Adab Kepada Orang Renta

Asalamualaikum Wr. Wb
Hamdan Wa Syukron lillah,Solaatan wa salaaman ‘ala rosulillah.ammaa ba’du.
Yang terhormat Dewan juri
Yang terhormat bapak dan ibu guru yang datang pada acara ini
Hadirin dan hadirat yang berbahagia
Serta teman-teman yang aku banggakan.
Teman-teman aku disini akan menyampaikan tausiah yang berjudul budbahasa kepada orang bau tanah. Teman-teman ayo bersyukur terhadap Allah, ayo bershalawat terhadap rasulullah, dan ayo berbakti kepada kedua orang renta kita.
Teman-temanku, maukah kalian masuk nirwana? Ayo, mau tidak? Jika mau, begini caranya : pelukah kedua tangan orang tua kita seraya ucapkan : “Asalamualaikum ya abi ya umi, salam indah ku persembahkan dari Allah Yang Penyayang”
Teman-temaanku yang tercinta, memberi salam dan doa terhadap kedua orang renta itu ialah salah satu acuan budpekerti yang baik terhadap orang tua.
Ada teladan lagi sobat-temanku, ialah kita mesti rajin mengaji supaya menjadi anak yang shaleh. Ke sekolah tidak malas lagi, pasti akan membuat hati orang tua kita bahagia. Nah, membahagiakan orang renta yakni salah satu cara untuk mendapatkan ridonya.
menghormati orang tua terlalu banyak caranya. Diantaranya dengan mentaati apa yang mereka perintahkan yang sejalan dengan fatwa agama kita. Apabila orang tua menyuruh untuk membelikan sesuatu, maka hendaklah kita tidak menolaknya dan pergunakanlah bahasa yang bagus.
Adab terhadap orang renta ini dijelaskan oleh Alloh SWT dalam surat Al Isra ayat 23 yang artinya :
 “Dan Tuhanmu Telah menyuruh supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu menyampaikan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah terhadap mereka perkataan yang mulia”
Mengucapkan kata “ah” terhadap orang tua tidak dibolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih bergairah dibandingkan dengan itu. Terus, apabila kita hendak pergi sekolah, maka kita harus ingat untuk bersalaman terlebih dulu. Jangan cuma meminta uang jajan lantas kita pergi begitu saja. Itu pola kecilnya. Nah, kalau kita bisa menghormati orang bau tanah, maka sudah tergolong anak yang soleh.
Kesimpulan tausiah saya adalah menghormati orang tua yakni salah satu budbahasa yang bagus, yang di contohkan oleh Rasulullah SAW.
Demikianlah, yang dapat aku sampaikan. Praktis-mudahan bermanfaat bagi kita semua, Amin.
Segala kesalahan dari saya dan kebenaran dari yang Esa
Wasalamualaikum. Wr. Wb