Aturan Tajwid Surat Al-Maidah Ayat 10 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Segelas teh elok hangat menemani kami di pagi hari ini. Pada peluang ini kami akan menuliskan analisis aturan tajwid Surat Al-Maidah ayat 10 lengkap dengan penjelasannya. Membahas tajwid di pagi ini semakin menawan dengan minum segelas teh anggun panas. Mantap sekali. Di dalam analisis hukum tajwid ini kita akan menemukan cara yang benar dalam membaca Al-Quran. Kaprikornus, sangatlah penting untuk kita menyempatkan waktu untuk membacanya. Langsung saja kita simak uraiannya berikut ini.
 Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Hukum Tajwid Surat Al-Maidah Ayat 10 Lengkap Dengan Penjelasannya
Keterangan secara rinci dari nomor-nomor di atas yakni :
1. Alif lam syamsiyah alasannya adalah aksara alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke abjad lam ).
2. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Mad asli atau mad thabi’i alasannya abjad ra berharakat dhamah berjumpa wau sukun dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya karakter ba berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad badal sebab abjad mad berjumpa hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari aksara mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad orisinil atau mad thabi’I karena abjad ya berharakat alif khanjariyah atau fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad jaiz munfasil alasannya karena aksara mad berjumpa hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
8. Mad wajib muttashil karena sebab huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
9. Mad asli atau mad thabi’I alasannya abjad ha’ berharakat alif khanjariyah atau fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
10. Alif lam qamariyah alasannya adalah karakter alif lam berjumpa karakter jim. Dibaca secara terperinci.
11. Mad arid lissukun alasannya huruf mad jatuh sebelum karakter yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
Sampai di sini pasti kita sudah sangat terbantu dengan analisis tajwid dari suatu ayat. Tidaklah salah jika sebelum kita membaca Al-Quran maka kita menyimak dulu postingan analisis tajwid. Akhirnya, cita-cita kami semoga kajian kita kali ini menawarkan banyak faedah terhadap seluruh pembaca yang berbahagia. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.