Macam-Macam Sumber Energi Terbarukan

Sumber energi yang terbarukan yakni sumber energi yang dapat digunakan terus-menerus alasannya adalah ketersediaannya dapat diusahakan kembali. Sumber energi terbarukan di antaranya:

  • 1. Matahari
Energi cahaya matahari dapat diubah menjadi listrik. Alat yang dipakai disebut sel surya. Sel surya kecil dipakai untuk membangkitkan jam dan kalkulator. Sel surya yang lebih rumit digunakan untuk satelit di ruang angkasa. Selain itu, bisa menghasilkan listrik. Panas matahari dipantulkan dengan cermin ke satu titik sentra. Titik sentra biasanya berbentuktower penghangat yang berisi cairan molten salt. Cairan panas yang mengalir akan menyebabkan perbedaan tekanan dan menggerakkan turbin sehingga menciptakan listrik.
  • 2. Air
Air terjun dan air bendungan dipakai untuk memutar turbin sehingga menghasilkan listrik. Sumber energi ini disebut tenaga hidroelektrik. Juga gelombang air laut dapat menciptakan listrik dengan menggerakkan turbin. Tapi kekurangannya listrik tidak stabil alasannya adalah ombak yang seringkali lemah. Pasang surut air bahari juga menciptakan listrik dengan menggerakkan turbin. Akan namun, pembangkit listrik ini mempunyai kelemahan yakni, mengusik gerakan kapal, migrasi ikan di bahari, bahkan membunuh ikan saat melalui turbin.
  • 3. Angin
Angin dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Angin kencang mampu memutar bilah-bilah pada kincir angin. Bilah-bilah dihubungkan pada suatu generator. Saat bilah generator bergerak, generator akan menggugah listrik. Jumlah listrik yang dihasilkan tergantung pada angin yang bertiup.

  • 4. Gelombang air bahari

Dapat dimanfaatkan selaku pembangkit listrik. Untul menciptakan energi listrik, harus mengamati fatwa masuk dan keluarnya gelombang di dalam ruangan khusus yang menjadikan terdorongnya udara keluar dan masuk lewat sebuah terusan sehingga menciptakan energi listrik.

  • 5. Bahan bakar bio
  Jenis-Jenis Magnet

yaitu materi bakar yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Bahan bakar bio yang berasal dari flora, diantaranya flora yang mengandung minyak, seperti bunga matahari, jarak, kelapa sawit, kacang tanah dan kedelai. Bahan bakar tersebut diketahui sebagai biodiesel. Biodiesel mampu dipakai untuk menggantikan solar.
Tanaman ubi, jagung, sagu dan singkong dapat dimasak menjadi bioetanol. Bioetanol diciptakan untuk mengambil alih bensin atau solar. Bahan bakar bio juga mampu dihasilkan dari kotoran hewan disebut biogas. Biogas dimanfaatkan untuk materi bakar pengganti gas LPG.

  • 6. Panas bumi
Energi geothermal disebut juga energi geotermal. Panas bumi terbentuk dari lapisan batuan yang panas. Sumber energi ini merupakan sumber energi higienis dan cuma melepaskan sedikit gas rumah kaca. Panas bumi mampu ditemukan di tempat gunung berapi yang masih aktif. Panas bumi dimanfaatkan selaku pembangkit listrik tenaga uap.