Elektrodeposisi Film Tipis Bibit Unggul Phthalocyanine Seng Oksida / Tembaga Tetrasulfonasi Untuk Aplikasi Sel Surya Peka Warna

Elektrodeposisi film tipis bibit unggul phthalocyanine seng oksida / tembaga tetrasulfonasi untuk aplikasi sel surya peka warna
Metodologi observasi:
Dalam jurnal ini dibahas ihwal suatu metode elektrodeposisi arus-konstan. Film hibrida seng oksida (ZnO) dan phthalocyanine tembaga tetrasulfonasi (TSPcCu) ditumbuhkan pada gelas indium tin oxide (ITO) dengan elektrodeposisi katodik satu langkah dari gabungan Zn (NO2) 3, TSPcCu dan KCl. Penambahan TSPcCu sangat memengaruhi morfologi dan orientasi kristalografi ZnO. Perangkat development of the dye-sensitized solar cells (DSSC) dirakit untuk menilik sifat fotovoltaik suatu materi. Kemudian di evaluasi Photoelectrochemical untuk menyaksikan seberapa besar efisiensi konversi daya dibandingkan perangkat development of the dye-sensitized solar cells(DSSC) tanpa TSPcCu.
Hasil yang diperoleh:
            Metode elektrodeposisi arus-konstan diperlihatkan untuk dengan gampang menerima film hibrida seragam ZnO / TSPcCu. Tumpukan nanosheets dari kristal ZnO secara impulsif membentuk struktur berpori yang menguntungkan untuk lebih lanjut menyerap pewarna organik. Analisis XRD dari film yang diendapkan mengungkapkan bahwa adsorpsi molekul pewarna mampu mengubah orientasi kristalit ZnO. Perangkat development of the dye-sensitized solar cells (DSSC) dirakit untuk mengusut sifat fotovoltaik sebuah bahan yakni film ZnO dan film hibrida ZnO / TSPcCu didapati bahwa DSSC berbasis ZnO / TSPcCu memberikan kenaikan tiga kali lipat dalam efisiensi konversi energi dibandingkan dengan satu-satunya DSSC berbasis ZnO. DSSC berdasarkan ZnO / TSPcCu fi lmms menawarkan tegangan sirkuit terbuka 0,308 V, arus hubung singkat 90 μA cm − 2, aspek fi lis 0,26, dan efisiensi konversi daya 0,14%.
            Kemudian pada Pengukuran fotoelektrokimia dilakukan pada kedua elektroda film menurut ZnO / TSPcCu dan satu-satunya ZnO, memperlihatkan bahwa TSPcCu memainkan tugas penting dalam mengembangkan kinerja fotoelektrik. TSPcCu dapat memajukan peresapan foton peristiwa, yang mengarah pada transfer muatan cepat dan pembatasan rekombinasi antarmuka yang efektif.