12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Geografi ialah salah satu mata pelajaran dari cabang Ilmu Pendidikan Sosial (IPS), dimana pelajaran geografi ini sangat menyenangkan untuk dipelajari, namun ada sebagian siswa yang kurang suka sebab sulit dimengerti dan banyak yang mesti dihafalkan.

12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Oke, sebelum kita bahas lebih lanjut, kali ini  aku akan membahas terlebih dahulu perihal apa itu geografi?. Yang saya ingat dahulu ketika masih dibangku sekolah, geografi itu mempelajari tentang bumi. Nah, kita ulas kembali pemahaman-pemahaman geografi menurut para hebat atau pakar dibidangnya.

Pengertian Geografi

Kata geografi berasal dari bahasa Yunani yakni geo yang berarti bumi dan graphein yang mempunyai arti goresan pena. Kaprikornus, secara harfiah yang dimaksud dengan geografi ialah goresan pena ihwal bumi. Oleh balasannya, geografi juga umumdisebut dengan ilmu ihwal bumi atau ilmu yang mempelajari tentang bumi.

Tetapi dalam mempelajarinya tidak cuma mengenai permukaan bumi saja, melainkan apa-apa yang ada di dalam perut bumi, lapisan-lapisan bumi, luar bumi bahkan benda-benda luar angkasa yang menjadi objek kajian geografi.

  Kondisi Ekonomi dan Sosial Negara Berkembang

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Berikut ini ada beberapa pengertian geografi menurut para mahir atau pakar geografi.

1. Immanuel Kant

Geografi yakni ilmu yang sumber obyek studinya yakni berbentukbenda-benda, gejala atau hal-hal yang tersebar luas di tampang bumi.

2. Yeates dan Hagget

Geografi ialah sebuah ilmu pengetahuan tentang perkembangan nasional dan pengujian kepada teori-teori yang menjelaskan dan memperkirakan distribusi spasial dan lokasi berbagai karakteristik dari permukaan bumi.

3. Hart Shorne

Geografi merupakan disiplin ilmu yang berupaya untuk menginterpretasikan dan menguraikan huruf variabel dari satu tempat ke daerah lainnya di muka bumi sebagai wadah atau daerah manusia untuk hidup.

4. Claudius Ptolomaeus

Geografi yakni sebuah penghidangan lewat peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

5. Alexander Von Humboldt

Geografi yaitu studi ihwal efek lingkungan alam terhadap insan.

6. Erasthothenes

Ia mengungkapkan Geografi bermula dari kata geographica yang artinya penggambaran atu penulisan perihal bumi.

7. Preston E James

Menurut pengungkapan dia, bahwasannya geografi ialah induk dari semua ilmu pengetahuan yang ada. Hal itu disebabkan sebab terlalu banyak bidang ilmu wawasan yang sering dimulai dari keadaan permukaan bumi dan dilanjutkan pada studi masing-masing.

8. Bintaro

Beliau menerangkan bahwa Geografi intinya adalah ilmu pengetahuan yang menandakan, menerangkan sifat-sifat bumi, memeriksa seluruh gejala alam dan orangnya serta mempelajari corak-corak yang khas perihal sebuah kehidupan dari komponen-komponen bumi.

9. Elsworth Huntington

Geografi yakni studi mengenai fenomena pada permukaan bumi berikut penduduk yang menghuninya. Beliau pun menerangkan bahwa adanya relasi timbal balik antara sifat-sifat gejala  permukaan bumi dengan penduduknya.

12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Lengkap

10. Prof. Bintarto

Menurut ia geografi merupakan ilmu yang mempelajari suatu korelasi kausal tanda-tanda-tanda-tanda di bumi dan semua peristiwa yang terjadi di bumi baik yang bersifat fisikal maupun yang bekerjasama dengan makhluk hidup beserta permasalahannya, lewat pendekatan keruangan, ekologikal dan regional , untuk kepentingan sebuah program, suatu proses dan berhasilnya sebuah pembangunan.

  Pengertian Negara Berdasarkan Para Jago Dan Definisinya Secara Lazim

11. Mustofa Bisri

Menyatakan bahwasannya geografi ialah sebuah ilmu yang menjabarkan wacana permukaan bumi, iklim, cuaca, tumbuhan dan fauna, serta basil-kuman yang diperoleh dari bumi itu sendiri.

12. UNESCO

Mendefinisikan Geografi sebagai: 1. one agent synthesis; 2. a nexus study outside; 3. science in the use of land.

Demikianlah sedikit ulasan wacana 12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), agar berfaedah dan mampu menambah wawasan pembaca. Jika ada kesalahan baik dalam penulisan maupun isi, mohon kritik dan sarannya. Terimakasih. 🙂