Mengenal Kesetimbangan Statis Dan Dinamis

 

Mengenal Kesetimbangan Statis dan Dinamis

Disusun

Radius Bagas Y.S (@W09-RADIUS)

 


Kesetimbangan kimia adalah kondisi saat kedua reaktan dan produk hadir dalam fokus yang tidak memiliki kecenderungan lebih lanjut untuk berubah seiring berjalannya waktu. Kesetimbangan kimia terjadi pada reaksi revesible artinya reaksi yang dapat berlangsung 2 arah atau secara bolak – balik , pola yang sering kita temui atau kita rasakan ialah siklus oksigen yang terdapat pada tubuh kita Dalam badan Oksigen diangkut dan diikat oleh hemoglobin dalam darah Oksigen diangkut oleh darah menuju paru-paru. Semakin lama, jumlah oksigen dalam darah kian bertambah banyak. Di dalam paru-paru kesetimbangan  bergeser ke kanan. Kesetimbangan akan bergeser ke kiri jika oksigen berada dalam jaringan. Kesetimbangan ke kiri mengeluarkan oksigen yang dipakai untuk proses pembakaran.

Setelah kita mengetahui yang dimaksud dengan kesetimbangan kimia , dan contoh yang kita rasakan terhadap kesetimbangan kimia , kita akan mengenal jenis – jenis dari kesetimbangan kimia , pada kesetimbangan kimia di bagi menjadi 2 macam yaitu kesetimbangan kimia statis dan juga kesetimbangan kimia dinamis .

·         Kesetimbangan Kimia Statis

Kesetimbangan statis terjadi jikalau reaksi kimia yang dihasilkan merupakan reaksi kimia satu arah atau reaksi kimia yang tidak dapat kembali lagi seperti semula.

Ketika kau aben selembar kertas, bubuk yang dihasilkan tidak dapat menjelma kertas lagi. Hal ini tergolong teladan kesetimbangan statis.


( acuan kesetimbangan kimia statis )

  Biomasa Untuk Indonesia

·         Kesetimbangan Kimia Dinamis

kesetimbangan dinamis yaitu kesetimabangan kimia yang bersifat reversible atau dapat dibalikkan.

ciri-ciri dalam kesetimbangan dinamis:

·         Reaksi berlangsung terus-menerus dengan arah yang bertentangan.

·         Terjadi pada ruang tertutup, suhu, dan tekanan tetap.

·         Kecepatan reaksi ke arah produk (hasil reaksi) sama dengan kecepatan reaksi ke arah reaktan (zat-zat pereaksi).

·         Tidak terjadi perubahan makroskopis, ialah perubahan yang mampu dilihat, namun terjadi pergeseran mikroskopis, yakni perubahan tingkat partikel (tidak dapat dilihat).

·         Setiap bagian tetap ada.

·         Simbol kesetimbangan dalam reaksi kimia adalah .

Contoh dalam kehidupan sehari – hari kesetimbangan dinamis ialah orang yang sedang menaiki tangga escalator yang bergerak turun. Jika kecepatan naiknya orang tersebut sama dengan kecepatan turunnya eskalator, maka dikatakan mengalami ke setimbangan dinamis ,


( contoh kesetimbangan Dinamis )

 Contoh lain dari kesetimbangan kimia dinamis pada proses penguapan air. Bila air dipanaskan dalam wadah tertutup rapat, airnya lama kelamaan akan habis berubah menjadi uap air.


( acuan kesetimbangan Dinamis )

Daftar pustaka

1.      https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/karakteristik-dan-jenis-kesetimbangan-kimia-3230/

2.      https://www.ruangguru.com/blog/kesetimbangan-kimia-jenis-jenis-reaksi-dan-tetapan

3.      https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/19/211331769/pengertian-kesetimbangan-dinamis?page=all