Pengertian Identitas Nasional dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Identitas Nasional dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap) – Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mampu di katakana kita semua memiliki kekerabatan yang akrab alasannya adalah hidup di dalam suatu kesatuan yang sama adalah kesatuan Indonesia.

Di dalam sebuah bangsa tentu saja memiliki hal yang cuma dapat di dapatkan di bangsa tersebut mirip bahasa, suku, agama, dan masih banyak lagi yang yang lain. Ciri khas tersebut akan berlawanan antara Negara satu dengan Negara yang lainnya.

Pengertian Identitas Nasional dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Itu semua mampu di katakana selaku identitas nasional. Untuk mampu lebih jelasnya anda mampu eksklusif simak saja penjelasannya sebagai berikut.

Pengertian Identitas Nasional

Identitas nasional ialah sekumpulan nilai budaya yang timbul, tumbuh, dan meningkat di dalam segala aspek kehidupan dari setiap suku yang sudah di himpun di dalam satu kesatuan Indonesia manjadi kebudayaan nasional beracu pada pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar serta arah pengembangannya.

Identitas ini kita yang selaku bangsa Indonesia pada hakikatnya pancasila lah yang selaku cerminan dalam menata kehidupan. Penataan kehidupan yang di maksudkan yaitu penataan pergaulan seperti yang telah dikontrol oleh undang-undang baik itu di dalam taraf nasional ataupun Internasional.

Dengan demikian nilai identitas yang kita miliki menjadi cerminan negara dan bangsa yang kita tempati. Nilai dari identitas ini sendiri adalah sesuatu yang tidak mampu di lepaskan lagi namun terus menjadi sesuatu yang di nilai oleh orang banyak yang terus terjadi di dalam kemasyarakatan.

  Sebutkan Lima Contoh Sikap Adil Dalam Kehidupan Keluarga!

Unsur Identitas Nasional

Ada beberapa unsur yang terkandung di dalamnya. Berikut yaitu beberapa unsur yang ada didalamnya diantaranya ialah:

1. Suku Bangsa

Suku bangsa yakni salah satu yang sangat bekerjasama untuk dapat membentuk identitas nasional. Hal ini nenunjuk sebab golongan social adalah ciri yang khusus di miliki oleh suatu golongan dan berbeda dengan kalangan lainnya. Di Indonesia terdapat aneka macam suku bangsa yang tersebar di setiap daerahnya.

2. Agama

Agama yakni pembentuk identitas jenis ini yang berhubungan dengan nilai agama. Untuk agama yang ada dan meningkat di nusantara menjadi salah satu pembentuk identitas ini. Agama yang ada di Indonesia ialah islam, hindu, katolik, Nasrani, budha, dan kong hu cu.

Pengertian Identitas Nasional Dan Unsurnya Lengkap

3. Kebudayaan

Kebudayaan yang ada di dalam lingkungan bangsa dan Negara menjadi pembentuk identitas nasional yang sungguh terlihat dan menonjol akan keanekaragaman dan keunikannya.

4. Bahasa

Bahasa yang di gunakan dalam bangsa dan Negara sungguh berlainan cara penguca[annya, ciri pengucapannya, dan lain lain yang berguna sebagai identitas.

Sekian penjelasan tentang Pengertian Identitas Nasional dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan adanya identitas ini kita dapat membedakan mana Negara yang kita tempati dengan Negara lain yang tidak kita tinggali dan menjadi ciri khas Negara. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga: