Fisika Sulap Klip Kertas Yang Mengapung

Sulap merupakan sebuah pertunjukkan seni yang sangat menarik Fisika Sulap Klip Kertas Yang Mengapung

Sulap ialah suatu pertunjukkan seni yang sungguh mempesona, banyak kelompok dari anak kecil hingga orang cukup umur sangat terkesima jikalau melihat pertunjukkan sulap. Sulap mampu menciptakan mata penonton terpana sebab berbagai penyuguhan sulap yang masih menyimpan rasa penasaran para penonton bagaimana bergotong-royong dibalik sulap itu.
Sulap sendiri mempunyai banyak bahan sulap sains mencakup sulap fisika, sulap kimia, dan sulap biologi. Sulap sains tersebut tentu saja berkaitan dengan ilmu sains, permainan magic yang tentu saja bukan trik, melainkan sebuah keajaiban yang datang dalam hukum alam yang sifatnya membuat orang terpana jika melihatnya.
Dalam postingan ini kita akan membahas pertunjukkan sulap yang berkaitan dengan ilmu fisika, atau diketahui dengan fisika dalam sulap. Banyak fenomena-fenomena fisika yang bisa dipakai selaku bahan sulap, tetapi juga kita bisa menerangkan bagaima fisika tersebut menerangkan sulap tersebut
Seorang pesulap sepertinya melaksanakan hal-hal yang mustahil. Namun, bisakah seorang pesulap menciptakan sebuah benda dari logam dapar mengapung? Mari kita mencoba trik berikut ini untuk mempelajari bagaimana benda dari logam mampu mengapung.
Bahan-materi Sulap
1.    Gelas minum
2.    Air seperlunya
3.    Klip kertas 2 buah
4.    Handuk kertas
Persiapan Sulap
1.    Isilah gelas dengan air.
2.    Bukalah lekukan klip kertas untuk membuat sebuah suatu pengait dengan permukkan datar.
Waktunya Fisika Dalam Sulap
1.    Katakana terhadap penonton, ”Semua prang tahu bahwa klip kertas tidak mengapung.” Untuk membuktikan pendapatmu, jatuhkan klip kertas ke dalam segelas air.
2.    Ambil klip kertas dari gelas dan keringkan. Selanjutnya, katakana kepada penonton bahwa kau akan menciptakan klip kertas mengapung.
3.    Ucapkan beberapa mantra sulap pada klip kertas. Letakkan klip kertas di atas permukaan datar pada kait klip kertas terbuka. Pegang klip secara horizontal di atas air, sedekat mungkin dengan permukaan air namun tidak menyentuhnya.
4.    Pelan-pelan turunkan klip kertas ke air.
Fisika Dalam Trik Sulap
Jika klip kertas tidak mengapung di permukaan air, cobalah menggosokkan klip kertas ini pada lilin sebelum diturunkan ke air.
Penjelasan Dalam Fisika
Klip kertas mengapung di atas permukaan air sebab sifat khusus air yang disebut tegangan permukaan. Molekul air yaitu molekul polar. Bagian bermuatan kasatmata dari satu molekul kepincut ke bab negative ke molekul yang lain. Tiap molekul air tertarik ke segala arah ke molekul-molekul air di sekitarnya.
Namun demikian, molekul-molekul pada permukaan air tidak mempunyai molekul lagi di atasnya, jadi molekul-molekul tersebut cuma tertarik ke molekul di sampingnya dan molekul di bawahnya. Gaya tarik ini mengakibatkan tegangan mirip selembar kulit tipis di atas permukaan air. tegangan permukaan pada air cukup berpengaruh untuk menopang klip kertas.
Meletakkan klip kertas mendatar dan menurunkannya secara perlahan-lahan biar klip kertas mengapung sangat penting. Jika klip kertas menyentuh permukaan air dengan membentuk sudut, atau perihal permukaan dengan gaya yang besar, tegangan permukaan rusak dan air tidak akan mampu menyangga klip kertas.
Itu tadi sedikit artikel tentang Fisika Sulap Klip Kertas Yang Mengapung. Semoga mampu berfaedah. Sekian dan hingga jumpa pada artikel perihal fisika dalam sulap selanjutnya. Terima kasih.
Sumber: Wiese, Jim. 2005. Sains Dalam Sulap. Bandung, Pakar Raya.