Kesetimbangan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 

Oleh :Annisa Suci K.

Kimia merupakan salah satu ilmu yang banyak berkembang dalam kehidupan sehari KESETIMBANGAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Abstrak :

Kimia merupakan salah satu ilmu yang banyak meningkat dalam kehidupan sehari-hari,salah satunya kesetimbangan kimia merupakan sebuah keadaan dimana kecepatan dapat berlangsung dari kiri ke kanan dan sebaliknya, dengan kecepatan yang serupa baik dari kiri maupun dari kanan pada suhu tertentu.Kesetimbangan kimia cuma terjadi pada reaksi balik atau yang sering disebut reaksi reversibe. reaksi reversibel, reaksi ini ialah salah satu reaksi kimia, di mana reaksinya dapat berlangsung dalam dua arah alias tidak cuma reaktan yang dapat menjadi produk, tapi produk juga mampu berubah jadi reaktan kembali atau biasa disebut terjadi pada reaksi tertutup, dimana tidak ada perpindahan materi

kata kunci : Kesetimbangan Kimia

A.    Pengertian Kesetimbangan Kimia

dalah keadaan dikala kedua reaktan dan produk bertemu dalam konsentrasi yang tidak mempunyai kecenderungan lebih lanjut untuk berubah seiring waktu. Secara lazim, kesetimbangan dalam reaksi kimia dapat dibagi menjadi dua.

Kesetimbangan kimia terdiri atas kesetimbangan statis dan kesetimbangan dinamis. Kesetimbangan statis terjadi dikala semua gaya yang bekerja pada objek bersifat sebanding, ialah tidak ada gaya yang dihasilkan.

 

B.    Kesetimbangan Homogen

Sesuai dengan namanya yang mengandung kata “homogen”, kesetimbangan ini merupakan jenis kesetimbangan yang terjadi pada saat produk dan juga reaktan nya berasal dari fase yang sama, ialah seluruhnya gas (g) atau semuanya cairan (aq), seperti dibawah ini.

 

aA(g) + bB(g)  cC(g) + dD(g)

 

 (Reaktan)         (Produk)

Maka, nilai kesetimbangan konsentrasinya disusun sebagai berikut:

  Mengenal Kimia

Kc = tetapan kesetimbangan

 

A = Molaritas zat A (M)

 

B = Molaritas zat B (M)

C = Molaritas zat C (M)

D = Molaritas zat D (M)

2. Kesetimbangan Heterogen

Setelah memahami perihal kesetimbangan homogen, kalian pasti udah mampu nebak dong perihal kesetimbangan Heterogen? Yap, Kesetimbangan heterogen merupakan jenis kesetimbangan yang terjadi pada ketika produk dan reaktan memiliki fase yang berbeda. Di mana yang hanya mempengaruhi tetapan kesetimbangan cuma komponen yang berwujud gas (g) dan cairan (aq). Misalnya selaku berikut:

aA(aq) + bB(s)  cC(s) + dD(g)

 (Reaktan)             (Produk)

Maka, nilai kesetimbangan disusun sebagai berikut:

Kesetimbangan Kimia & Persamaannya – Materi Kimia Kelas 11 84

Di mana,

Kc = tetapan kesetimbangan

A = Molaritas zat A (M)

D = Molaritas zat D (M)

 

Contoh Kesetimbangan Kimia

eksoterm .

Reaksi Kesetimbangan dalam Kehidupan Sehari- hari

Reaksi kesetimbangan tidak hanya terjadi di dunia industri . Dalam kehidupan sehari -hari, peranan reaksi kesetimbangan juga tidak mampu diabaikan. Keberadaan reaksi kesetimbangan ini mampu mempertahankan kelancaran kehidupan kita. Beberapa pola reaksi kesetimbangan dalam kehidupan sehari -hari antara lain selaku berikut.

Pengaturan pH Darah

pH darah dipertahankan sekitar 7, 4 oleh larutan penyangga, contohnya H C 0 . Plasma darah mengandung gas C 0 . Gas C 0 membentuk pasangan asam-basa konjugasi antara asam karbonat (H2C 0 ) dengan ion hidrogen (H+) untuk mempertahankan pH.

C 0 (g) + H O (ℓ ) ↔ H C 0 (aq)

Apabila darah bersifat basa, jumlah ion H+ akan menyusut alasannya adalah diikat ion OH – basa sehingga kesetimbangan bergeser ke kanan. Apabila darah bersifat asam, kesetimbangan bergeser ke kiri karena ion H+ dari asam menambah fokus ion H+ pada H C 0 .

Siklus Oksigen dalam Tubuh

Oksigen dalam tubuh manusia dimuat dan diikat oleh hemoglobin dalam darah. Proses ini berlangsung dalam reaksi kesetimbangan berikut .

  Mengenal Termodinamika Dalam Ilmu Kimia

Hb (aq ) + O (aq) ↔ HbO (aq )

Oksigen diangkut oleh darah ke paru -paru. Semakin usang , jumlah oksigen dalam darah makin semakin banyak . Di dalam paru-paru kesetimbangan bergeser ke kanan. Kesetimbangan akan bergeser ke kiri apabila oksigen berada dalam jaringan . Kesetimbangan ke kiri menciptakan oksigen yang digunakan untuk proses pembakaran .

Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis pada tumbuhan hijau atau proses pernapasan (respirasi) pada hewan dan manusia merupakan reaksi kesetimbangan .

Reaksi kesetimbangan ke kanan merupakan reaksi fotosintesis . Saat kesetimbangan bergeser ke kanan, jumlah oksigen akan meningkat . Oksigen ini akan dipakai oleh insan dan hewan untuk proses respirasi. Saat kesetimbangan bergeser ke kiri , proses respirasi akan berjalan cepat , menghasilkan gas C 02. Gas C 02 selanjutnya digunakan kembali oleh flora untuk proses fotosintesis . Proses ini berlangsung terus-menerus membentuk siklus sehingga di alam terjadi kesetimbangan antara gas 02 dan gas C 0

SUMBER REFERENSI

https://www.zenius.net/blog/materi-kesetimbangan-kimia

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5972540/kesetimbangan-kimia-pemahaman-ciri-ciri-jenis-reaksi-dan-contohnya