Aturan Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 9

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sudah saban hari kita membaca ayat-ayat Al-Alquran. Utamanya di ketika sedang melaksanakan ibadah shalat wajib lima waktu serta shalat-shalat sunah yang lain. Maka belajar perihal cara membaca Al-Quran menjadi sesuatu yang utama dalam hidup kita. Mengapa? Sebab keperluan tentang kesanggupan baca Al-Alquran ini amat penting. Untuk mampu bisa membaca Al-Quran maka kita perlu mempejalari hukum tajwid dari tiap ayat yang hendak dibaca. Sebagai acuan untuk kali ini kita menjajal mengulas aturan tajwid di dalam Al-Alquran Surat Al-Anfal ayat 9. Oke, kita simak eksklusif saja uraian tajwidnya berikut.

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Hukum Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 9

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah:

1. Mad asli atau mad thabi’i alasannya karakter ghain berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

2. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya adalah karakter tsa berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3. Idzhar syafawi alasannya abjad mim sukun berjumpa dengan huruf fa. Cara membacanya dengan terperinci.

4. Mad asli atau mad thabi’i sebab karakter jim berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. Idzhar syafawi alasannya adalah aksara mim sukun berjumpa dengan karakter hamzah. Cara membacanya dengan jelas.

6. Ada dua aturan di sini, pertama ghunnah alasannya adalah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thabi’i sebab aksara nun berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

  Aturan Tajwid Surat Al-Hijr Ayat 26 Lengkap Dengan Penjelasannya

7. Ikhfa syafawi alasannya karakter mim sukun berjumpa aksara ba. Dibaca samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat.

8. Idgham bighunnah alasannya aksara fa berharakat kasrah tanwin bertemu abjad mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

9. Alif lam qamariyah sebab abjad alif lam berjumpa aksara mim. Dibaca secara terang.

10. Mad wajib muttashil alasannya adalah alasannya adalah abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

11. Mad arid lissukun karena karakter mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.

Setelah kita ulas hukum tajwid untuk ayatnya di atas maka tinggal diterapkan dalam bacaan nantinya. Insya Allah kualitas bacaan kita makin baik dan benar.