Cara Menyampaikan Kritik Dan Usulan Dengan Sopan Dan Santun

Cara Menyampaikan Kritik dan Saran dengan Sopan dan Santun

Setelah mendengar cerita Three in One dan Busway, mungkin ada suatu hal yang ingin kamu kritik atau komentari. Misalnya, sikap pemakai jalan, isi kisah yang kurang terperinci, dan sebaga inya. Jika kau memberi kritik atau komentar, jangan lupa kemukakan pula alasanmu mengatakan kritik atau komentar itu. Alasan itu dipakai selaku dasar kamu memberi jawaban sehingga tidak asal bicara.

Kritik atau komentar seharusnya disampaikan dengan bahasa dan cara yang sopan. 

Contoh 

Kritik atau komentar : Sikap pengendara sepeda motor yakni satu contoh perilaku pemakai jalan yang tidak baik ditiru dan semestinya ada hukuman untuk pemakai jalan mirip itu.

Alasan : Jalan dipakai untuk umum bukan untuk diri sendiri. Makara, tindakan seperti membunyikan klakson yang tidak tepat gunanya mampu menimbulkan amarah bagi pemakai jalan lainnya atau perilaku menerobos jalan dapat menjadikan kecelakaan kemudian lintas.

Cara Menyampaikan Kritik dan Saran dengan Sopan dan Santun

Memberikan Komentar atau Pundapat  

Kemukakan pendapatmu sesuai masalah yang ada pada gambar tersebut! Ingatlah, komentar atau usulan mesti disertai argumentasi yang disampaikan dengan bahasa yang santun dan sopan. 

Contoh 

Pendapat : Sikap pengendara sepeda motor itu tidak terpuji alasannya adalah mampu menimbulkan kejadian yang tidak diharapkan atau kecelakaan. Seandainya dia tidak melanggar peraturan lampu kemudian lintas, polisi tidak akan menilangnya. 
Saran : Seharusnya semua pengendara dan pemakai jalan patuh pada rambu lalu lintas. 
Alasan : Rambu lalu lintas dibuat demi kepentingan semua pemakai jalan, kalau dilanggar tentu akan menyebabkan kesemrawutan. 

Lanjutkan seperti contoh! 

Pendapat : 
Saran :
Alasan :
Pendapat : 
Saran : 
Alasan : 
Pendapat : 
Saran :
Alasan :