Jenis makanan dari hasil samping perikanan

Ada beragam jenis ikan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat. Misalnya ikan nila, ikan lele, ikan patin, ikan kakap, dan masih banyak lagi jenis ikan konsumsi yang yang lain. Ada bermacam-macam hasil samping dari ikan, antara lain:
  • Kulit Ikan
Sering kamu temui yang dijual dalam bentuk fillet (hanya diambil dagingnya saja. Lalu kemana kulit ikan tersebut? Apakah dibuang? Kulit ikan termasuk hasil samping dari perikanan yang dapat diolah menjadi kerupuk kulit ikan.
  • Minyak Ikan
Bukan hanya dirasakan dagingnya untuk dikonsumsi. Tetapi minyak yang berasal dari ikan juga mempunyai beragam faedah. Melalui beberapa tahapan pengolahan, minyak ikan dapat dikonsumsi dan bermanfaat bagi masyarakat.
  • Tulang Ikan
Mendengar nama tulang ikan langsung akan terlintas kepala ikan lengkap dengan tulang dan durinya. Tentu berbahaya kalau kamu akan mengkonsumsinya begitu saja, alasannya adalah duri-duri tersebut tentunya tajam. Apakah yang seperti itu masih bisa dikonsumsi? Ternyata tulang ikan mampu dimasak menjadi keripik tulang ikan yang lezat dan tidak berbahaya
Kulit udang dan cangkang kepiting yang terbuang percuma ternyata dapat diolah menjadi sesuatu yang berdaya guna.
  • Kulit dan Kepala Udang
Bagian kulit dan juga kepala udang umumnya akan terbuang percuma begitu saja. Ternyata keduanya dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kaldu.
  • Cangkang Kepiting
Cangkang kepiting mampu dimasak menjadi khitin dan khitosan yang mempunyai bermacam-macam manfaat bagi insan. Hasil pengolahan tersebut dapat dimanfaatkan selaku obat pelangsing badan, obat anti kolesterol.
  Tahapan Membudidayakan Ikan Gapi