Jenis Hutan Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Jenis Hutan Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Di dunia ini terdapat hutan-hutan yang masih mampu kita temui di nyaris setiap tempat. Hutan memiliki fungsi yang penting bagi kehidupan makhluk hidup yang tinggal di dunia ini.

Banyak yang belum memahami akan pentingnya hutan bagi kehidupan kita di dunia ini karena mereka masih saja menebang hutan secara sembarangan dan tidak menimbang-nimbang dampaknya untuk anak dan cucu kita nanati bahkan bagi kita sendiri.

Jenis Hutan Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Kehidupan hutan ini sungguh penting sebab hutan selaku paru-paru dunia atau sebagai penyuplai oksigen paling besar bagi dunia. Untuk lebih terperinci mengenai jenis dari hutan akan di jelaskan selaku berikut.

Jenis Hutan

Hutan selaku paru-paru dunia dan sebagai tempat tinggal dari hewan dan juga tanaman memiliki jenis yang beragam. Dari berbagai jenis ini akan di bagi menjadi beberapa bagian yakni ialah sebagai berikut.

Jenis Hutan Berdasarkan Fungsinya

Jenis hutan yang di kelompokkan berdasar fungsinya ini dibagi menjadi beberapa bab lai yakni sebagai berikut.

Hutan Lindung

Merupakan hutan yang di lindungi oleh pemerintah yang berfungsi untuk mampu menjaga kelestaraian tanah dan tata air di wilayan itu.

Merupakan hutan yang alasannya adalah di dalam hutan tersebut mempunyai ciri khasnya maka hutan tersebut di manfaatkan dengan membuat sebuah perlindungan khusus untuk alam hayati atau untuk di manfaatkan yang lain. Pemanfaatannya yakni dengan mejadikan cagar alam atau suaka margasatwa.

  Cara Penggunaan SDA yang Dapat Dipertanggungjawabkan

Hutan Wisata

Hutan wisata adalah hutan yang sengaja di peruntukkan dengan binaan dan peliharaan untuk di kemudian hari di pakai untuk pariwisata atau untuk wisata gres. Pemanfaatan hutan wisata ini terdiri atas Taman Wisata, Taman Baru, dan juga Taman Laut.

Taman rekreasi memiliki ciri khas dengan keindahan alam yang memukau. Keindahan ini berisikan keindahan alam maupun keindahan binatang yang ada di dalamnya dan dapat menawan para wisatawan untuk dapat menjelajahi daerah tersebut.

Hutan Produksi

Hutan produksi adalah hutan yang di gunakan kekayaan alamnya utamanya tumbuhannya untuk dapat di gunakan oleh insan. Pemanfaatan hutan buatan ini ialah dengan menghasilkan industri kayu dan industri obat-obatan.

Jenis Hutan Berdasarkan Jenis Pohonnya

Selain pengelompokkan hutan berdasarkan jenisnya saja ada pula pengelompokan hutan berdasar jenis pohon yang ada di dalamnya. Untuk pengelompokannya berdasarkan jenis pohonnya akan di jelaskan sebagai berikut.

Hutan Heterogen

Heterogen ialah hutan yang banyak di tumbuhi oleh berbagai jenis pohon, seperti hutan rimba. Hutan ini tersebar di daerah tropic seperti pada kawasan Afrika, Amerika Tengah dan Selatan, Australia Timur, dan Asia Tenggara.

Hutan Homogen

Homogen yakni hutan yang sarat di tumbuhi oleh satu macam saja tumbuhan. Tumbuhan ini di peruntukkan dengan tujuan tertentu saja ialah adalah untuk penghijauan, reboisasi, atau untuk industri. Contoh dari hutan ini ialah hutan jati dan hutan pinus.

Jenis Hutan Beserta Fungsinya Lengkap

Jenis Hutan Berdasarkan Proses Terjadinya

Hutan ini sendiri jenisnya terbagi menjadi dua bab adalah ada hutan yang terjadi secara alami ada pula hutan yang terjadi secara bikinan.

Hutan Asli (Hutan Alam)

Merupakan hutan yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan insan di dalamnya mirip hutan rimba.

  Mitigasi gempa saat berada di dalam lift

Hutan Buatan

Merupakan suatu hutan yang secara sengaja di buat oleh para manusia. Hutan ini di buat untuk dapat memenuhi sebuah tujuan tertentu . Hutan ini di buat berdasar pada keingain dari kalangan manusia itu sendiri akan di buat untuk apa.

Demikianlah klarifikasi kita kali ini tentang Jenis Hutan Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap) yang sudah di jelaskan oleh Seputar Pengetahuan. Hutan sangatlah penting bagi kehidupan kita di dunia ini alasannya dari hutan ini kita mampu menghirup oksigen dan udara yang bersih. Semoga berguna 🙂

Baca juga: