Macam-Macam Demokrasi Di Dunia Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Macam-macam demokrasi – Demokrasi yakni pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sistem pemerintahan demokrasi banyak dianut oleh negara-negara dunia, termasuk juga di Indonesia. Meski begitu ada berbagai macam-jenis demokrasi yang ada, dibedakan berdasarkan ideologi, penyaluran keinginanrakyat dan hubungan antar kelengkapan negara.

Secara lazim pemahaman demokrasi yakni tata cara pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya atau diketahui juga pemerintahan rakyat. Singkatnya, arti demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Ada banyak negara yang menganut metode demokrasi, contohnya yang paling besar yaitu India, Amerika Serikat, Filipina, Jepang, Meksiko dan juga Indonesia. Salah satu ciri-ciri pemerintahan demokrasi ialah pemilihan umum eksklusif untuk menentukan presiden yang dilaksanakan oleh rakyat.

Meski definisi demokrasi cenderung sama, namun ada banyak bentuk-bentuk demokrasi yang ada di dunia. Macam-macam demokrasi yang ada bisa dibedakan menurut bentuk ideologinya, penyaluran hasratrakyat baik secara pribadi maupun tidak eksklusif serta hubungan antar kelengkapan dalam sebuah negara.

(baca juga tujuan otonomi tempat)

macam-macam demokrasi

Macam-Macam Demokrasi

Di bawah ini akan dijelaskan bentuk-bentuk demokrasi yang ada di Indonesia dan di dunia menurut penyaluran keinginanrakyat, titik berat perhatiannya, hubungan antar kelengkapan negara serta menurut ideologi, beserta pengertian dan misalnya.

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat

Berikut ini yaitu jenis-jenis demokrasi berdasarkan penyaluran hasratrakyat yang dijelaskan beserta pengertian lengkapnya.

  • Demokrasi langsung, ialah tata cara demokrasi yang megikut sertakan seluruh rakyat dalam pengambilan keputusan negara.
  • Demokrasi tidak pribadi, ialah sistem demokrasi yang dipakai untuk menyalurkan cita-cita dari rakyat lewat perwakilan dari dewan perwakilan rakyat.

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Hubungan Antar Kelengkapan Negara

Berikut ini yakni jenis-jenis demokrasi berdasarkan relasi antar kelengkapan negara yang dijelaskan beserta pengertian lengkapnya.

  • Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Referendum, adalah sistem demokrasi dimana rakyat memilki perwakilan untuk menjabat diparlemen tetapi tetap dikelola oleh rakyat dengan metode refrendum.
  • Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Parlementer, ialah tata cara demokrasi dimana pemerintah (tubuh administrator) memiliki kekerabatan akrab dengan tubuh perwakilan rakyat (badan legislatif).
  • Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Pemisahan Kekuasaan, yaitu metode demokrasi dimana kedudukan antara direktur dan legislatif terpisah, sehingga keduanya tidak berhubungan secara langsung mirip metode parlementer.
  • Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Referendum dan Inisiatif Rakyat, ialah sistem demokrasi yang memadukan sistem demokrasi perwakilan dengan sistem demokrasi secara eksklusif. Pada sistem demokrasi ini masih terdapat tubuh perwakilan tetapi dikendalikan oleh rakyat melelui referendum dimana sifatnya obligator dan fakultatif.

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Ideologi

Berikut ini ialah jenis-jenis demokrasi menurut ideologinya, mencakup demokrasi liberal, demokrasi rakyat dan demokrasi Pancasila, yang dijelaskan beserta pengertiannya.

  • Demokrasi Liberal, adalah metode demokrasi yang menjunjung tinggi hak individu setiap warga negara dan menawarkan kebebasan setiap orang dalam memberikan pendapatnya.
  • Demokrasi Rakyat, adalah demokrasi berdasarkan atas hak pemerintah dalam suatu negara yang didasari dari paham sosialisme dan komunisme yang mementingkan kepentingan negara dan kepentingan biasa .
  • Demokrasi Pancasila, ialah demokrasi yang bersumber dari tata nilai sosial dan budaya bangsa Indonesia dengan berdasarkan musyawarah dan mufakat yang memprioritaskan kepentingan lazim selaku butir-butir Pancasila. Demokrasi pancasila merupakan ideologi negara Indonesia dan berasal dari Indonesia.

Nah demikian tumpuan macam-macam demokrasi di dunia dan penjelasannya secara lengkap. Ada banyak jenis-jenis demokrasi yang ada di seluruh dunia, tergolong juga metode demokrasi Pancasila yang dipakai di Indonesia. Semoga mampu jadi rujukan bentuk-bentuk demokrasi di dunia.

  Pengertian Dasar Negara Beserta Arti, Kedudukan, Fungsi & Manfaatnya