Apa Itu Ilmu Kimia Dan Cabang – Cabang Ilmu Kimia

 

APA ITU ILMU KIMIA DAN CABANG – CABANG ILMU KIMIA

Oleh : Radius Bagas (@W09-RADIUS)


Abstrak

Sejarah kimia dimulai lebih dari 4000 tahun yang lalu dimana bangsa Mesir mengawali dengan the art of synthetic “wet” chemistry. 1000 tahun SM, masyarakat purba sudah memakai tehnologi yang hendak menjadi dasar terbentuknya aneka macam macam cabang ilmu kimia. Ekstrasi logam dari bijihnya, membuat keramik dan beling, fermentasi bir dan anggur, membuat pewarna untuk kosmetik dan lukisan, mengekstraksi materi kimia dari flora untuk obat-obatan dan wewangian, membuat keju, pewarna, busana, membuat paduan logam seperti perunggu.

Pembahasan

Ilmu kimia merupakan salah satu cabang ilmu kimia yang ialah ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, perubahan materi, dan sifat dari sebuah benda. Jika diartikan secara biasa , ilmu kimia yang mempunyai berbagai cabang ilmu kimia ini mempelajari perihal rekayasa materi, sehingga beliau bermetamorfosis bahan lain.

ilmu kimia memiliki beberapa cabang mulai dari

·         Kimia Organik

·         Kimia Anorganik

·         Kimia Fisika

·         Kimia Analitik

·         Biokimia

Cabang – cabang diatas merupakan bab dari ilmu kimia , kita jabarkan tentang cabang – cabang ilmu kimia yang telah disebutkan

1.      Kimia Organik

mengkaji struktur, sifat, komposisi, prosedur, dan reaksi senyawa organik. Suatu senyawa organik didefinisikan sebagai segala senyawa yang menurut rantai karbon, Kimia Organik juga mencakup sejumlah besar senyawa yang tidak terkait dengan kehidupan yang sudah dikembangkan oleh mahir kimia di laboratorium dengan tata cara-metode yang dibentuk.

  Mengenal Kesetimbangan Statis Dan Dinamis

Contoh kimia organic dalam kehidupan sehari – hari yakni

·         Glukosa yaitu monosakarida yang paling melimpah, subkategori karbohidrat. Glukosa utamanya dibuat oleh tumbuhan dan sebagian besar ganggang selama fotosintesis dari air dan karbon dioksida, menggunakan energi dari sinar matahari.Dalam metabolisme energi, glukosa ialah sumber energi paling penting dalam semua organisme. Glukosa untuk metabolisme sebagian disimpan sebagai polimer, pada tanaman utamanya sebagai pati dan amilopektin dan pada hewan sebagai glikogen

·         Dalam kimia, alkohol adalah senyawa organik yang menjinjing setidaknya satu gugus fungsi hidroksil (C-OH) yang terikat pada substruktur alifatiknya. Istilah alkohol awalnya disebut alkohol etanol primer (etil alkohol), yang dipakai selaku obat dan ialah alkohol utama yang ada dalam minuman beralkohol. Kelas alkohol yang penting, di mana metanol dan etanol yaitu bagian yang paling sederhana, meliputi semua senyawa yang rumus biasanya ialah CnH2n + 1OH.

·         Polimer yaitu molekul besar, atau makromolekul, yang berisikan banyak subunit berulang. Polimer sintetis dan alami memainkan tugas penting dan ada di mana-mana dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Kimia Anorganik

studi perihal sifat-sifat, struktur, sintesis dan reaksi senyawa dari bagian-bagian yang ada pada tabel periodik. Bidang ini mencakup semua senyawa kimia kecuali senyawa organik berbasis karbon yang biasanya mengandung ikatan C-H. Ketika mempelajari senyawa anorganik, kita sering mendapatkan bagian-bagian dari bidang ilmu lain seperti kimia organik, kimia fisika, biokimia dan kimia analitik. Dalam kehidupan sehari – hari acuan yang kita jumpai dalam kimia anorganik yaitu NaOH atau yang sering kita jumpai di soda api , CaCO3 , NaCI atau yang sering kita temui ialah pada garam dapur

  Biomasa Untuk Indonesia


(Contoh Kimia Anorganik)

3.      Biokimia

Biokimia mempelajari aspek kimia dalam kehidupan. Kehidupan digerakkan oleh reaksi-reaksi kimia dalam rangkaian metabolisme dalam sel organisme. Biokimia mempelajari senyawa kimia (biomolekul) dan rangkaian reaksi-reaksinya (bioreaksi). Biomolekul meliputi protein, karbohidrat, lemak dan asam nukleat (DNA-RNA) yang menyusun sel sampai menjadi satu mahluk hidup utuh. Aktivitas kehidupan berjalan menggunakan energi yang diekstrak dari sinar matahari melalui serangkaian reaksi fotosintesis atau dari biomolekul yang dimakan dan dikatabolisme. Reaksi kimia dalam mahluk hidup biasanya berlangsung pada suhu realtif rendah (suhu tubuh) dan pH normal

Contoh dalam kehidupan sehari – hari dalam Biokimia yaitu

·         Fotosintesis


ialah isitilah yang berasal dari dua kata yakni photo yang mempunyai arti cahaya dan sintesis yang perpaduan dua zat. Secara harfiah fotosintesis adalah proses untuk menciptakan produk berbentukgula (karbohidrat) dan gas O2 melalui penggabungan dua molekul H2O dan gas CO2 kemudian dibantu dengan cahaya spektrum biru dan merah.

·         Rekayasa genetika


 merupakan suatu proses perekayasaan suatu struktur genetika pada organisme dengan cara memasukan atau mengambil susunan genetik sehingga menciptakan suatu susunan DNA atau genetika baru

4.      Kimia Fisika


cabang ilmu kimia yang mempelajari fenomena makroskopik, mikroskopik, atom, sub-atom dan partikel dalam metode dan proses kimia berdasarkan prinsip-prinsip dan desain-konsep fisika. Kimia fisik banyak memakai rancangan-rancangan dan prinsip fisika klasik (seperti energi, entropi, suhu, tekanan, tegangan permukaan, viskositas, aturan Coulomb, interaksi dipol), mekanika kuantum (mirip foton, bilangan kuantum, spin, kebolehjadian, prinsip ketakpastian), maupun mekanika statistik (seperti fungsi partisi, distribusi Boltzmann). Bidang kajian penting dari kimia fisika ini mencakup antara lain, termodinamika kimia, kinetika kimia, kimia kuantum, elektrokimia, fotokimia, kimia permukaan dan koloid, dan spektroskopi.

  Termodinamika Dan Komponen Pendukung Serta Faedah

Setelah kita mengenali mengenai penjelasan Ilmu Kimia dan Cabang – cabang dari ilmu kima diharapkan kita mengetaui dan memehami mulai dari fenomena – fenomena alam dan kita bisa mengelompokkan ke dalam cabang ilmu kimia yang bagaimana .