Tasamuh Ialah?

 saya minta penjelasan apa sih tasamuh itu Tasamuh Adalah?

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, aku minta klarifikasi apa sih tasamuh itu? Sering aku mendengar ada ajakn untk melakukan tasamuh. Mohon saya dijelaskan ya Pak.

Jawab:

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Memang amat sering kita mendengar kata tasamuh. Sering disampaikan dalam khutbah maupun pengajian. Tidak jarang juga tertulis kata tasamuh ini dalam berbagai postingan penting. Boleh dikatakan bahwasannya kata tasamuh ini sering diperbincangkan di banyak tempat dan kesempatan.

Maka sungguh layak jika Anda pun sering mendengar kata tasamuh itu sendiri. Berkaitan tentang apa arti tasamuh maka mampu kami jelaskan dalam peluang. Tasamuh ialah sebuah perilaku adat terpuji dalam melakukan pergaulan antar insan yang di dalamnya terdapat rasa saling menghargai antara sesama manusia dengan tetap mempunyai batas-batas yang digariskan oleh ajaran agama Islam.

Di dalam Al-Quran, terdapat dua ayat yang berkaitan dengan duduk perkara tasamuh ini. Dua ayat tersebut yakni:

1. Surat Al-Maidah ayat 8

yang artinya, Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu selaku penegak keadilan sebab Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap sebuah kaum mendorong kau untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih akrab kepada takwa. Dan bertakwalah terhadap Allah, sangat, Allah Mahateliti kepada apa yang kamu lakukan.

2. Surat Al-Hujurat ayat 10

yang artinya, Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, sebab itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.

Sikap tasamuh amat penting untuk dipraktekkan guna terwujudnya ukhuwah Islamiyah. Kehidupan akan serasi dan selaras jikalau mana ukhuwah dipraktekkan dalam kehidupan. Demikian klarifikasi kami. Wallahu a’lam.