Macam-Macam Sejarah Menurut Jenis, Daerah, Waktu Dan Maksudnya

Macam-macam sejarah – Sejarah ialah studi tentang periode kemudian, utamanya bagaimana kaitannya dengan manusia. Pembelajaran ihwal sejarah telah dilakukan manusia untuk meneliti kejadian di era lampau. Secara biasa ada banyak jenis-jenis sejarah. Jenis dan macam-macam sejarah ini bisa ditinjau dari berbagai aspek mulai dari tempat terjadinya peristiwa sampai tujuan dipelajarinya sejarah tersebut.

Studi wacana sejarah di Indonesia juga dilaksanakan sejak Sekolah Dasar, baik sejarah kemerdekaan, sejarah kerajaan hingga sejarah pemerintahan. Salah satu ciri-ciri sejarah ialah memiliki teori dan sistem untuk dipelajari. Belajar sejarah sungguh penting untuk tahu hal-hal yang terjadi di kala kemudian yang berhubungan dengan kehidupan kita sekarang. Tentunya banyak macam dan jenis sejarah yang ada hingga diharapkan pembagian terstruktur mengenai dari ilmu sejarah tersebut.

(baca juga unsur-unsur sejarah)

macam-macam sejarah

Macam-Macam Sejarah

Sejarah memiliki banyak macam dan jenis yang sangat bermacam-macam dan beraneka ragam. Macam-macam sejarah dapat ditinjau menurut daerahnya, bidangnya, isinya, maksudnya dan juga waktunya.

Macam-Macam Sejarah Menurut Wilayahnya

Ada 3 jenis-jenis sejarah berdasarkan wilayahnya, ialah sejarah setempat atau regional, sejarah nasional dan sejarah global atau dunia.

1. Sejarah Lokal/Regional

Pengertian sejarah setempat atau regional ialah sejarah yang menggambarkan peristiwa di sebuah daerah atau wilayah dalam lingkup lokal saja.

2. Sejarah Nasional

Pengertian sejarah nasional yaitu sejarah yang menggambarkan insiden di suatu tempat yang mempunyai pengaruh pada suatu negara atau secara nasional.

3. Sejarah Global/Dunia

Pengertian sejarah dunia atau global yaitu sejarah yang menggambarkan peristiwa di suatu kawasan yang memberi efek secara global atau internasional.

  Pemberontakan APRA: Latar Belakang, Tujuan, dan Kronologi

Macam-Macam Sejarah Menurut Jenis-Jenisnya

Ada 5 macam-macam sejarah menurut jenis-jenis dan bidangnya, di antaranya ialah sejarah politik, sejarah sosial, sejarah ekonomi, sejarah kebudayaan dan sejarah intelektual.

1. Sejarah Politik

Pengertian sejarah politik adalah peristiwa di era lampau yang terjadi akhir duduk perkara dan faktor politik meliputi tokoh politik, sistem pemerintahan, kekuasaan, kepemimpinan, peperangan dan lain-lain.

2. Sejarah Sosial

Pengertian sejarah sosial yaitu insiden di kurun lampau yang terkait dengan info sosial yang meningkat di penduduk di zaman tersebut.

3. Sejarah Ekonomi

Pengertian sejarah ekonomi ialah sejarah yang membicarakan wacana dilema dan rancangan ekonomi yang terjadi di kala lampau.

4. Sejarah Kebudayaan

Pengertian sejarah kebudayaan yaitu sejarah yang membahas perihal kehidupan insan yang berkaitan dengan kebudayaan yang berkembang di penduduk .

5. Sejarah Intelektual

Pengertian sejarah intelektual adalah sejarah yang membahas perihal ilham, cara berpikir manusia terkait ideologi politik, idealisme jiwa, dan persepsi kepada norma dan nilai di penduduk .

Macam-Macam Sejarah Menurut Tujuannya

Ada 3 jenis-jenis sejarah kalau diklasifikasikan berdasarkan konsep dan tujuannya, ialah sejarah ilmiah, sejarah warisan serta sejarah ideologi.

1. Sejarah Ilmiah/Akademik

Pengertian sejarah ilmiah atau akademik ialah sejarah yang ditulis dengan gambaran yang terperinci terkait periode lampau yang didasari oleh tradisi akademik.

2. Sejarah Warisan

Pengertian sejarah warisan ialah sejarah yang ingin memberi semangat dan eksistensi dimana ciri terutama memperlihatkan cerita jagoan yang memperjuangkan kemerdekaan.

3. Sejarah Ideologi

Pengertian sejarah ideologi yaitu sejarah yang mempelajari kurun lalu demi simbol-simbol dan lambang yang bisa dipakai pada zaman kini.

Macam-Macam Sejarah Menurut Isinya

Ada 3 jenis-jenis sejarah bila diklasifikasikan berdasarkan isi dan kebenarannya, ialah sejarah palsu, sejarah rekayasa serta sejarah asli.

  Orang Pertama Yang Mengelilingi Dunia Berasal Dari Maluku

1. Sejarah Palsu

Pengertian sejarah artifisial ialah sejarah yang tidak pernah ada, namun kemudian diadakan dan dibenarkan demi maksud dan tujuan tertentu.

2. Sejarah Rekayasa

Pengertian sejarah rekayasa yaitu sejarah yang dibentuk dengan rekayasa, artinya sejarah tersebut memang benar terjadi namun dilaksanakan penambahan dan pengurangan dari sudut pandang dan sisinya.

3. Sejarah Asli

Pengertian sejarah asli yaitu sejarah yang menceritakan suatu sejarah yang terjadi tanpa adanya rekayasa dan betul-betul orisinil.

Macam-Macam Sejarah Menurut Waktunya

Ada 3 jenis-jenis sejarah bila diklasifikasikan berdasarkan waktunya, yakni sejarah kala lalu, sejarah masa sekarang serta sejarah periode depan.

1. Sejarah Masa Lalu

Pengertian sejarah masa kemudian yakni sejarah yang terjadi di kurun lalu, sebagian besar masih tersembunyi  dan sebagian sudah dimengerti pada abad kini.

2. Sejarah Masa Kini

Pengertian sejarah periode kini ialah sejarah yang telah sungguh-sungguh dimengerti pada masa sekarang dan dibuktikan dengan bukti-bukti yang kuat berupa goresan pena maupun benda bersejarah.

3. Sejarah Masa Depan

Pengertian sejarah kurun depan adalah sebuah kejadian yang terjadi pada dikala ini kalau ada usaha untuk menyajikanya.

Nah itulah berita rujukan mengenai macam-macam dan jenis-jenis sejarah yang ditinjau dari banyak sekali aspek dan persyaratan misalnya menurut waktu, daerah, isi, tujuan dan bidangnya. Sejarah memang sungguh luas dan berisikan banyak tipe dan jenis. Sekian zona referensi wawasan terbaru kali ini.