Firman Allah Perihal Rendah Hati Ialah

 ini saya mau tanya mengenai firman allah tentang rendah hati adalah di ayat berapa saja y Firman Allah Tentang Rendah Hati Adalah

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, ini saya mau tanya mengenai firman allah perihal rendah hati adalah di ayat berapa saja ya? Saya ingin tahu. Terima kasih atas jawaban yang diberikan.

Jawab:

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Sikap rendah hati tergolong bab akhlakul karimah atau etika mulia. Orang yang memiliki sifat rendah hati maka ia akan terjauhkan dari arogansi. Sifat sombong sangatlah dibenci oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Termasuk seluruh manusia pun membenci dengan sifat sombong ini. Bahkan orang yang arogan pun membenci dengan orang lain yang angkuh.

Di Al-Alquran terdapat banyak ayat yang berkaitan dengan rendah hati. Diantara firman allah ihwal rendah hati yaitu

1. Al-Quran Surat Al-Hijr ayt 88

لَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ اِلٰى مَا مَتَّعْنَا بِهٖٓ اَزْوَاجًا مِّنْهُمْ وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya:

Jangan sekali-kali engkau (Muhammad) tujukan pandanganmu terhadap kenikmatan hidup yang telah Kami berikan terhadap beberapa kelompok di antara mereka (orang kafir), dan jangan engkau bersedih hati terhadap mereka dan berendah hatilah engkau kepada orang yang beriman.

2. Al-Quran Surat Asy-Syuara’ ayat 215

وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ ۚ

Artinya:

dan rendahkanlah dirimu kepada orang-orang yang beriman yang mengikutimu.

3. Al-Quran Surat Al-Furqan ayat 63

وَعِبَادُ الرَّحْمٰنِ الَّذِيْنَ يَمْشُوْنَ عَلَى الْاَرْضِ هَوْنًا وَّاِذَا خَاطَبَهُمُ الْجٰهِلُوْنَ قَالُوْا سَلٰمًا

Artinya:

Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan jika orang-orang ndeso menyapa mereka (dengan kata-kata yang mencibir), mereka mengucapkan “salam,”

4. Al-Alquran Surat Al-Qasas ayat 83

تِلْكَ الدَّارُ الْاٰخِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِيْنَ لَا يُرِيْدُوْنَ عُلُوًّا فِى الْاَرْضِ وَلَا فَسَادًا ۗوَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ

  Mengungkap Kadar Garam Dalam Perairan Sebagai Faktor Penting Bagi Kesehatan Ikan Payau

Artinya:

Negeri alam baka itu Kami jadikan bagi orang-orang yang tidak menyombongkan diri dan tidak berbuat kerusakan di bumi. Dan kesudahan (yang bagus) itu bagi orang-orang yang bertakwa.

5. Al-Quran Surat Luqman ayat 18

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًاۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُوْرٍۚ

Artinya:

Dan janganlah kau memalingkan wajah dari insan (sebab arogan) dan janganlah berlangsung di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang arogan dan membanggakan diri.

6. Al-Alquran Surat As-Sajdah ayat 15

اِنَّمَا يُؤْمِنُ بِاٰيٰتِنَا الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِّرُوْا بِهَا خَرُّوْا سُجَّدًا وَّسَبَّحُوْا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ

Artinya:

Orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, hanyalah orang-orang yang bila diperingatkan dengannya (ayat-ayat Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, dan mereka tidak menyombongkan diri.

7. Al-Quran Surat Al-Isra ayat 37

وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًاۚ اِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْاَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُوْلًا

Artinya:

Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan arogan, sebab sebenarnya engkau tidak akan mampu menembus bumi dan tidak akan bisa menjulang setinggi gunung..

Inilah beberapa ayat Al-Alquran tentang rendah hati. Demikian semoga kita terjauhkan dari sifat angkuh dan kita diberikan sifat rendah hati. Wallahu a’lam.