Ciri-Ciri Reaksi Kimia

Perubahan kimia atau reaksi kimia mempunyai ciri-ciri, yaitu terbentuknya gas, terbentuknya endapan, terjadinya perubahan warna dan terjadinya pergeseran suhu.

  • 1. Pembentukan Gas
Pada dikala mengukus roti, adonan yang semula kecil menjadi mengembang dan bertambah besar. Bertambah besarnya roti ini disebabkan adanya gas yang mendorong roti sehingga roti menjadi lebih besar. Gas ini berasal dari soda kudapan manis ketika dipanaskan. Gas yang dihasilkan pada sebuah reaksi, dapat dikenali dari adanya gelembung dalam larutan yang direaksikan.
  • 2. Pembentukan Endapan
Sebagian reaksi kimia menciptakan zat padat yang mampu larut ataupun terpisah dari larutannya. Reaksi kimia yang menghasilkan zat padat yang terpisah dari larutannya disebut reaksi pengendapan. Proses terbentuknya endapan pada reaksi pengendapan berjalan secara cepat.

  • 3. Perubahan Warna
Terjadi lantaran adanya perbedaan energi yang diserap atau dilepaskan oleh elektron-elektron dari atom yang bereaksi. Perbedaan energi yang diserap atau dilepaskan ini menjadikan perbedaan panjang gelombang dari sinar terlihat . Apabila terdapat perbedaan panjang gelombang sinar terlihat , warna yang terlihat pun akan berbeda. Dalam reaksi kimia, zat baru yang terbentuk kemungkinan memiliki warna yang berbeda dari zat-zat yang bereaksi.

  • 4. Perubahan Suhu
Perubahan suatu reaktan menjadi produk pada reaksi kimia diakibatkan oleh adanya pemutusan ikatan kimia antar atom yang bereaksi dan pembentukan ikatan atom-atom produk. Perlu dimengerti bahwa untuk memutuskan ikatan antaratom diharapkan energi, sedangkan pembentukan ikatan antaratom melepaskan energi. 

  Konfigurasi Elektron: Pemahaman, Aturan, Teladan Soal