Aturan Tajwid Al-Quran Surat At-Taubah Ayat 10 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada hari ini kami akan menuliskan analisis aturan tajwid Surat At-Taubah ayat 10 lengkap dengan penjelasannya. Ketika kita telah mengerti hukum tajwid pada sebuah ayat secara baik. Maka kita mampu membaca suatu ayat dengan baik. Baiklah kita uraian tajwidnya berikut ini.
 Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Hukum Tajwid Al-Quran Surat At-Taubah Ayat 10 Lengkap Dengan Penjelasannya
Keterangan lengkap dan rinci dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya adalah karakter ba berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Mad asli atau mad thabi’i sebab aksara fa berharakat kasrah berjumpa ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Idzhar sebab karakter nun berharakat kasrah tanwin berjumpa abjad hamzah. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
5. Idgham bighunnah alasannya adalah karakter lam berharakat fathah tanwin bertemu abjad wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
6. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya karakter lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Ghunnah sebab mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
8. Mad wajib muttashil sebab karena huruf mad berjumpa hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
9. Alif lam qamariyah karena aksara alif lam berjumpa karakter mim. Dibaca secara terperinci.
10. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum aksara yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
Sangat penting untuk kita menyempatkan diri dan menyediakan diri berguru ilmu tajwid. Semoga memberi manfaat kepada seluruhnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.