Jenis Ragam Ikan Hias

Berikut ini berbagai macam ikan hias yang hidup di lingkungan sekitarmu:

  • Arwana
Ikan yang mempunyai bentuk tubuh panjang dan sisik besar yang tersusun rapi ini memiliki daya tarik yang khas. Bahkan ikan hias ini juga dianggap membawa keberuntungan (hoki). Ada dua jenis arwana orisinil Indonesia, yaitu Sclerophagus formosus yang berasal dari Kalimantan dan Sumatera. Serta Sclerophagus jardini yang berasal dari Irian.
  • Cupang
Ikan hias ini memiliki warna-warni yang indah, ikan ini juga murah dan mudah didapatkan. Berdasarkan bentuk siripnya, cupang dibedakan menjadi dua, yakni cupang bersirip panjang (hias) dan cupang bersirip pendek (langgar). Ikan ini memiliki tubuh dengan ukuran kecil.
  • Koi
Ikan ini berasal dari Cina. Corak warna pada ikan koi sangatlah indah, apalagi kalau dipandang dari atas. Maka kebanyakan orang akan memelihara ikan koi dalam kolam. Supaya mereka mampu menikmati keindahan ikan ini.
  • Diskus
Ikan ini juga biasa diketahui dengan sebutan “the king of aquarium”. Para penggemar ikan hias membudidayakan diskus dengan cara penyilangan. Sehingga akan terlahir diskus dengan corak dan warna yang berlawanan-beda. Salah satu yang membuat harga diskus melonjak adalah bentuk verbal ikan yang agak lebar dan memiliki warna yang tegas serta cerah.
  • Clownfish
Ikan bahari ini merupakan aksara utama dalam film “Finding Nemo”. Jenis ikan ini bahagia bersembunyi pada terumbu karang. Nama lain dari ikan ini yakni Amphiprioninae.
  Jenis, Kandungan, dan Manfaat Jambu Biji