Menurut Rakhmat menyebutkan bahwa aspek “orang lain” dan “golongan rujukan”sebagai aspek-aspek hang menghipnotis desain diri (dalam Alex Sobur, 2009: 517).
Menurut Verderber (dalam Alex Sobur, 2009: 518-521) sekurang-kurangnya ada tiga faktor yang menghipnotis desain diri, yaitu self appraisal, reaction and responses of others, dan roles you play. Kemudian Brookss menambahkan aspek lain ialah reference group.
1) Self Appraisal
Menunjukkan suatu pandangan yang menyebabkan diri sendiri sebagai objek dalam komunikasi, atau kesan kita terhadp diri kita sendiri. Semakin besar pengalaman nyata yang kita dapatkan, maka semakin nyata rancangan diri kita. Dan sebaliknya.
2) Reactions and respons of others
Konsep diri tidak saja meningkat lewat persepsi kita terhadap diri sendiri, namun juga berkembang dalam rangka interaksi kita dengan masyarakat. Oleh karena itu, desain diri dipengaruhi oleh reaksi dan respons orang lain kepada diri kita.
3) Roles you Play-Role taking
Adanya aspek peran yang kita mainkan sedikit banyak akan mensugesti desain diri kita. Peran yang kita mainkan ialah hasil dari metode nilai kita. Lebih banyak tugas yang kita mainkan dan dianggap nyata oleh orang lain, kian kasatmata desain diri kita. Semakin nyata desain diri kita, kian baik komunikasi kita dengan orang lain.
4) Reference Groups
Merupakan kalangan acuan yang mana kita menjadi anggota dalam kerlompok tersebut. Komunikasi akan dapat berbagi rancangan diri seseorang sebagai akibat dari adanya dampak golongan rujukan. Semakin banyak kalangan referensi yang menilai diri kita aktual, kian aktual pula desain diri kita.