Biografi James Pescott Joule (1818-1889) Penemu Hukum Kekekalan Energi

Tokoh Fisika James Pescott Joule (1818-1889) – James Pescott Joule ialah tokoh fisika yang populer selaku seorang penemu aturan kekekalan energi. Selain itu ia juga menemukan Efek Joule-Thompson bersama dengan Sir William Thomson. Berikut ini mimin sajikan Biodata, Profil serta Biografi James Pescott Joule.

 Profil serta Biografi James Pescott Joule Biografi James Pescott Joule (1818-1889) Penemu Hukum Kekekalan Energi

Biodata James Pescott Joule


Nama : James Pescott Joule

Lahir : 11 Oktober 1889 Salford, Lancashire, Inggris

Wafat : 11 Oktober 1889 (umur 70) Sale, Cheshire, Inggris
Orang Tua : Benjamin Joule (Ayah), Alice Prescott Joule (Ibu)
Pasangan : Ameria Grimes
Anak : Alice Amelia, Henry James, Benjamin Arthur
Dikenal atas : aturan kekekalan energi, efek Joule-Thompson

 
Biografi James Pescott Joule 

James Pescott Joule lahir pada tanggal 24 September 1818 di Salford, Lancashire, Inggris. Joule ialah anak dari pebisnis bir yang kaya raya. Joule Berbeda dengan ilmuwan lain yang tidak pernah sekolah atau sekolah sejak kecil, Joule justru baru mencicipi sekolah ketika berumur 17 tahun sebab sering sakit-sakitan akhir luka di tulang belakangnya. Ilmu pengetahuan yang dimilikinya didapat dari guru privat dan belajar sendiri dirumah. Selain itu, ayahnya juga menawarkan sebuah labolatorium khusus untuk Joule.

Setelah Joule berusia 17 tahun, dia masuk ke Universitas Manchester dengan dibimbing oleh John Dalton, seorang ahli kimia Inggris yang populer. Joule tergolong orang yang bersungguh-sungguh belajar, suka menulis buku dan mengadakan eksperimen. Pada tahun 1941 dia melakukan percobaan ihwal banyaknya kalor yang dilepaskan dalam suatu kawat yang dilalui arus listrik. Menurutnya kalor ialah salah sebuah bentuk energi atau kerja. Oleh alasannya itulah Joule banyak melakukan observasi yang bertujuan mencari tahu korelasi antara kalor dan kerja.
Salah satu percobaan yang dia kerjakan yaitu proses mengaduk air dengan memakai beban yang dujatuhkan. Berdasarkan hasil percobaan itulah akibatnya Joule menyimpulkan bahwa “perbandingan antara usaha atau kerja yang dijalankan dengan energi yang ditemukan merupakan suatu bilangan yang konstan (tetap), yakni sebesar 4,186×103 “. Angka ini menyatakan bahwa satu kilo kalori sama nilainya (setara) dengan 4,186×103 Joule. Hal ini diebut dengan “Tara kalor mekanik.”
Hasil penelitian lain yang sampai sekarang masih berlaku dan sungguh terkenal yaitu wacana “Hukum Kekekalan Energi”. Penelitian ini beliau lakukan bersama Herman Von Helmholtz dan Julius Von Mayer, andal fisika lain yang bersal dari Jerman. Hukum kekekalan energi dinyatakan bahwa “energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan”.
Selain bekerja sama dengan Herman Von Helmholzt, Joule juga melakukan observasi dengan ilmuwan lain ialah Sir William Thomson dan memperoleh “Efek Joule-Thompson”. Efek yang mereka peroleh menyatakan bahawa “bila gas dibiarkan berkembang tanpa melaksanakan kerja ke luar maka gas itu akan turun”. Sampai ketika ini Efej Joule-Thompson dimanfaatkan secara luas dalam industri pembuatan lemari es.
Pada tahun 1840 Joule menerbitkan bukunya yang berjudul “Tentang Panas”. Sedangkan pada tahun 1843 buku wacana “Ekuivalen Mekanik Panas” juga diterbitkan. Dan yang terakhir tahun 1847 menerbitkan buku tentang “Hubungan dan Kekekalan Energi”.
Karena jasanya dalam melakukan banyak observasi yang berafiliasi dengan kalor (panas), nama Joule diabadikan dalam salah satu satuan Sistem Internasional yaitu satuan kalor atau energi.
Itu tadi sedikit artikel wacana Biografi James Pescott Joule (1818-1889) Penemu Hukum Kekekalan Energi. Semoga mampu berguna. Sekian dan hingga jumpa pada postingan wacana biografi tokoh fisika selanjutnya. Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk dishare.
Sumber : Subini, Nini. 2013. Kisah Menarik Einstein dan Kawan-Kawan. Yogyakarta : Penerbit Javalitera.