6+ Bagian-Unsur Komunikasi Beserta Proses, Fungsi Dan Penjelasannya

Unsur-bagian komunikasi – Komunikasi yakni proses pengantaran pesan antara 2 individu atau lebih. Fungsinya untuk memberi informasi atau pendapat dengan tujuan berinteraksi dengan orang lain. Manusia melakukan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari baik lewat verbal, goresan pena, atau media lain.

Bisa dikatakan pengertian komunikasi yaitu proses pengantaran dan penerimaan info atau pesan antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga bisa dimengerti dengan mudah. Komunikasi terjadi dikala pesan disampaikan oleh pengirim pesan dan diterima oleh penerima pesan.

Tentunya kita melaksanakan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika ngobrol dengan keluarga atau ketika berkirim pesan dengan sahabat. Komunikasi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan insan alasannya adalah manusia adalah makhluk sosial.

Secara umum fungsi komunikasi antara lain yaitu untuk memberi informasi, memberikan pertimbangan , melakukan interaksi, dan mengisi waktu luang. Komunikasi juga bisa dilaksanakan untuk membujuk orang, mensugesti orang, atau memberi himbauan pada orang lain.

Dalam komunikasi, senantiasa ada pihak pengirim info dan pihak akseptor gosip. Hal itu menjadi syarat terjadinya komunikasi, sebab proses komunikasi tidak bisa dijalankan sendiri. Selain itu jugada ada unsur-bagian lain dalam komunikasi.

unsur-unsur komunikasi

Unsur-Unsur Komunikasi

Berikut akan dijelaskan bagian-komponen komunikasi dan pengertiannya, meliputi komunikator (sender), pesan (message), fasilitas (channel), komunikan (receiver), pengaruh (effect), dan umpan balik (feedback).

1. Komunikator

Unsur komunikasi yang pertama adalah pengantarpesan atau sender, lazimdisebut juga sebagai komunikator. Komunikator adalah pihak yang mengantarkan pesan kepada peserta atau komunikan dalam sebuah proses komunikasi tertentu.

  √ 14 Contoh Komunitas yang Sering Ditemukan dalam Keseharian

Dengan kata lain komunikator yang mengambil inisiatif memulai suatu komunikasi atau percakapan, dengan mengantarpesan, mampu secara langsung atau tidak eksklusif.

2. Pesan/Informasi

Berikutnya ada komponen pesan atau info, yang juga tergolong bagian komunikasi yang penting. Pesan ialah keseluruhan apa yang disampaikan oleh komunikator. Bisa dikatakan pesan menjadi inti dari sebuah proses komunikasi.

Pesan bisa berupa sebuah kata-kata, goresan pena, citra, atau suatu perantara lainnya, asalkan pesan itu ialah informasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan.

3. Sarana

Unsur-unsur komunikasi selanjutnya ialah fasilitas atau media perantara. Sarana komunikasi ini menjadi penyalur pesan dalam suatu proses komunikasi. Tanpa adanya fasilitas , pastinya pesan komunikasi tidak mampu disalurkan dengan baik.

Penentuan fasilitas ini tergantung pada jenis komunikasi yang dikerjakan. Misalnya pada komunikasi tidak pribadi bisa melaksanakan proses komunikasi melalui sarana aplikasi berkirim pesan seperti WhatsApp dan sebagainya.

4. Komunikan

Jika ada pengirim atau komunikator, pasti juga ada penerima pesan atau komunikan. Komunikan ialah sebutan bagi pihak yang menerima pesan yang disampaikan oleh komunikator dalam suatu proses komunikasi.

Komunikan bisa berisikan 1 orang atau lebih, mampu juga dalam bentuk kalangan. Nantinya pesan yang disampaikan oleh komunikator akan diterima oleh komunikan ini.

5. Umpan Balik

Setelah pesan diterima oleh komunikan, maka akan ada unsur umpan balik atau feedback. Dalam proses komunikasi, umpan balik merupakan reaksi atau jawaban dari peserta pesan terhadap pesan yang telah disampaikan oleh pengantarpesan.

Pada bentuk komunikasi 2 arah yang dinamis, saling bertukar pesan dan umpan balik akan terus dilakukan satu sama lain, baik oleh pihak komunikator dan pihak komunikan.

6. Dampak

Unsur komunikasi yang terakhir yakni efek atau efek yang ditimbulkan. Yang dimaksud pengaruh adalah adanya perbedaan yang dialami komunikan antara sebelum dan sesudah menerima pesan, bisa berupa perilaku, tingkah laku, pengetahuan, dan reaksi lain.

  Apakah Bencana Alam Termasuk Permasalahan Sosial? Berikan Analisis Anda

Misalnya komunikator A mengirim pesan pada komunikan B untuk waspada di jalan, kemudian dampaknya komunikan B pun berhati-hati jalan, sehingga bisa dibilang komunikator sukses memberikan pesan dengan baik.

Nah itulah referensi 6 bagian-unsur komunikasi beserta pemahaman dan penjelasannya secara lengkap. Unsur-komponen tersebut selalu ada pada setiap proses komunikasi yang dilakukan, apa pun jenisnya.