close

Apa Itu Kamis Putih: Pemahaman Dan Doa

Pengertian Definisi Arti РKAMIS PUTIH ialah hari Kamis sebelum Paskah. Peringatan ini diyakini selaku hari saat Yesus merayakan Paskah terakhirnya dengan para murid-Nya. Yang paling istimewa, perjamuan Paskah itu ialah ketika Yesus membasuh kaki para murid-Nya dengan kerendahan hati yang hebat. Dia lalu menyuruh mereka untuk melakukan hal yang serupa satu sama lain.

APA ITU KAMIS PUTIH?

“Mandat” Kristus diperingati pada Kamis Putih dalam bahasa Inggris Maundy Thursday yakni bentuk singkat mandatum (Latin), yang memiliki arti “perintah.” Ini memaknai yaitu pada hari Kamis ahad terakhir Kristus sebelum disalibkan dan dibangkitkan bahwa Dia mengucapkan kata-kata ini kepada murid-muridnya:

“Sebuah perintah baru yang saya berikan kepadamu, bahwa kamu saling mencintai: sama mirip saya telah mencintai kamu, kau juga harus saling mencintai” (Yohanes 13:34).

 KAMIS PUTIH adalah hari Kamis sebelum Paskah APA ITU KAMIS PUTIH: PENGERTIAN DAN DOA

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PERINTAH BARU?

Untuk satu hal, perintah itu mengangkat definisi cinta ke persyaratan baru dan lebih tinggi. Yesus berkorban menyanggupi kebutuhan terdalam pengikut-Nya, yaitu kehidupan rohani gres dan pengampunan dosa. Dia bahkan menyayangi lawan-lawan-Nya, dan Dia memanggil kita untuk memperlihatkan kasih terhadap mereka yang tampaknya tidak layak mendapatkannya. Sama mirip Yesus mencintai orang berdosa “hingga selesai” (atau “hingga maks.” Yohanes 13: 1) dikala Dia tidak mendapatkan apa pun dari mereka, demikian juga kita. Alkitab mengatakan bahwa tidak ada yang mempesona dari insan berdosa yang mempesona Dia untuk menyayangi kita. Tuhan mengasihi kita dikala kita masih berdosa (Roma 5: 8). Keselamatan bukan cuma kado luar biasa yang melindungi kita dari eksekusi yang patut kita terima di Roma 6:23, pekerjaan Kristus juga menanamkan kehidupan gres, memberikan kekuatan rohani, dan memotivasi tindakan saleh pada mereka yang yakin:

“Karena kasih karunia Allah sudah muncul, membawa keamanan bagi semua orang, 12 melatih kita untuk meninggalkan kefasikan dan hawa nafsu duniawi, dan untuk hidup berdikari, jujur, dan hidup saleh di zaman kini, 13 menanti keinginan kita yang diberkati, menampakkan kemuliaan Allah dan Juruselamat kita yang agung, Yesus Kristus, 14 yang menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk menebus kita dari segala pelanggaran aturan dan untuk memurnikan bagi diri-Nya suatu umat untuk miliknya sendiri yang antusiasuntuk pekerjaan baik. ” (Titus 2: 11-14)

Sementara Kitab Suci tidak melarang kita untuk memperingati hari-hari seperti Kamis Putih, pertanyaan khususnya yakni apakah kita memperingati perintah baru Kristus untuk mengasihi? khususnya mereka yang paling tidak layak mendapatkannya?

“Terkasih, marilah kita saling mengasihi. Karena cinta berasal dari Tuhan, dan semua orang yang cinta sudah dilahirkan dari Tuhan dan mengenal Tuhan. Siapa pun yang tidak menyayangi tidak memedulikan Tuhan, alasannya Tuhan adalah cinta.” (1 Yohanes 4: 7-8)

KAMIS PUTIH DALAM AYAT-AYAT ALKITAB

Lukas 22: 27-38 – “Ketika saatnya tiba, Yesus dan para rasulnya bersandar di meja. 15 Dan beliau berkata terhadap mereka,” Aku telah berkeinginan ingin makan Paskah ini denganmu sebelum aku menderita. Karena saya berkata kepadamu, saya tidak akan memakannya lagi sampai ia memperoleh penggenapan di dalam kerajaan Allah. “Setelah mengambil cawan itu, ia bersyukur dan berkata,” Ambil ini dan bagilah di antara kau. Karena Aku berkata kepadamu aku tidak akan minum lagi dari buah anggur sampai kerajaan Allah tiba. “Dan ia mengambil roti, mengucap syukur dan memecahkannya, dan memberikannya kepada mereka, berkata,” Ini yaitu tubuhku yang diberikan untukmu; kerjakan ini untuk mengenang aku. “..”

  How Old Was Jesus When He Turned Water Into Wine?

DOA PADA KAMIS PUTIH

Pembasuhan-kakiTuhan Yesus, Engkau mencuci kaki murid-murid-Mu.
Engkau juga mencuci kakiku,
yang sering menjinjing langkahku
pada kesalahan dan hidup tanpa kedamaian.

Tuhan Yesus, agar saya Kau aliri
dengan kerendahan hati dan kerahiman-Mu,
sehingga saya pun mau mencuci kaki mereka yang menyakiti hatiku.

Tuhan Yesus, agar saya bisa mengampuni dan melayani
bukan dengan kekuatanku sendiri,
melainkan dengan kekuatan yang berasal dari-Mu.

Amin.

Akhir kata pengertianartidefinisidari.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati TriHari Suci (Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Suci) dan Selamat Paskah bagi yang merayakannya biar kesahatan juga keamanan menyertai teman semua!