Pengertian Bakteri, Jenis, Ciri dan Peranan Bagi Kehidupan Manusia

Pengertian Bakteri, Jenis, Ciri dan Peranan Bagi Kehidupan Manusia – Di muka bumi ini ada aneka macam jenis makhluk hidup mulai dari yang berskala kecil sampai berukuran besar. Banyak sekali organisme yang menyebar di sekitar kita.

Organisme ini mempunyai peran positif bila kita manfaatkan dengan benar dan mempunyai peran negatif jika tidak kita hiraukan. Organisme ini sudah tersebar ke berbagai daerah walaupun telah kita bersihkan dengan sangat higienis.

Pengertian Bakteri, Jenis, Ciri dan Peranan Bagi Kehidupan Manusia

Organisme ini berjulukan basil. Bakteri ini berada di setiap benda yang kita sentuh, di dalam tubuh kita, dan ada di mana-mana. Untuk dapat lebih mengenal dengan kuman mampu di lihat penjelasan di bawah ini:

Pengertian Bakteri

Pengertian bakteri yaitu suatu organisme bersel tunggal atau uniseluler, prokariota atau prokariot, berukuran microskopik atau sungguh kecil dan tidak mempunyai klorofil. Kata basil berasal dari kata “bacterium” dalam bahasa latin.

Bakteri mempunyai banyak spesies meraih ratusan ribu jumlahnya. Bakteri ialah organisme yang paling banyak di paras bumi ini. Mereka berada di dalam tanah, di atas tanah, di udara, di air, di organisme lain dan masih banyak lagi. Bakteri bertumbuh dan meningkat sesuai dengan ph, suhu, temperatur, kandungan garam, zat kimia, zat metabolisme dan sumber nutrisi.

Bakteri pertama di temukan oleh ilmuan ialah bernama Anthony Van Leewenhoek. Kemudian di perkenalkan dengan bentuk buku bergambar bekteri pada tahun 1684. Ilmu yang mempelajari wacana basil adalah bakteriologi.

  √ Pemahaman Dan Proses Metabolisme Vitamin Di Dalam Badan

Jenis Bakteri

Jenis pada basil di pisahkan menurut cara mereka untuk mampu menemukan masakan dan dari cara mereka menemukan oksigen. Pengelompokkan menurut cara mereka mencari makan yaitu sebagai berikut:

  1. Bakteri Heterotrof yaitu merupakan basil yang menyantap senyawa organika dari organisme lain. Untuk basil heterotof terbagi menjadi 2 ialah kuman benalu dan basil sprofit.
  2. Bakteri Autotrof adalah ialah kuman yang dapat membuat kuliner untuk dirinya sendiri. Untuk basil ini terbagi menjadi 2 yakni kuman kemoautotrof dan basil fotoautotrof.

Pengelompokkan berdasar kepada cara mereka mendapatkan oksigen ialah selaku berikut:

  1. Bakteri Aerob adalah merupakan basil yang mendapatkan energi dengan cara menangkap oksigen bebas. Dan kuman ini adalah nitrosomonas, nitrosococcus, dan nitrobacter.
  2. Bakteri Anaerob yakni merupakan basil yang dalam menemukan energi tidak memerlukan oksigen bebas. Energinya berasal dari proses perombakan senyawa organik tanpa penggunaan oksigen di dalam proses itu, proses itu di sebut dengan fermentasi. Bakteri ini di bedakan menjadi 2 yakni anaerob obligat dan anaerob fakultatif.

Ciri Bakteri

Organisme lain supaya dapat di sebut bakteri haruslah memiliki ciri khusus yang di butuhkan. Ciri khusus tersebut ialah :

  1. Umumnya tidak mempunyai klorofil di tubuhnya.
  2. Memiliki hidup bebas layaknya parasit atau patogen.
  3. Memiliki bentuk yang bermacam-macam.
  4. Tubuhnya berskala kecil ialah 1 sampai 5 mikron.
  5. Tidak mempunyai membran pada inti sel atau prokariot.
  6. Bakteri kebanyakan uniseluler atau mempunyai satu sel.
  7. Memiliki dinding sel peptidoglikan pada lingkungan yang ekstrim dan kosmoploit mengandung peptidoglikan.

Pengertian, Jenis, Ciri Dan Peranan Bakteri Bagi Kehidupan Manusia Lengkap

Peranan Bagi Kehidupan

Bakteri juga mempunyai perannya di dalam kehidupan di dunia ini. Peranan ini mempunyai dampaknya masing-masing. Adal yang mempunyai efek yang kasatmata tetapi ada pula yang memiliki pengaruh negatif. Yang termasuk kedalam dampak nyata ialah:

  1. Membantu dalam penyuburan tanah dengan cara menciptakan nitrat.
  2. Sebagai pengurai sisa dari makhluk hidup.
  3. Membantu pengerjaan fermentasi pada masakan atau minuman.
  4. Sebagai penghasil obat-obat antibiotik.
  5. Dapat menguraikan sampah menjadi energi.
  6. Membantu dalam pembuatan zat kimia dan lain-lain.

Dampak buruk yang di mampu ialah sebagai berikut:

  1. Dapat selaku sumber penyakit bagi makhluk hidup.
  2. Membuat bau makanan atau minuman yang kita miliki.
  3. Dapat menghancurkan tanaman yang ditanam dengan serangan penyakit.
  4. Dapat menimbulkan amis busuk pada proses pembusukan.
  5. Ketika insan kotor akan menyebabkan bau pada badannya.

Sekianlah penjelasan perihal Pengertian Bakteri, Jenis, Ciri dan Peranan Bagi Kehidupan Manusia yang sudah di jelaskan di atas. Bakteri yakni organisme yang tidak mampu kita hindari keberadaanya di tampang bumi ini, sebab di manapun kita berada niscaya ada bakteri. Bakteri mampu kita manfaatkan untuk dapat melanjutkan hidup dan dapat menawarkan imbas kasatmata bagi makhluk hidup kalau di gunakan dengan sempurna. Semoga berguna.

Baca juga: