Pengenalan Rancangan Dasar Kimia

PENGENALAN KONSEP DASAR KIMIA
oleh : Tasya Ariibah (@W24-TASYA)

Menurut banyak sekali sumber Kimia yaitu cabang dari ilmu fisik yang mempelajari ihwal susunan, sifat, struktur dan pergantian materi. Ilmu kimia meliputi topik-topik mirip sifat-sifat atom,  cara atom membentuk ikatan kimia untuk menciptakan senyawa kimia, interaksi zat-zat lewat gaya antarmolekul yang menciptakan sifat-sifat lazim dari bahan, dan interaksi antar zat lewat reaksi kimia untuk membentuk zat-zat yang berlainan. Ilmu kimia juga sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti pada saat melarutkan cairan atau pada saat proses fermentasi makanan. Dalam bidang industry Ilmu kimia juga memegang peran penting dalam pembuatan mesin mesin besar yang menggunakan logam baik.

Kimia sering juga disebut selaku “ilmu pusat” alasannya adalah menghubungkan berbagai ilmu lain, mirip fisika, ilmu materi, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika, dan geologi. 

Kimia berhubungan dengan interaksi materi yang mampu melibatkan dua zat atau antara bahan dan energi, utamanya dalam keterkaitannya dengan hukum pertama termodinamika. Kimia tradisional melibatkan interaksi antara zat kimia dalam reaksi kimia, yang mengganti satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat lain. Kadang reaksi ini digerakkan oleh pendapatentalpi, seperti dikala dua zat berentalpi tinggi seperti hidrogen dan oksigen elemental bereaksi membentuk air, zat dengan entalpi lebih rendah.

Semua bahan wajar terdiri dari atom atau komponen-bagian subatom yang membentuk atom; proton, elektron, dan neutron. Atom dapat dikombinasikan untuk menciptakan bentuk materi yang lebih kompleks mirip ion, molekul, atau kristal. Struktur dunia yang kita jalani sehari-hari dan sifat bahan yang berinteraksi dengan kita ditentukan oleh sifat zat-zat kimia dan interaksi antar mereka. Baja lebih keras dari besi alasannya adalah atom-atomnya terikat dalam struktur kristal yang lebih kaku. Kayu terbakar atau mengalami oksidasi cepat sebab ia mampu bereaksi secara spontan dengan oksigen pada suatu reaksi kimia jika berada di atas suatu suhu tertentu.

  Jenis Kesetimbangan Kimia

Kimia juga mampu digambarkan dalam 3 Dunia yang saling menghubungkan dalam mempelajari materi dan perubahan .

Konsep Dasar
1.Tatanama
Tatanama kimia merujuk pada sistem penamaan senyawa kimia Telah dibentuk tata cara penamaan spesies kimia yang terdefinisi dengan baik. 
– Tatanama Senyawa Ionik 
Yang terbentuk dari bagian logam dan non-logam yang merupakan hasil penggabungan ion aktual (kation) dan ion negative (anion).
Contoh :
            – KCl = Kalium Klorida
            – NaCl = Natrium Klorida
            – K2O = Kalium Oksida
Meski senyawa ionik memiliki muatan kasatmata dan negatif, jumlah muatan pada senyawa ini tetap nol.
– Tatanama Senyawa Kovalen 
Senyawa ini dibentuk oleh dua undur non logam lewat ikatan kovalen. Untuk menamai sanyawa ini, dengan memakai awalan yang memberikan jumlah relatif pada setiap jenis atom dan molekul.

2.Atom
Menururt banyak sekali sumber Atom merupakan sebuah kumpulan bahan yang terdiri atas inti yang bermuatan nyata, yang umumnya mengandung proton dan neutron, dan beberapa elektron di sekitarnya yang mengimbangi muatan faktual inti. Atom juga ialah satuan terkecil yang mampu diuraikan dari sebuah komponen dan masih mempertahankan sifatnya, terbentuk dari inti yang rapat dan bermuatan kasatmata dikelilingi oleh suatu tata cara elektron. 
Menghitungsuatu atom dengan menimbangnya, massa atom memungkinkan kita mensensus atom dengan mengukur massa
Tabel periodic memperlihatkan massa Atom unsur dalam satuan :
– u per atom
– gr per mol
Berikut ini merupakan 5 maam versi atom :
Model Atom Dalton

        Model Atom Thompson


        Model Atom Rutherford

        Model Atom Bohr

        Model Atom Mekanika Kuantum

3.Unsur
Merupakan sebuah zat yang dibentuk oleh dua atau lebih undur dengan perbandingan tetap yang memilih susunannya . Unsur tidak mampu dipisahkan menjadi yang lebih sederhana dengan cara kimia..
4.Molekul
Menurut sumber Mol yakni bagia terkecil dan tidak pecah dari sesuatu senyawa kimia murni yang masih mempertahankan sifat kimia dan fisika murni 
Molekul berisikan lebih dari satu komponen, diantaranya mol organic dan anorganik: 

Menghitung molekul dengan menimbang :
Massa mol memungkinkan kita mensensus molekul dengan mengukur massanya. Massa molekul yaitu jumlah massa atom semua atom dalam rumus molekul.
Kesimpulan :
Banyak sekali manfaat dalam ilmu kimia dengan memakai konsep kimia, baik dalam kehidupan sehari hari maupun dalam bidang industry yang dapat memudahkan kita untuk menggembangkan ilmu pengetahuan . Kaprikornus dengan adanya pembelajaran ini diharapkan mampu menggembangkan minat untuk lebih mengerti rancangan dasar ilmu kimia
Daftar Pustaka :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kimia
https://www.zenius.net/blog/tata-nama-senyawa-kimia
https://www.ruangguru.com/blog/eksplorasi-5-jenis-model-atom
https://www.youtube.com/watch?v=uTQuf-Wqguk   Kimia Dasar I : Pengenalan Kimia Dasar