dipenjarakan kurang lebih setahun setengah. Hingga beliau dilepaskan oleh Ibnu Muhanna Amiir Al-‘Arab setelah mendapat izin dari Waliyul Amri.
Tahun 707, tipu muslihat kaum Sufiyah serta permusuhan mereka yang sungguh jelas, dan fitnah dan pengaduan mereka kepada penguasa bahwa Syaikhul Islam telah mencemarkan dan mencaci syaikh-syaikh mereka. Beliau kemudian dipenjarakan sampai ke Iskandaria, dan dua tahun kemudian ia dibebaskan oleh Sulthan Nashir, dan berminat untuk memberi akibat yang setimpal kepada musuh-lawan beliau. Kan namun Syaikhul Islam menasihati sulthan untuk berbuat baik kepada ulama, menghargai mereka dan tidak memperlakukan mereka dengan buruk dan memaafkan mereka.
Demikian pula sejumlah orang-orang yang bertabiat bergairah dan penuh pemrusuhan kepada Syaikhul Islam, sampai memperlakukan ia dengan jelek hingga menyakiti diri beliau. Namun dia tetap bersabar menghadapi hal tersebut.
Fitnah yang disebar oleh kaum fanatik mazhab, berkaitan dengan fatwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah seputar masalah talak. Tahun 718 hijriyah. Hingga ia di penjarakan di Qal’ah untuk pertama kalinya selama enam bulan.
Dan ujian ia yang terakhir, ialah berhubungan dengan pemikiran beliau wacana larangan bepergian secara khusus meniatkan safar ke kubur Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Tahun 726 hijriyah, dibulan Sya’ban tepatnya pada tanggal 16 bulan tersebut, dia dimasukkan kedalam penjara Qal’ah Damaskus. Dan dipenjara kota inilah beliau wafat. Kota dan penjara yang dulu dia pertahankan dan beliau bela dengan semangat dia, harta, darah bahkan telah merencanakan jiwa beliau dalam kancah jihad fii sabilillah dengan gagah berani dan kepahlawanan ia yang fantastis menghadapi kaum Tartar, sekarang menjadi kawasan ia menghembuskan nafas terakhirnya. Di dalam penjara yang sempit dan lembab tersebut, di mana menjadi saksi bisu kezhaliman musuh-lawan As-Sunnah kepada Syaikhul Islam, kurun tahanan beliau jalani dengan kesabaran, kegembiraan dan kelapangan hati, keridhaan dan hati yang tentram, bareng murid terkasih dia, Ibnul Qayyim Al-Jauziyah.
Beliau pernah berkata disaat dia berada di Qal’ah, “Sesungguhnya seorang yang terpenjara, yakni seseorang yang memenjarakan hatinya dari Rabbnya.”
Semoga Allah membalas ia dengan limpahan rahmat dan keabadian di Surga kelak, Amiin
– Tuduhan dusta terhadap Beliau rahimahullah
Adalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah seorang mujaddid, mujahid, imam dalam aneka macam disiplin ilmu syara’, seorang yang teguh dalam meniti syariat Allah dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, seorang yang tegak dalam membersihkan Islam dari segala kekufuran dan kemaksiatan dan mengembalikan syariat Allah terhadap asalnya yang hak, menghapus setiap noda-noda syirik dan khurafat dan dalam menghadapi setiap mazhab-mazhab batil dari kaum pengikut hawa nafsu dan bid’ah serta para fanatik mazhab tertentu.
Namun bukan berarti dia tidak menerima cobaan berupa fitnah dan kedustaan yang disandarkan oleh para fanatik mazhab tersebut diatas. Hanya saja Allah akan selalu membantu hamba-Nya yang berada diatas Ash-Shirath Al-Mustaqim, dan menyibak segala tuduhan dusta tersebut. Diantara tuduhan dusta yang disandarkan kepada ia, adalah tuduhan yang dilontarkan oleh Ibnu Bathuthah, seorang penjelajah yang semapt menjelajahi sejumlah besar negeri bahkan benua yang ada dialam ini. Didalam tulisan ia yang dimuat pada kitabnya Ar-Rihlah, Ibnu Bathuthah menyampaikan, “Waktu itu aku berada di Damaskus, dan menghadiri shalat jumat, dan beliau –Ibnu Taimiyah- sedang khutbah di atas minbar mesjid Al-Jami’ dihadapan kaum manusia, memperingatkan mereka semua. Dan diantara perkataan Ibnu Taimiyah, bahwa beliau berkata, “Sesunguhnya Allah turun ke langit dunia sebagaimana turunku ini.” Lalu diapun turun satu tangga dari anak tangga yang ada di minbar masjid tersebut.”
Sungguhlah pernyataan Ibnu Bathuthah ini cuma rekayasa dari dirinya balasan kebencian ia terhadap mazhab Ahlul hadits Ahlus Sunnah wal-Jama’ah. Ibnu Bathuthah sama sekali tidak pernah bertemu dan menyimak perkataan Ibnu Taimiyah. Dia datang di Damaskus pada hari kamis, tanggal 19 Ramadhan tahun 720 hijriyah. Sedangkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah telah dipenjara di penjara Qal’ah-Damaskus pada awal bulan Sya’ban pada tahun yang serupa. Dengan demikian teranglah kedustaan Ibnu Bathuthah –biar Allah mengampuninya-.
Dan juga satu hal yang perlu diketahui, Ibnu Bathuthah sendiri dalam kitab Rihlah-nya sarat dengan banyak riwayat-riwayat serta hikayat yang mengherankan, diantaranya terdapat hikayat dan riwayat yang tidak benar, baik dari sisi riwayat maupun akal. Dia hanya mengungkapkan apa yang ada dibenaknya semata, tanpa menelitinya terlebih lanjut. Diantaranya, cerita Ibnu Bathuthah yang mengatakan bahwa di tengah masjid Al-Umawi di Damaskus terdapat kubur Nabi Zakariya ‘alahis salam. Sedangkan yang makruf yakni kubur Nabi Yahya ‘alaihis salam. Demikian juga sejumlah pernyataan dia akan bolehnya bernazar terhadap Abu Ishaq jikalau terhantam tornado di tengah lautan, bolehnya mengutarakan nadzar di kubur, bolehnya mengemis di pintu-pintu para raja dan lain sebagainya, yang menunjukkan kedangkalan ilmu dan ketaqwaan si penulis kitab Ar-Rihlah tersebut. Jadi tidaklah mengherankan jikalau beliau juga sanggup mengarang suatu kisah yang tidak pernah terjadi semasa hidupnya, wallahul musta’an.
Selain itu pula yang perlu dimengerti, bahwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah tidak sekalipun dia bangun diatas minbar memberi hikmah, selaku sangkaan Ibnu Bathuthah. Murid-murid dia mirip Imam Adz-Dzahabi dan Ibnu Abdil Hadi yang mana keduanya lebih mengenali hal perihal guru mereka daripada Ibnu Bathuthah, menyampaikan, bahwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah hanya duduk disebuah dingklik, disaat memberi pelajaran dan pesan yang tersirat bagi kaum muslimin, tidaklah sekalipun beliau bangun diatas minbar.
Demikian juga dengan kedustaan yang sungguh aktual dari pernyataan Al-Kittani didalam Fahras Al-Fahaaris, dimana ia mengutip dari Abu Abdillah Al-Muqri, yang mengatakan tentang Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, “Bahwa ia memiliki sejumlah pernyataan yang tercela dalam memutuskan hadits An-Nuzul –turunya Allah kelangit dunia- sesuai dengan zhahir hadits, dan perkataan beliau –Ibnu Taimiyah perihal hadits tersebut, “mirip turunku ini.”
Dan semisal dengan pernyataan yang dikutip oleh Al-Kittani, senada juga dibilang oleh Abu Bakar Al-Hishani, yang menyampaikan bahwa Syaikhul Islam berkata, “Allah ber-istiwa` diatas Arsy-Nya sebgaimana istiwa` aku ini.”
Namun, pernyataan tersebut yakni pernyataan yang batil dan terbantahkan dengan tulisan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah sendiri dalam banyak kitab-kitab dia. Bahkan dia sendiri sudah menulis suatu kitab khusus berhubungan dengan hadits An-Nuzul –turunnya Allah dilangit dunia-, yang dia beri judul, [Syarah Hadist An-Nuzul], dimana beliau berkata, “Dan suatu yang harus diyakini, bahwa tiada sesuatupun yang semisal dengan Allah dalam setiap sifat yang Allah sudah sifatkan diri-Nya dengan sifat tersebut. Barang siapa yang menyifati Allah semisal dengan salah satu bagian sifat makhluk maka sebenarnya ia pasti sudah keliru. Seperti halnya seseorang yang mengatakan, bahwa Allah turun ke langit dunia dengan begitu Allah bergerak dan berpindah sebagaimana turunnya manusia dari atap ke dasar rumah, …”
Serta pertimbangan dia, yang menyanggah perkataan kaum yang menyerupakan sifat Allah dengan sifat-sifat makhluk-Nya (tasybih dan tajsiim), adalah pertimbangan yang sangat makruf dari ia sebagaimana dikenali bahwa pendapat tersebut yakni pendpat mazhab As-Salaf Ash-Shalih dari golongan teman dan generasi sehabis mereka. Pendapat beliau tersebut mampu dilihat didalam kitab Al-Aqidah Al-Wasithiyah, Fatawa Al-Hamawiyah, Risalah At-Tadmuriyah, Syarah hadits An-Nuzul, Dar`u At-Ta’arudh, Naqdhu At-Ta’ala’siis, Majmu’ Al-Fatawa dan kitab-kitab ia lainnya. Wallahul musta’an
Karya Ilmiah beliau
Karya ilmiyah yang diwariskan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah demikian banyaknya, dalam banyak bidang keilmuan. Walaupun sebagian besarnya berkisar pada bidang Aqidah. Ibnul Qayyim rahimahullah, menjumlah jumlah judul karangan ilmiyah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah sampai meraih tiga ratus tiga puluh tujuh karya ilmiyah.
Walaupun demikain ada yang mengatakan hingga seribu judul, ada yang mengatakan lima ratus judul dan lain sebainya.
Diantara kitab-kitab karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah,
1. Majmu’ Al-Fatawa (disusun oleh Ibnu Al-Qasim)
2. Dar`u At-Ta’arudh Al-‘Aql wa An-Naql
3. Minhaj As-Sunnah An-Nabawiyah
4. Naqdhu At-Ta`sis
5. Al-Jawaab Ash-Shahih liman Baddala Diin al-Masiih
6. Ar-Radd ‘ala Al-Bakrie (Al-Istighatsah)
7. Syarah Hadits An-Nuzul
8. Syarah Hadits Jibril (Al-Iman Al-Ausath)
9. Kitab Al-Iman
10. Al-Istiqamah’
11. As-Siyasah Asy-Syar’iyah
12. Iqtidha` Ash-Shirath Al-Mustaqim
13. Al-Fatawa Al-Kubra
14. Majmu’ah Ar-Rasaa`il Al-Muniriyah
15. Majmu’ah Ar-Rasaa`il al-Kubra
16. Fatawa Al-Hamawiyah
17. At-Tis’iniyah
18. Syarah Al-Ashfahaniyah
19. At-Tadmuriyah
20. Al-Wasithiyah
Wafat ia
Beberapa hari beliau menderita sakit di kesunyian penjara Qal’ah, Damaskus, sakit yang tidak dikenali oleh siapapun juga, selain murid-murid bersahabat ia, Allah Ta’ala sudah berkenan untuk memanggil ruh dia meninggalkan jasad yang –insya Allah- telah menjadi saksi atas keluhuran dan kemuliaan langsung Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.
Tanggal 22 Dzulqa’dah tahun 728 Hijriyah, di keheningan malam yang cuma dihias dengan lantunan bunyi ia rahimahullah membaca ayat-ayat suci Al-Qur`an, dan ketika dia rahiamhullah telah hingga pada firman Allah Ta’ala,
“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa akan berada pada kebun-kebun dan sungai –disurga-. Berada di kediaman yang sudah dijanjikan disisi Tuhan yang berkuasa” (Al-Qamar: 54-55)
Rabb dan juga Pencipta ia, sudah memanggil ia… meninggalkan derita fisik ia balasan kezhaliman lawan-musuh beliau, berpaling terhadap rahmat-Nya berpisah dengan dengan segala makar dan akal bulus makluk atas diri ia rahimahullah.
Damaskus terhenyak, hari itu kota Damaskus riuh rendah. Tidak hanya saudara, handai taulan, murid-murid beliau saja yang menunduk mengirimkan kepergian jenazah ia dengan isak tangis tertahan…namun seluruh masyarakatdi Damaskus, bau tanah dan kecil, para pemuka maupun rakyat jelata, pria maupun wanita, hamba maupun orang-orang yang merdeka telah dikejutkan dengan informasi duka akhir hayat ia.
Tidakkah kemarin, beberapa bulan lalu, beberapa tahun silam, Ibnu Taimiyah sudah membangunkan mereka dan mengejutkan mereka dengan jihad beliau melawan kaum Tartar, Ibnu Taimiyah telah menyadarkan mereka dengan dakwah Tauhid dia …kini mereka dikejutkan, bukan lagi dengan keilmuan, dakwah dan semangat ia, tetapi dengan jenazah beliau yang terbaring kaku di Masjid Jami’ Kabir Bani Umayyah.
Pasar-pasar menjadi sepi, toko-toko seluruhnya tutup, jalan-jalan dipenuhi khalayak ramai yang menshalati dan hendak mengantarkan mayat beliau ke peristirahatan terakhir dia. Jenazah dia, telah diantarkan ke peristirahatan dia yang terakhir, masing-masing sanubari yang hadir turut mengantarkannya sebelum tangan mereka menjangkau mayit orang mereka cintai dan mereka kagumi. Di Syam, Mesir, Irak, Yaman dan negeri yang lain, juga turut berduka seiring kepulangan dia kesisi Rabb-nya. Benarkah perkataan Imam Mulian Imam Ahlus Sunnah wal-Jama’ah Imam Ahmad bin Hanbal yang berkata,”Katakanlah terhadap segenap andal bid’ah, antara kami dan kalian –saksinya- yakni hari saat jenazah terhantar.”
Benarlah ucapan Imam Ahmad ini, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah akan senantiasa diingat, akan selalu mendapatkan doa dan ucapan rahmat dari lisan kaum muslimin yang shalih, terkhusus dari ulama yang dapat berlaku adil. Sementara mereka yang berbuat makar dan muslihat, dan juga penerus mereka yang hasad dan dengki serta yang didalam hati mereka tertanam kebencian terhadap eksklusif dan akwah dia –rahimahullah-, adakah sejarah mencatat mereka dengan tinta emas? Adakah tarikh Islam menyanjung keberadaan mereka? Sekali-kali tidak, kalaulah ada, mereka disebut hanya untuk diketahui kadar permusuhan mereka kepada dakwah Ahlus Sunnah wal-Jama’ah.
Disisi Rabb-nya beliau menemui dan menunggu kelak, semua lawan-lawan ia dan mereka yang dengki kepada beliau, bersama akan menanti pengadilan Allah Yang Maha Adil. yang tiada kezhaliman didalamnya.
Semoga Allah merahmati dia dengan rahmat yang sungguh luas, mengampuni dia, memuliakan dan menempatkan dia di kediaman yang luas dan lapang. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Mahakuasa atas segala sesuatu.