Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan Yang Sering Terjadi Di Indonesia Dan Dampak Pencemaran Lingkungan

Oleh: Hellio Dimas Danuarta. HS (@T06-Hellio)


Abstrak

Permasalahan lingkungan atau pencemaran lingkungan dikala ini memang menjadi problem yang paling kerap terjadi di negara kita yang tersayang yaitu Indonesia. Permasalahan lingkungan ini bisa disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungannya, dan aktivitas insan yang tidak mengelolah sampah dan limbah dengan benar. Pencemaran lingkungan mampu berakibat fatal bagi keberlangsungan hidup manusia, oleh karena itu kita semua harus bertanggung jawab untuk mengatasi persoalan ini. Maka dari itu kesadaran diri masing-masing sungguh di perlukan semoga membuat lingkungan yang sehat dan sejahtera.

Kata kunci : pencemaran, pencemaran lingkungan, dampak pencemaran

 

Abstract

Environmental problems or environmental pollution today are indeed the most common problems in our beloved country, namely Indonesia. This environmental dilema can be caused by a lack of public awareness of the environment, and human activities that do not manage waste and waste properly. Environmental pollution can be fatal for human survival, therefore we all must be responsible for overcoming this persoalan. Therefore, self-awareness of each is needed in order to create a healthy and prosperous environment.

Keywords : pollution, environmental pollution, impact of pollution

     

Pendahuluan

          Lingkungan merupakan kesatuan antara abiotik serta biotik. Abiotik yakni kumpulan kumpulan benda mati. Sedangkan biotik yakni kumpulan benda hidup. Di dalam unsur abiotik yaitu udara, air, cahaya matahari, tanah, suhu dan lainnya. Komponen biotik mencakup dekomposer atau sering disebut juga selaku   pengurai, pelanggan, dan juga produsen. Kedua komponen tersebut sangatlah akrab kaitannya atau tidak mampu dipisahkan, menurut Novindri (2020) lingkungan hidup yakni kesatuan ruang di seluruh benda. Baik makhluk hidup yang termasuk insan, keadaan sampai perilaku manusia. Secara keseluruhan bisa ditarik kesimpulan bila lingkungan hidup ialah campuran antara semua makhluk hidup dan juga faktor dan bagian di sekelilingnya

            Oleh sebab itu, kegagalan dari lingkungan hidup seperti pencemaran lingkungan yang terjadi mampu dikatakan ulah dari campur tangan manusia. Pencemaran lingkungan (environmental pollution) yakni terkontaminasinya komponen fisik dan biologis dari sistem bumi dan atmosfer sehingga mengusik keseimbangan ekosistem lingkungan. Kontaminasi tersebut mampu berasal dari acara manusia ataupun proses alam, yang mengakibatkan kualitas lingkungan menjadi tidak mampu berfungsi sesuai dengan sebaiknya. Tingkah laku manusia pada era ini ini sudah melalui batas masuk akal, dan kesadaran insan pada lingkungan masih sangat minim, salah satu contohnya yaitu mencampakkan sampah asal pilih, aktivitas industri yang menghasilkan limbah berbahaya bagi lingkungan, dan acara lainnya yang menghancurkan lingkungan.

 

Rumusan Masalah

1. Apa saja jenis pencemaran lingkungan yang sering terjadi di indonesia?

2. Apa saja penyebab terjadinya pencemaran lingkungan?

  Faedah Energi Hijau Dalam Kehidupan Sehari-Hari

3. Apa dampak yang diberikan dari pencemaran lingkungan?

 

Tujuan

1. Untuk mengenali jenis pencemaran apa saja yang sering terjadi di Indonesia

2. Untuk mengenali apa saja penyebab terjadinya pencemaran lingkungan

3. Untuk mengenali apa saja imbas dari pencemaran lingkungan

 

 

Pembahasan

Pencemaran dibagi ke dalam beberapa macam, dan setiap jenis pencemaran memiliki faktor penyebab dan imbas yang berlainan-beda, di Indonesia sendiri tidak semua jenis pencemaran sering terjadi, tetapi ada beberapa jenis pencemaran saja yang sangat sering terjadi di indonesia. Berikut beberapa macam pencemaran yang sangat sering terjadi di Indonesia :

1.              Pencemaran Udara

Pencemaran udara merupakan suatu keadaan di mana kualitas udara menjadi rusak dan terkontaminasi oleh zat-zat, baik yang tidak berbahaya maupun yang membahayakan kesehatan tubuh manusia. Pencemaran udara sungguh sering terjadi di kota-kota besar, penyebab pencemaran udara di Indonesia sekitar lebih dari 70% merupakan hasil emisi kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor mengeluarkan zat-zat berbahaya yang mampu menimbulkan efek negatif, baik kepada kesehatan manusia maupun terhadap lingkungan.

2.              Pencemaran Air

Pencemaran air di Indonesia ketika ini kian memprihatinkan. Pencemaran air mampu diartikan selaku sebuah perubahan kualitas atau kondisi di sebuah kawasan penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah menjadi lebih jelek akibat kegiatan manusia. Perubahan ini mengakibatkan menurunnya kualitas air hingga ke tingkat
yang membahayakan sehingga air tidak mampu dipakai sesuai peruntukannya. Fenomena alam seperti gunung berapi, badai, gempa bumi dll juga mengakibatkan pergantian terhadap mutu air, tetapi dalam pengertian ini tidak dianggap selaku pencemaran, karena hal tersebut terjadi tanpa adanya campur tangan insan. Pencemaran air, baik sungai, maritim, danau maupun air bawah tanah, kian hari makin menjadi permasalahan di Indonesia begitu juga pencemaran udara dan pencemaran tanah. Mendapatkan air bersih dan tidak tercemar, bukanlah hal yang mudah seperti dulu lagi. Bahkan pada sungai-sungai di lereng pegunungan sekalipun.Pencemaran air di Indonesia sebagian besar diakibatkan oleh aktifitas manusia yang meninggalkan limbah pemukiman, limbah pertanian, dan limbah industri termasuk pertambangan.

3.              Pencemaran Tanah

Tanah ialah sumber daya alam yang sungguh penting bagi kehidupan makhluk hidup, bahkan sebelum air. Tanpa adanya tanah, seluruh makhluk hidup tidak mampu bertahan hidup usang. Tanah mempunyai banyak peran yang sangat penting untuk menunjang kehidupan makhluk hidup yang ada di daratan khususnya. Tanpa disadari salah satu penyebab pencemaran tanah yang dianggap sepele yakni adanya limbah cair dan padat. Limbah cair berarti limbah yang berupa cair atau air. Biasanya limbah cair ini dihasilkan oleh pabrik. Namun siapa sangka, ternyata acara rumah tanggaan juga menghasilkan limbah cair. Beberapa contoh limbah cair yang dihasilkan dari acara rumah tangga contohnya air bekas cucian yang mengandung detergen atau sabun. Tentu saja limbah cair ini mampu mencemari tanah sebab sifatnya yang meresap ke dalam tanah sehingga mampu merusak kandungan zat-zat baik yang ada di tanah. Serta  penggunaan pestisida yang berlebihan juga menjadikan degradasi tanah yang pastinya berdampak buruk pada kualitas tanah.

  Definisi & Prinsip-Prinsip Kimia Hijau

Pencemaran lingkungan yang kian hari makin memburuk pastinya menjadi momok yang menakutkan bagi keberlangsungan hidup insan, kurangnya kesadaran manusia terhadap lingkungan sekitarnya ialah salah satu faktor yang mengakibatkan pencemaran lingkungan kian bertambah parah, meskipun ada beberapa fenomena alami yang juga menjadikan pencemaran, namun hal itu bukan termasuk pencemaran lingkungan dikarenakan hal tersebut terjadi secara alami tanpa adanya campur tangan manusia, dan hal tersebut juga sangat jarang terjadi, dan tidak terlampau berpengaruh besar bagi lingkungan.

Berikut beberapa penyebab terjadinya pencemaran lingkungan yang sering terjadi di Indonesia :

1.      Kurangnya  kesadaran insan kepada lingkungan sekitarnya, mirip mencampakkan sampah asal-asalan atau tidak pada tempatnya. Seperti mencampakkan sampah ke sungai, tentu saja hal tersebut dapat mencemarkan air.

2.      Kegiatan industri yang menciptakan limbah yang berdampak jelek pada lingkungan, serta tidak mengurus limbah dengan baik. Sebagai teladan tidak mencampakkan limbah pabrik ke tempat perairan, mempergunakan sampah organik dan anorganik, dan pengolahan limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya).

3.      Penggunaan kendaraan bermotor yang terlalu berlebihan, penyebab pencemaran udara di Indonesia sekitar lebih dari 70% merupakan hasil emisi kendaraan bermotor. Solusi yang bisa di terapkan untuk meminimalkan pencemaran ini yaitu menggunakan transportasi umum.

4. 
    
Kegiatan pabrik yang menjadikan polusi, sebagian besar pabrik mengeluarkan limbah asap yang dapat menjadi penghasil polutan yang dapat membahayakan masyarakat sekitarnya.

5.      Pembakaran sampah, Pembakaran sampah mampu memicu pelepasan zat-zat berbahaya ke atmosfer. Adapun beberapa zat tersebut mirip, metana, furan, dioksin, dan partikel berbahaya mirip karbon hitam. Pembakaran sampah bekerjsama mampu dikurangi atau bahkan dihilang sama sekali dengan memisahkan limbah organik dan mengubahnya menjadi kompos. Hal ini kelak dapat menjadi sumber energi alternatif dan memajukan kesuburan tanah. 

6.      Penggunaan insektisida dan pestisida yang berlebihan, insektisida dan pestisida menyerap senyawa nitrogen dari tanah sehingga tak patut huni bagi tumbuhan untuk menerima nutrisi.

 

Dari sekian banyak penyebab terjadinya pencemaran lingkungan di Indonesia seperti yang sudah disebutkan diatas , tentu saja hal tersebut  menawarkan pengaruh negatif terhadap lingkungan. Lingkungan yang sudah tercemar balasan kegiatan manusia maupun proses alam mampu menghipnotis kehidupan sehari-hari. Berikut imbas yang diberikan dari pencemaran lingkungan terhadap bumi dan insan :

  Teladan Penerapan Revolusi Industri 4.0

1. Terganggunya Keseimbangan Lingkungan

Lingkungan yang terkontaminasi menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan. Pencemaran merusak berbagai ekosistem di air, tanah, serta udara.

2. Berkurangnya Kesuburan Tanah

Penurunan kualitas tanah yang diakibatkan berbagai zat kimia yang tercemar ke dalam tanah, yang mengakibatkan kesuburan tanah menghilang dan produktivitas tanah terganggu .

3. Menipisnya Lapisan Ozon

Pencemaran udara dapat mengakibatkan menipisnya lubang ozon. Saat lubang ozon menipis, sinar ultraviolet akan menyoroti bumi secara eksklusif. Dampaknya ialah menimbulkan penyakit kulit serta membinasakan hewan bahari.

4. Punahnya Flora dan Fauna

Lingkungan yang tercemar dapat mengakibatkan kepunahan berbagai jenis tumbuhan dan fauna. Ketika polutan menyerang lingkungan hidup, maka ekosistem flora dan fauna akan rusak. Hal tersebut sedikit demi sedikit menyebabkan kepunahan.

5 . Penurunan Kualitas Udara

Pencemaran udara terjadi ketika
kondisi udara mulai rusak balasan polutan berbahan kimia, fisik, ataupun biologi di area atmosfer dalam bumi. Setidaknya ada lima zat yang disebut-sebut menjadi penyebab pencemaran yang satu ini. Kelima zat tersebut, yakni karbonmonoksida, nitrogen dioksida, belerang dioksidan, ozon, serta partikel bubuk. Zat-zat tersebut menurunkan mutu hidup sebab berpotensi menghasilkan berbagai penyakit. Umumnya, banyak sekali zat polutan tersebut mampu berpengaruh pada keadaan pernapasan seseorang.

6. Mengancam Kelangsungan Hidup Manusia

Tentu saja pencemaran lingkungan dapat mengancam keberlangsungan hidup manusia, dengan terganggunya keseimbangan lingkungan, manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya.

 

 

Kesimpulan

Pencemaran lingkungan ialah terkontaminasinya komponen fisik dan biologis dari metode bumi dan atmosfer sehingga mengusik keseimbangan ekosistem lingkungan. Pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah yakni jenis pencemaran yang sangat sering terjadi di indonesia Faktor penyebab terjadinya pencemaran lingkungan sebagian besar berasal dari campur tangan insan, kurangnya kesadaran manusia terhadap lingkungan sekitar dan acara pabrik industri merupakan faktor yang sangat berpengaruh kepada pencemaran lingkungan.

 


Daftar Pustaka

Hidayat, Atep Afia. 2021. Kimia Lingkungan dan Studi Mengenai Pencemaran Lingkungan. Dalam Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana.

 

Kumparan. 2021. Pencemaran Lingkungan : Jenis, Dampak dan Cara Penanggulangannya. Dalam  

https://kumparan.com/informasi-update/pencemaran-lingkungan-jenis-imbas-dan-cara-penanggulangannya-1v0a4DPAlbm/2 (Diakses pada 31 oktober 2021)

 

Novindri M. R., Hidayani S., dan Lubis E. Z. 2020. Penerapan Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 Dalam Pengolahan Limbah Cair di Usaha Dagang Tahu Jawa (Studi Kasus di Pabrik Tahu Usaha Dagang Jawa). JUNCTO: Jurnal Ilmiah Hukum, Vol. 2 No. 1. Dalam

http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/juncto/article/view/234/198 (Diakses pada 31 oktober 2021)

 

Umumsetda. 2021. Pencemaran Air di Indonesia. Dalam

https://umum
setda.bulelengkab.go.id/berita/detail/postingan/pencemaran-air-di-indonesia-18
(Diakses pada 31 oktober 2021)