Penerapan Dan Pencemaran Kimia Industri Pada Kehidupan Manusia

Oleh: Hellio Dimas Danuarta. HS (@T06-Hellio)

 

Abstrak

            Seperti yang kita pahami bahwa ilmu kimia merupakan ilmu yang paling penting di antara ilmu-ilmu lainnya, dan sering disebut juga selaku “Central Science”. Ilmu kimia mempunyai berbagai cabang, salah satunya yaitu Ilmu Kimia Industri, Penerapan kimia industri memainkan tugas yang sungguh penting dalam kehidupan sehari-hari insan, tanpa adanya industri kimia  kehidupan insan akan terasa sangat tidak efisien. Banyak sekali manfaat yang telah diberikan dari Industri kimia .

Kata kunci : industri, kimia industri

 

Abstract

As we know that chemistry is the most important science among other sciences, and is often referred to as “Central Science”. Chemistry has many branches, one of which is Industrial Chemistry. The application of industrial chemistry plays a very important role in human daily life, without the chemical industry, human life will feel very inefficient. There are so many benefits that have been given from the chemical industry.

Keywords : industry, chemical industry

 

Pendahuluan

      Industri Kimia merupakan cabang ilmu kimia yang menerapkan wawasan kimiawi terhadap produksi material dan zat kimia khusus dengan sedikit imbas buruk pada lingkungan. Industri kimia merujuk pada sebuah industri yang terlibat dalam produksi zat kimia, industri ini sangat berhubungan dekat dengan kehidupan insan, industri ini mencakup petrokimia, agrokimia, polimer, cat dan oleokimia. Industri menggunakan proses kimia, tergolong reaksi kimia untuk membentuk zat baru, pemisahan berdasarkan sifatseperti kelarutan, kesetimbangan, efek panas, serta metode-metode lain.

          Industri kimia berhubungan dengan pemrosesan bahan mentah yang diperoleh melalui penambangan, pertanian, dan sumber-sumber lain menjadi material, zat kimia, serta senyawa kimia yang mampu berbentukproduk antara yang mau dipakai di industry lain atau produk simpulan yang siap dimakan masyarakat.

  Definisi & Prinsip-Prinsip Kimia Hijau

 

Permasalahan

1. Apa yang dimaksud dengan industri kimia?

2. Apa saja pola dari penerapan industri kimia bagi kehidupan insan?

3. Apa saja pencemaran yang dihasilkan dari limbah pabrik industri kimia?

 

Pembahasan

            Tak mampu dipungkiri bahwa penerapan ilmu kimia di bidang industri kerap kali sungguh dibutuhkan. Misalnya Mesin-mesin di industri membutuhkan logam yang bagus dengan sifat tertentu yang tepat dengan kondisi dan materi-materi yang digunakan. Kain sintetis yang kita gunakan pun juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia. Tanpa adanya ilmu kimia industri kehidupan insan akan terasa sangat tidak efisien, ilmu kimia yakni ilmu yang mempelajari ihwal susunan, struktur, sifat, perubahan serta energi yang menyertai pergeseran suatu zat atau bahan. Ilmu kimia memiliki banyak cabang salah satunya yaitu ilmu kimia industri. Kimia industri yaitu cabang ilmu kimia yang menerapkan pengetahuan kimiawi kepada produksi material dan zat kimia khusus dengan sedikit dampak jelek pada lingkungan. Industri merupakan usaha manusia agar barang yang berasal dari alam dapat dimanfaatkan menjadi produk yang mempunyai nilai jual dan mempunyai prospek menguntungkan dari sisi ekonomi. Bahan dari alam memiliki senyawa kimia yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan tertentu, contohnya sebagai pangan, pakan, bahan bakar, pupuk, kosmetika, dan sebagainya sehingga kehidupan insan menjadi lebih nyaman.

 

Berikut contoh penerapan industri kimia bagi kehidupan sehari-hari insan :

1.      Asam fosfat: bahan kimia lain yang memiliki kegunaan yang dipakai dalam produk makanan mirip minuman ringan dan barang-barang yang lain. Itu juga digunakan untuk memproduksi pupuk.

2.      Nitrogen: digunakan dalam industri untuk mengontrol suhu reaksi dan menangkal kombinasi oksigen dengan uap untuk menyingkir dari ledakan. Ini juga dipakai sebagai alternatif udara untuk menjinjing pembawa gas untuk menghalangi ledakan.

  Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan Yang Sering Terjadi Di Indonesia Dan Dampak Pencemaran Lingkungan

3.      Klorin: terutama dipakai untuk pembuatan materi pemutih. Ini yakni materi penting dalam titanium dioksida.

4.      Amonium nitrat: Ialah salah satu pupuk yang paling umum digunakan dalam bentuk padat.

5.      Titanium Dioxide: dipakai dalam cat, kuliner dan produk farmasi. Ini yakni produk kimia berwarna putih.

6.      Kalium: materi kimia lain yang banyak digunakan selaku pupuk di lahan pertanian tergolong kalium.

Tentu masih banyak lagi contoh penerapan industri kimia dalam kehidupan insan.

            Selain banyaknya faedah yang diberikan dari  industri kimia, pastinya mempunyai efek buruknya sebagaimana industri lainnya, industri kimia tidak terlepas dari gosip lingkungan. Masalah amis yang ditimbulkan oleh polusi bahan kimia; Pelepasan bahan kimia beracun; Emisi senyawa organik volatil (SOV); Penambahan fokus gas rumah kaca (GRK); Emisi gas NOx dan Sox yang menawarkan kontribusi terhadap terjadinya hujan asam; Pelepasan berbagai substansi perusak ozon; Penggunaan zat gres yang belum diketahui pengaruh lingkungannya; Kontaminasi tanah: dan Penanganan kecelakaan industri. Industri Kimia menyebabkan beragam dilema lingkungan paling besar, ialah salah satu pengguna gas alam paling besar, baik untuk materi baku maupun keperluan energi. lndustri kimia menebarkan lebih dari 1,5 juta ton polutan ke udara, lebih dari 80 persen di antaranya merupakan Karbon Monoksida (CO), Sulfur Dioksida (302), dan Nitrogen Oksida (NOx). Selain itu industri kimia mengorganisir bahan kimia yang bersifat racun, sekitar lima persen dari lebih dari 10 miliar pon (1 pon = 0.373242 Kg.) materi kimia yang dikontrol, dibuang atau dilepaskan ke udara dan air.

  Definisi Dan Faedah Industri Hijau

 

Kesimpulan

          Industri kimia mempunyai peranan yang sungguh penting bagi keberlangsungan hidup manusia, seiring berkembangnya zaman industri kimia akan makin berkembangdan akan makin maju alasannya manusia sudah ketergantungan terhadap manfaat yang diberikan oleh industri kimia. Dari klarifikasi diatas dapat dikatakan bahwa dalam kimia industri akan senantisa meningkatkan ketentraman, wawasan, kemakmuran dan memajukan kualitas hidup manusia.

            Namun selain banyaknya manfaat yang diberikan oleh industri kimia, terdapat satu segi buruk yang mau terjadi kalau kita terlalu mengandalkan atau terlalu berlebihan dalam memakai zat atau bahan yang ada pada industri kimia, alasannya adalah banyaknya ancaman pencemaran yang hendak terjadi bila kita tidak menertibkan penggunaan bahan kimia dalam kehidupan kita. Dan tentu saja hal tersebut mampu menghancurkan kesehatan lingkungan dan bahkan akan merusak kesehatan diri kita sendiri.

 

Daftar Pustaka

Citroreksoko, Padmono. 2020.  Proses Dalam Industri Kimia. Dalam

http://repository.ut.ac.id/4686/2/PEKI4422-M1.pdf

 

Hidayat, Atep Afia. 2021. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri : Kimia dan Lingkungan Industri. Jakarta : Universitas Mercu Buana. 

 

Ilmu, kimia. 2020. Kegunaan Kimia Dalam Bidang Industri dan Contohnya. Dalam

https://www.pakarkimia.com/kimia-dalam-industri/

 

Mahfud., Sabara, Zakir. 2018. INDUSTRI KIMIA INDONESIA. Yogyakarta. Dalam

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=y4RJDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=industri+kimia&ots=VIFzcj7d9o&