Penyebab Dari Pencemaran Lingkungan

Oleh : Clara Elva Novita (@T04-Clara)

ABSTRAK

Pencemaran lingkungan yakni efek dari pergeseran yang tidak diharapkan dalam lingkungan, yang secara langsung besar lengan berkuasa buruk terhadap keadaan tanaman, hewan dan manusia. Ada beberapa jenis pencemaran, ialah pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran suara, pencemaran radioaktif, pencemaran termal, dan pencemaran cahaya. Setiap pencemaran, ada penyebabnya tersendiri yang menyebabkan pencemaran itu terjadi.

Kata kunci : pencemaran, lingkungan, penyebab pencemaran

 

ABSTRACT

Environmental pollution is the effect of unwanted changes in the environment, which directly adversely affects the condition of plants, animals and humans. There are several types of pollution, namely air pollution, water pollution, soil pollution, noise pollution, radioactive pollution, thermal pollution, and light pollution. Every pollution has its own cause that causes the pollution to occur.

Keywords: pollution, environment, cause of pollution

 

PENDAHULUAN

Menurut Shafa (2021), bahwa usia bumi telah tidak muda lagi, bumi semakin rapuh dan adanya efek rumah beling yang semakin parah. Hal ini menciptakan lingkungan makin rusak. Salah satu argumentasi kerusakan lingkungan yang makin parah yaitu pencemaran lingkungan. 

Menurut Indang dan Yun (2018), bahwa pencemaran lingkungan adalah sebuah keadaan lingkungan yang memperlihatkan efek negatif terhadap makhluk hidup yang disebabkan oleh manusia. Pencemaran lingkungan ialah efek dari pergeseran yang tidak diharapkan dalam lingkungan, yang secara eksklusif besar lengan berkuasa buruk kepada keadaan tanaman, hewan dan insan. Substansi yang menjadikan pencemaran lingkungan dikenal selaku polutan, mampu berupa padat, cair dan gas.

Menurut I Ketut (2015), bahwa pada saat ini, pencemaran berjalan dimana-mana dengan laju begitu cepat, yang tidak pernah terjadi sebelumnya. kecenderungan pencemaran, utamanya semenjak Perang Dunia kedua mengarah terhadap dua hal yaitu, pembuangan senyawa kimia tertentu yang semakin berkembangutamanya akhir acara industri dan transportasi. Yang yang lain akhir penggunaan aneka macam produk bioksida dan materi-bahan berbahaya aktivitas manusia.

  Penemuan Industri Hijau

Pencemaran lingkungan dibagi menjadi beberapa macam, yakni pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran suara, pencemaran radioaktif, pencemaran termal, dan pencemaran cahaya. Setiap pencemaran memiliki penyebab dan dampaknya masing-masing.

 

RUMUSAN MASALAH

1. Apa saja penyebab dari setiap pencemaran lingkungan yang terjadi ?

2. Bagaimana pengaruh dari pencemaran lingkungan tersebut ?

 

TUJUAN

1. Mengetahui penyebab dari terjadinya pencemaran lingkungan.

2. Memahami pengaruh dari pencemaran lingkungan

 

PEMBAHASAN

Pencemaran lingkungan dibagi kedalam beberapa jenis dan setiap pencemaran lingkungan yang terjadi, memiliki penyebabnya tersendiri. Berikut ialah beberapa hal yang menjadikan pencemaran berdasarkan jenis pencemarannya :

1.      Pencemaran udara

Pencemaran udara ialah pergeseran susunan atau komposisi udara dari keadaan normal menjadi kondisi yang lebih buruk balasan adanya materi-bahan buangan (polutan) yang masuk ke dalam udara. Menurut Shafa (2021), bahwa dari yang kita tahu, polusi udara sekarang semakin meningkat. Penyebab dari pencemaran udara sebagian besar berasal dari hasil pembakaran materi bakar fosil, asap dari acara industri, dan pemakaian zat kimia yang disemprotkan ke udara.

2.      Pencemaran air

Pencemaran air antara lain terjadi karena limbah industri yang dibuang ke sungai atau perairan yang lain, yang menimbulkan ketidakseimbangan dan menjadikan kontaminasi bagi organisme di dalam atau di sekitarnya. Penggunaan materi kimia pertanian mirip insektisida, herbisida dan fungisida di sekitar tumbuhan, juga menimbulkan pencemaran pada sistem air tanah. Selain itu, tumpahan minyak di lepas pantai atau lautan berpotensi mengakibatkan kerusakan secara permanen pada tubuh air. Sumber pencemaran air lainnya ialah aktivitas sehari-hari seperti mencuci busana dan perlengkapan di sekeliling kolam, sungai atau danau. Melalui aktivitas tersebut deterjen masuk ke sistem perairan. Sebagai pengaruh sampingnya antara lain penyinaran matahari ke permukaan air menjadi terhambat. Selain itu menimbulkan berkurangnya kadar oksigen perairan (Hidayat, 2018).

3.      Pencemaran tanah

Pencemaran tanah adalah masuknya bahan-bahan pencemar (polutan) ke lingkungan daratan sehingga menjadikan daratan menjadi rusak, tidak mampu memperlihatkan daya dukung terhadap kehidupan insan, binatang dan tumbuhan. Pencemaran bisa terjadi alasannya penggunaan pestisida yang berlebihan mengakibatkan degradasi tanah, sampah-sampah yang awut-awutan, dan bahan kimia yang dibuang secara sengaja ke tanah tanpa diolah apalagi dahulu.

4.      Pencemaran suara

Pencemaran suara disebabkan ketika kegaduhan yang mengganggu sistem telinga pada telinga, yang lebih jauh mampu menyebabkan duduk perkara psikologis mirip stres, hipertensi, gangguan telinga, dan sebagainya. Pencemaran suara mampu disebabkan oleh mesin di industri, knalpot kendaraan, musik keras, dan sebagainya.

5.      Pencemaran radioaktif

Pencemaran ini disebabkan oleh terjadinya kerusakan instalasi nuklir, pembuangan limbah nuklir yang tidak sempurna, kecelakaan, dan sebagainya. Berbagai imbas pencemaran radioaktif mirip menyebabkan kanker, kemandulan, kebutaan, cacat pada dikala lahir. Selain itu mampu mengurangi kesuburan tanah, serta mensugesti kualitas udara dan lain lain.

6.      Pencemaran termal

Pencemaran termal (panas) terjadi sebab peningkatan suhu secara berlebihan dalam lingkungan, sehingga membuat pergantian yang tidak diinginkan selama rentang waktu yang lama. Penyebab pencemaran termal antara lain polutan industri, polutan kendaraan bermotor, polutan rumah tangga, pembakaran sampah, dan sebagainya. Pencemaran termal menimbulkan kenaikan rata-rata suhu bumi, lebih jauh lagi menimbulkan pergeseran iklim

7.      Pencemaran cahaya

Pencemaran cahaya terjadi alasannya pencahayaan secara berlebihan di suatu lokasi, biasanya perkotaan. Pemakaian sumber cahaya secara berlebihan itu antara lain untuk keperluan periklanan, hiburan dan keindahan kota. Pencemaran cahaya berawal dari penggunaan energi listrik yang berlebih bahkan condong boros.

  Penipisan Lapisan Ozon Akibat Pencemaran Udara

 

KESIMPULAN

Setiap pencemaran lingkungan yang terjadi, niscaya ada penyebabnya, seperti pencemaran udara yang salah satu penyebabnya berasal dari hasil pembakaran materi bakar fosil. Pencemaran air bisa terjadi karena limbah industri yang dibuang ke sungai atau perairan. Pencemaran tanah alasannya penggunaan pestisida yang berlebihan menimbulkan degradasi tanah. Pencemaran suara bisa disebabkan oleh mesin di industri, knalpot kendaraan, musik keras, dan sebagainya. Pencemaran radioaktif disebabkan oleh terjadinya kerusakan instalasi nuklir. Pencemaran termal (panas) terjadi alasannya adalah peningkatan suhu secara berlebihan dalam lingkungan. Pencemaran cahaya terjadi alasannya pencahayaan secara berlebihan di sebuah lokasi.

 

DAFTAR PUSTAKA

Dewata Indang dan Yun Hendri Danhas. 2018. Pencemaran Lingkungan. Depok: PT Raja Grafindo Persada. Dalam http://repository.unp.ac.id/15573/6/indang%20dewata%20buku%20Pencemaran%20Lingkungan.pdf (diunduh pada 31 Oktober 2021)

Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. WR. Yogyakarta.

Hidayat, Atep Afia dan Shafa Almaliya. 2021. Planet Bumi Harus Segera Diselamatkan (#BincangLingkungan004). Kang Atep Afia Channel. Dalam https://youtu.be/IZ0iXaXitWc (diunduh pada 31 Oktober 2021)

Hidayat, Atep Afia. 2021. Kimia Lingkungan dan Studi Mengenai Pencemaran Lingkungan. Modul 9 KPLI. Jakarta: Universitas Mercu Buana

Irianto, I Ketut. 2015. Buku Bahan Ajar Pencemaran Lingkungan. Bali: Universitas Warmadewa. Dalam https://repository.warmadewa.ac.id/id/eprint/231/1/BUKU%20AJAR%20PENCEMARAN%20LINGKUNGAN_final.pdf (diunduh pada 31 Oktober 2021)